Apa itu Virtual Office?

Jadi Apa Itu CoWorking Space?

Sebelum berubah nama menjadi coworking space, tipe kantor umum ini diberi nama Small Office Home Office (SOHO). Penggunanya paling banyak berasal dari kalangan pekerja lepas. Nama SOHO diambil dari konsep kantor ini sendiri, yaitu setiap penggunanya akan merasa seperti bekerja di lingkungan yang nyaman layaknya rumah sendiri, didukung dengan segala fasilitas yang mumpuni.

CoWorking space pertama kali didirikan oleh Michael Poll dan Stefan Leitner-Sidl yang berkewarganegaraan Austria, pada tahun 2002 silam di Wina. Mereka berdua menyebutnya dengan Schraubenfabrik atau Mother of CoWorking space yang dikhususkan sebagai tempat berkumpulnya para freelancer di kota tersebut. Di Indonesia sendiri, coworking space pertama disinyalir didirikan di Bandung pada tahun 2010. Tak heran, karena kota ini memang terkenal sebagai tempat lahirnya kreativitas dan keunikan.

Setelah mengalami perkembangan digital, barulah konsep kantor ini mulai dibangun di kota-kota besar lainnya, termasuk Jakarta. Bagi sebagian pekerja, bekerja di coworking space berarti berkesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki berbagai pengalaman menarik. Tentunya, ini pun menjadi ladang emas bagi mereka yang ingin memperluas jaringan bisnis, terutama para pemilik usaha.

Keunggulan Sewa Ruang Kantor Tipe CoWorking Space

Untuk melengkapi jawaban atas pertanyaan “apa itu coworking space?”, banyak pekerja dan pengusaha yang belum mengetahui dengan pasti manfaat bekerja di kantor coworking space. Kabarnya, kurangnya sosialisasi tentang kegunaan kantor ini menjadi penyebab utamanya.

Akhirnya, banyak pemilik yang mengalihkan fungsinya menjadi bisnis properti yang dirasa lebih menjanjikan. Padahal, ruang kantor ini pun memiliki banyak keutamaan, yaitu:

1. Mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif

Tak hanya soal gaji, lingkungan kerja pun menjadi pertimbangan para pemilik atau pencari kerja saat mencari tempat kerja baru. Nah, sewa ruang kantor coworking space bisa menjadi pilihan bagi para pemilik usaha. Pasalnya, ruang kantor ini memang didesain dengan konsep yang mengutamakan kenyamanan sekaligus fleksibilitas.

Dengan ruang kerja yang nyaman, suasana kerja yang tercipta pun positif dan mampu memotivasi produktivitas para karyawan. Dampaknya, tujuan utama perusahaan bisa tercapai dengan gemilang karena terjalinnya kerja sama yang maksimal antar karyawan.

Apa itu CoWorking Space

2. Fasilitas mumpuni untuk memenuhi segala kebutuhan

Bekerja tak sekadar menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda sehari-hari. Anda pun terkadang perlu untuk mencetak dokumen, membuat salinan, melakukan panggilan kepada klien, mengadakan rapat dan diskusi, bahkan menyesap secangkir kopi atau teh panas sembari mencicipi camilan.

Fasilitas inilah yang akan Anda dapatkan dengan menyewa ruang kantor tipe coworking space. Anda akan mendapatkan ruang rapat, ruangan untuk melakukan sambungan panggilan video, bahkan hingga ruangan untuk melakukan presentasi. Camilan dan minuman favorit? Tersedia juga dan bisa Anda nikmati kapan saja. Pastinya, bekerja akan semakinn menyenangkan dengan segala fasilitas pendukung ini.

3. Sharing dengan pekerja lain

Pengguna co-working space tak hanya berasal dari satu perusahaan atau spesialisasi. Nah, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk saling berbagi dan bertukar informasi mengenai bidang-bidang keahlian yang dikuasai. Dengan kata lain, bekerja di coworking space menjadi ajang terbaik bagi Anda untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

Tak hanya dari segi pekerja, pemilik bisnis pun bisa turut merasakaan manfaat ini. Di sini, para pemilik usaha bisa mencari bakal-bakal terbaik yang memiliki potensi luar biasa untuk turut mengembangkan bisnis bersama. Di sisi lain, mereka pun bisa menceritakan kendala sekaligus mendapatkan solusi dari para pemilik usaha lain yang juga berkantor di tempat tersebut.

4. Biaya sewa yang murah dan peluang untuk tergabung dalam komunitas

Bagi pekerja lepas, berpindah-pindah tempat bekerja merupakan hal yang wajar. Salah satu tempat yang biasanya menjadi incaran adalah coworking space. Pasalnya, biaya yang harus mereka keluarkan untuk sewa ruang kantor tipe ini sangat terjangkau. Hitungan biayanya dimulai dari Rp25.000,00 setiap jamnya, dengan maksimal sewa Rp200.000,00 sehari! Biaya yang sangat murah jika dibandingkan menyewa serviced office, bukan?

Menariknya lagi, dengan biaya tersebut, para pekerja sudah bisa mendapatkan segala fasilitas yang lengkap. Tak berhenti sampai di situ, Anda pun akan memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa tergabung dalam komunitas-komunitas baru, yang berisi orang-orang yang memiliki berbagai pengalaman seru. Dari sini, peluang Anda untuk memingkatkan skill pun tentu akan meningkat.


Semoga penjelasan ini bisa menjawab pertanyaan “apa itu coworking space?” dan memberikan gambaran yang lebih jelas. Apabila Anda membutuhkan jasa membuat PT di BSD City Serpong atau Anda hendak mencari atau sewa virtual office di BSD City Serpong, kami Office99 siap membantu Anda.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, dapat menghubungi 02130030999 atau mengirimkan pesan di email [email protected]
atau dapat menghubungi via whatsapp di bawah ini.

Comments are closed for this post.