Desain interior kantor startup kelas dunia mengedepankan sisi kenyamanan dan suasana yang mendorong produktivitas dan kreativitas.

Kantor startup kelas dunia saat ini identik dengan ruang kerja nyaman, ruang istirahat dan sarana rekreasi, serta penatu di dalamnya. Mereka juga membangun desain interior kantor startup yang impresif. Perusahaan startup masa kini berhasil mendobrak kebiasaan kantor tradisional yang berbentuk kaku dan monoton.

Bagi Anda yang menggerakkan perusahaan startup, jangan terlalu fokus membangun bisnis, tetapi juga perhatikan desain ruang kerja. Jika Anda menggunakan kantor berukuran kecil untuk sementara, lakukan observasi terhadap kinerja karyawan terlebih dahulu. Kemudian tentukan bagaimana desain interior kantor startup yang seharusnya untuk mereka.

Tips Desain Interior Kantor Startup Seperti Perusahaan Teknologi Kelas Dunia

  1. Desain Harus Mencerminkan Perusahaan

    Umumnya, desain interior kantor bergantung pada selera pimpinan. Hal ini tidak menjadi masalah selagi sejalan dengan misi dan tujuan dari perusahaan. Misalnya kantor Facebook Indonesia menggunakan desain penuh karya seni untuk mendorong kreativitas. Kebanyakan desain interior kantor startup biasanya menggunakan desain modern dengan nuansa urban pada bagian langit-langit.

  2. Ciptakan Kenyamanan di Dalam Kantor

    Kebanyakan karyawan ingin bekerja di tempat senyaman rumah sendiri. Supaya tidak mudah bosan berjam-jam di kantor, suasana harus dijadikan lebih nyaman. Pilih furnitur yang menawarkan fitur ergonomis untuk kerja yang lebih nyaman dan sofa untuk mengistirahatkan kaki.
    Di samping furnitur, pencahayaan juga harus diatur karena akan berpengaruh pada keseluruhan interior. Untuk meningkatkan fokus dan kenyamanan bekerja, pilihlah lampu yang terang serupa dengan sinar matahari. Sediakan juga lampu meja redup untuk membantu mata beristirahat dari kecerahan, setelah melihat komputer dalam waktu lama yang menyebabkan pusing.

  3. Membangkitkan Semangat Lewat Elemen dan Warna

    Pilihan desain dapat memengaruhi semangat orang di dalamnya. Paduan warna berbeda dapat membangkitkan energi dan keceriaan. Misalnya pilih warna biru atau hijau untuk area santai dan warna kuning atau merah untuk ruang meeting.
    Elemen lain perlu ditambahkan untuk meningkatkan semangat. Contohnya karya grafis dengan kutipan menginspirasi atau gambar yang membangkitkan kegembiraan.

  4. Menghasilkan Desain yang Mendukung Kolaborasi

    Kebanyakan bisnis dibangun dari kolaborasi dan pertemuan ide. Desain interior kantor startup yang bagus harus dapat memberikan fasilitas untuk diskusi kelompok kecil. Sehingga ruang kecil dengan tata ruang spasial sangat dibutuhkan. Berikan dinding yang dapat digunakan untuk menulis, meja rapat bundar, dan panel gabus untuk meletakkan ide-ide.
    Untuk pekerjaan yang memerlukan inspirasi, bisa menggunakan ruang terbuka dan tempat duduk fleksibel. Pengaturan tata letak ini cocok untuk pekerjaan yang memerlukan komunikasi dan kerap menggelar meeting dadakan. Meja kecil dapat disatukan, dinding pembatas dapat dihilangkan, dan tempat duduk yang bisa dipindahkan untuk memuat lebih banyak orang.

  5. Membuat Lingkungan Kerja yang Meningkatkan Produktivitas

    Desain interior kantor startup yang kreatif akan membawa performa yang positif bagi karyawan. Sediakan area yang sepi untuk mengerjakan tugas-tugas esensial. Berikan area yang menarik untuk melakukan relaksasi. Tambahkan juga fasilitas meja pingpong, lapangan basket mini, atau alat kebugaran untuk menstimulasi produktivitas.

  6. Mendesain Lobi Kantor untuk Ciptakan Kesan Pertama yang Mengesankan

    Berikan kesan pertama yang menyenangkan pada bagian lobi. Resepsionis atau lobi yang keren dapat meningkatkan suasana hati siapa saja yang melewatinya. Lobi dapat menjadi tempat bertemu dengan teman sebelum makan siang. Dengan desain interior kantor startup yang bagus pada lobi, menunggu pun terasa menyenangkan.

Demikian tips desain interior kantor startup yang dapat Anda terapkan jika menginginkan kantor berkelas yang dapat mendongkrak kreativitas dan produktivitas karyawan.

Be the first to write a comment.

Your feedback