Marketing khususnya untuk Startup selalu berubah dari tahun ke tahun jadi jangan terjebak di dalamnya. Terapkan taktik baru dalam memasarkan bisnis Startup Anda secara efektif di tahun 2019 mendatang.

Dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat mengembangkan bisnis Startup. Apalagi pengguna media sosial di Indonesia mencapai 130 juta dan tercatat sebagai peringkat ke-4 pengguna Facebook terbesar di dunia dan peringkat ke-5 terbesar pengguna Twitter.

Nilai transaksi online masyarakat Indonesia bisa mencapai Rp 144 triliun di tahun 2018 ini. Tinggal bagaimana cara bisnis Startup dapat memasarkan produknya secara kreatif dan efektif, mengingat marketing selalu berubah dari tahun ke tahun. Inilah 5 cara kreatif untuk memasarkan bisnis Startup Anda untuk tahun 2019 mendatang, sehingga Anda mendapatkan manfaat yang signifikan dibanding pesaing Anda.

  1. Pekerjakan Seorang influencer dalam Tim Konten

    Dengan memperkerjakan seorang yang berpengaruh atau influencer part time sebagai bagian dari tim konten dan mempromosikan produk Anda, bisa menjadi taktik marketing yang jarang digunakan. Apalagi kalau Anda mempekerjakan mereka secara permanen. Seorang influencer yang memiliki pengalaman bisnis tentunya, akan mengumumkan pada audiensinya tempat dia bekerja dan banyak orang akan mengenal bisnis Startup Anda.

  2. Sponsori seorang YouTuber

    Barangkali Anda pernah menyaksikan seorang YouTuber top mempromosikan produk atau jasa dari sebuah merek? Bagian terbaik dari YouTube adalah banyaknya variasi YouTuber yang bisa dimanfaatkan baik secara ukuran audiensi maupun tema. Jika bujet Anda terbatas, cobalah menggunakan YouTuber dengan audiensi lebih sedikit. Bagi para YouTubers, ini akan membuat mereka lebih bersemangat melakukan pekerjaan yang mereka sukai yaitu membuat video dengan baik.

  3. Mencoba Iklan YouTube

    Meskipun Anda bosan jika dipaksa harus melihat Iklan di video YouTube, jangan meragukan potensi media ini pada para calon pembeli produk Anda. YouTube memaksa para pengguna untuk menyaksikan iklan video ini setidaknya 5 detik, cukup untuk memberikan brand awareness atau kesadaran akan merek bisnis Startup Anda.

  4. Gunakan Podcast

    Pernahkah Anda membeli sebuah produk karena menyaksikan acara, lalu mereka menyelipkan iklan dengan kode promo untuk mencoba produk atau jasa? Audio memudahkan untuk menjalin keintiman dengan para audiensi. Selain itu, kepercayaan, dan ikatan yang terbangun antara host dan audiens juga sangat kuat. Jadi membuat iklan menggunakan Podcast adalah cara termudah untuk menjual produk untuk merek-merek sponsor acara. Di Indonesia poscast mulai banyak digunakan dan biasanya dikirimkan via email marketing.

  5. Mencoba Stories di Instagram

    Tahun 2017 lalu, jumlah pengguna harian aktif Instagram Stories telah mencapai angka 300 juta. Setiap hari sekitar enam puluh persen pengguna mengonsumsi konten dalam Stories dan ini menjadi sebuah media yang efektif untuk iklan bisnis Startup Anda. Salah satu cara untuk membuat merek diingat dalam memori konsumen adalah dengan membuat Stories yang muncul dann bertahan dalam timeline mereka. Jadi pertimbangkan untuk menggunakan media ini dan memilih iklan yang cocok bagi Startup Anda.

Nah, itulah 5 pilihan marketing kreatif yang bisa dilakukan oleh bisnis Startup. Memang dengan banyaknya pilihan untuk menentukan strategi marketing yang lebih spesifik bisa membingungkan para pemilik bisnis Startup.

Sementara tak dapat dimungkiri, bila strategi pemasaran digital sebagai serangkaian upaya yang didesain untuk membantu Startup mencapai tujuan menggunakan medium online memang bisa lebih efektif. jadi saat ini Anda bisa melanjutkan taktik marketing yang sedang Anda jalankan, tetapi jangan takut untuk mencoba hal baru seperti hal-hal di atas untuk tahun mendatang.

Be the first to write a comment.

Your feedback