Startup saat ini mulai menjamur dan marak tumbuh di Indonesia. Namun demikian, perlu diingat bahwa perusahaan Startup sukses bukan perusahaan main-main. Startup sukses harus dikelola secara serius.

Saat ini membangun Startup sukses menjadi pilhan banyak milenial agar lebih bebas bekerja sendiri, mendapat penghasilan, dan tidak harus memiliki bos yang menekan. Namun, mendirikan usaha rintisan itu tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Inilah 5 tips sukses untuk mendirikan Startup.

  1. Menjadi Ahli di Bidang yang Anda Sukai

    Berbeda dengan di luar negeri, di Indonesia hampir setiap pekerja dituntut untuk multiskill dan multitalenta. Namun, berbeda dengan menjadi karyawan, Anda justru harus fokus pada bidang yang Anda pilih sesuai keahlian dan passion. Hal ini disebabkan bila Anda membangun Startup yang dimulai dari hasrat dan visi, jika harus lembur atau apapun tidak akan terasa berat.

  2. Fokus dan Konsisten

    Setelah memilih bidang, carilah poin untuk bisa dikembangkan dan menghasilkan uang di bidang tersebut. Dengan fokus dan keseriusan Startup Anda di satu bidang, Anda akan bisa tetap eksis dan bertahan di industri ini dibandingkan pesaing. Bila Anda coba-coba untuk membuat beberapa Startup sukses sekaligus dalam beberapa bidang, Anda menjadi tidak fokus. Startup Anda pun hanya mampir lewat saja dan tidak bisa bertahan lama.

  3. Berani Keluar dari Zona Nyaman

    Jika Anda telah memutuskan untuk berani mencoba sesuatu, Anda telah mengurangi risiko kegagalan 50 persen. Sebaliknya jika tidak berani mencoba Anda sudah gagal 100 persen. Nah, itulah pentingnya Anda keluar dari zona nyaman saat mengejar mimpi.
    Berani mencoba melakukan sesuatu dan siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Selain itu Anda pun harus berusaha beradaptasi dengan segala tantangan yang muncul, dengan demikian Anda akan terbiasa berpikir solutif dan kritis saat menghadapi masalah ketika membangun Startup sukses.

  4. Yakin dengan Diri Anda

    Saat merintis usaha dan meraih mimpi, lalu menjalaninya, seolah sangat berbeda dengan yang Anda harapkan. Tidak semuanya akan berjalan dengan mulus, ada masanya usaha Anda sepi dan mengalami masalah. Saat kondisi ini Anda alami, jangan mudah menyerah justru harus tetap konsisten dengan usaha Anda.
    Anda harus yakin bahwa Startup sukses Anda dapat bertahan lama, karena Anda mendirikan Startup ini tentu dengan berbagai pertimbangan matang sebelumnya. Dengan keyakinan diri Anda akan tersugesti dan bisa mengatasi semua masalah di lapangan dengan lebih mudah.

  5. Bertemu dengan Banyak Orang

    Terakhir, sebagai generasi muda bertemulah dengan banyak orang. Anda harus banyak bergaul dan bergabung dalam perkumpulan dan bertemu dengan masyarakat. Sebagai perintis Startup, Anda juga perlu terus meningkatkan kemampuan diri dalam dunia wirausaha. Sumber untuk menguji kemampuan, ketertarikan, dan sikap Anda bisa datang dari mana saja.
    Dengan bergabung dalam komunitas, Anda bisa bertukar pikiran dan berbagi pengetahuan. Dengan saling terhubung, Anda dapat membangun sistem nilai yang benar-benar kuat baik bagi diri Anda sendiri maupun dunia Startup sukses. Dengan bergabung dengan masyarakat, sebagai pengusaha Startup Anda bisa memahami apa yang diinginkan oleh masyarakat. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui langkah awal yang harus diambil saat akan berusaha.

Nah, itulah 5 tips sebagai masukan saat Anda mulai sebuah usaha Startup sukses. Membangun usaha rintisan memang diperlukan ketekadan besar, agar sebuah perusahaan Startup dapat mapan, lalu akhirnya diterima oleh masyarakat luas.

Be the first to write a comment.

Your feedback