9 Langkah Mudah Memulai Bisnis Kaos Distro Agar Digemari Anak Muda

by Muhammad Zafrullah

9 Langkah Mudah Memulai Bisnis Kaos Distro Agar Digemari Anak Muda

Saat ini banyak jenis usaha atau bisnis yang bisa Anda lakukan, terlebih dengan kemajuan jaman membuat kesempatan memulai bisnis menjadi lebih mudah. Salah satu bisnis yang memiliki prospek menarik dan potensial ialah bisnis kaos distro.

Bisnis ini memang lekat hubungannya dengan kehidupan kawula muda yang menyukai fashion untuk gaya tampilan sehari-hari. Distro sendiri merupakan singkatan dari kata distribution outlet yang memiliki arti sebuah tempat atau toko. Dimana toko tersebut, menjual berbagai jenis pakaian dan aksesori dari brand sendiri ataupun brand pihak lain.

Menjalankan bisnis kaos distro saat ini memang sangat digandrungi oleh anak muda yang ingin memiliki bisnis kekinian. Ini merupakan tren yang cukup baik di dunia usaha, terlebih bisnis jenis ini juga mendatangkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Jika Anda menekuninya secara sungguh-sungguh hingga dikenal oleh khalayak ramai.

Saat Anda memiliki bisnis kaos distro yang sukses dan berkembang, maka sudah pasti nantinya membutuhkan payung hukum secara resmi. Bertujuan, untuk melindungi nama brand distro yang dibuat seperti membuat CV perusahaan. Adanya Office99 akan sangat membantu Anda dalam menangani hal tersebut. Dimana, penyedia jasa layanan pembuatan CV perusahaan secara profesional dan terpercaya, yang sudah membantu pebisnis pemula di berbagai kalangan.

Alasan Memilih Bisnis Kaos Distro

Alasan Memilih Bisnis Kaos Distro

Sebelum terjun dan menjalankan bisnis, Anda perlu mengetahui alasan kenapa memilih jenis usaha kaos distro sebagai pilihan. Perlu Anda ketahui, bahwa Indonesia sendiri memiliki jumlah penduduk sangat besar yaitu 271 juta jiwa di tahun 2020. Yang berdasarkan data sensus penduduk Badan Pusat Statistik.

Dari jumlah tersebut, usia produktif mendominasi sebagai besar penduduk tanah air terutama kaum muda generasi milenial dan generasi z. Tentunya hal ini merupakan kesempatan besar dan alasan yang kuat, untuk memilih peluang bisnis kaos distro.

Disamping itu, anak muda juga memiliki kecenderungan belanja yang tinggi dunia fashion secara online. Status sebagai lajang dan belum berkeluarga, membuat mereka lebih memilih ‘menyenangkan’ diri sendiri dengan berbelanja apa yang diinginkan.

Oleh karena itulah, alasan membuka toko kaos distro memiliki prospek keberhasilan yang menggiurkan. Sebelum memulai usaha tersebut, berikut kami berikan ulasan 9 langkah mudah memulai usaha kaos distro agar digemari anak muda:

Buat Rencana Tema Kaos Distro Semenarik Mungkin dan Unik

Buat Rencana Tema Kaos Distro Semenarik Mungkin dan Unik

Di dunia usaha kaos distro harus memiliki keunikan dan daya tarik, yang menjadi kunci utama. Agar dapat bersaing dan menarik perhatian pasar kepada pembeli atau customer. Sebagai pemiliki kaos distro, Anda diharuskan memiliki gagasan tema kaos distro yang menarik dan unik.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari perilaku anak muda sebagai konsumen terbesar, yang gemar mencari keunikan dan sesuatu berbeda dari biasanya. Dengan begitu, tema menjadi penting untuk Anda pikirkan terlebih dahulu. Beberapa tema kaos distro yang sudah ada seperti tema liburan, tema otomotif, tema ghotic, tema pop culture, dan tema unik lainnya.

Tentukan Konsep Bisnis Kaos Distro

Tentukan Konsep Bisnis Kaos Distro

Langkah kedua, Anda harus menentukan konsep membuat kaos distro. Paling tidak terdapat dua konsep bisnis distro yaitu membuat brand dan produksi kaos sendiri. Selain itu juga, bisa menjadi reseller dari produk kaos distro yang sudah terkenal.

Dua konsep ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memilih konsep sebagai distro reseller, maka kelebihannya ialah tidak perlu pusing-pusing memikirkan tema, desain, dan proses produksi kaos distro. Akan tetapi, Anda tidak memiliki nama brand sendiri serta harus bergantung pada pasokan brand lain.

Sementara apabila Anda memilih konsep membuat brand dan produksi kaos distro secara mandiri. Maka harus mempersiapkan dan memikirkan mengenai tema, desain, hingga proses produksi kaos distro. Kelebihannya adalah Anda bisa memiliki brand kaos distro sendiri, serta bisa menuangkan ide dan kreatifitas kedalam tema dan desain di kaos tersebut.

Persiapkan Jumlah Modal Awal Usaha

Persiapkan Jumlah Modal Awal Usaha

Semua bidang usaha tentunya perlu memperhitungan jumlah modal awal usaha, agar bisnis yang dibuat dapat berjalan lancar seperti rencana. Hal ini juga perlu Anda lakukan dalam bisnis kaos distro. Jumlah besaran modal untuk bisnis ini relatif tergantung jumlah produksi yang akan dibuat.

Siapkan secara detail mengenai kebutuhan yang berkaitan dengan usaha kaos distro. Seperti biaya tempat bila menyewa, biaya produksi, biaya jasa desain, biaya karyawan, dan biaya perlengkapan lainnya.

Cari dan Pilih Pemasok Kaos Terpercaya dengan Bahan Berkualitas

Cari dan Pilih Pemasok Kaos Terpercaya dengan Bahan Berkualitas

Supaya kaos distro usaha Anda memiliki kualitas terbaik, maka langkah selanjutnya ialah mencari dan memilih pemasok bahan kaos terpercaya. Kualitas bahan kaos tentunya menjadi cermin dari kualitas brand Anda, sehingga menarik calon pembeli.

Pemilihan bahan kaos distro juga penting untuk Anda perhatikan, karena bahan yang berkualitas tentunya memiliki harga cukup tinggi. Anda harus menyesuaikan besaran modal yang dimiliki dengan harga bahan baku kaos yang akan digunakan. Apakah memilih bahan baku kualitas premium atau yang biasa aja.

Anda harus menjalin kerjasama dan relasi yang baik dengan pemasok kaos, agar mendapat potongan harga grosir termurah meskipun bahan tersebut premuim atau berkualitas. Biasanya semakin banyak pemesanan, maka semakin murah harga yang Anda dapatkan. Beberapa jenis bahan baku kaos distro seperti cotton combed, cotton bambo, cotton modal, us pima cotton, dan bahan jenis lainnya.

Cari Penyedia Jasa Sablon atau Konveksi Berkualitas dan Berpengalaman

Cari Penyedia Jasa Sablon atau Konveksi Berkualitas dan Berpengalaman

Selain mencari pemasok kaos dan bahan baku, Anda juga perlu mencari penyedia jasa sablon atau konveksi berkualitas dan berpengalaman. Hal ini sangat penting, karena berkaitan langsung dengan desain kaos distro yang Anda buat sebelumnya. Serta proses produksi hingga menjadi produk siap jual.

Anda bisa mencari tahu dahulu melalui internet dan media sosial yang ada. Perhatikan ulasan pengguna jasa sablon tersebut dari informasi di internet. Dan memantau langsung hasil produksi dari jasa sablon atau konveksi. Untuk itu, Anda perlu meminta contoh hasil produksi kaos, apakah kualitas dari produksi jasa sablon tersebut sudah sesuai keinginan Anda atau belum.

Buatlah Desain Kaos Distro yang Original dan Unik

Buatlah Desain Kaos Distro yang Original dan Unik

Langkah ke enam, yaitu membuat desain kaos distro yang original dan unik. Jangan sampai Anda membuat desain dari karya desain orang lain atau menjiplak. Hal ini bisa membuat reputasi bisnis kaos distro Anda menjadi hancur dan berantakan. Terlebih diketahui oleh komunitas konsumen.

Anda bisa membuat desain hasil sendiri, jika memiliki kemampuan dalam bidang desain digital. Jika tidak, maka solusinya ialah menggunakan jasa desain kepada desainer berpengalaman. Apabila Anda memiliki budget lebih, maka bisa merekrut desainer sebagai staff yang merupakan solusi tepat.

Buat Sub Tema Edisi Terbatas di Waktu Tertentu

Buat Sub Tema Edisi Terbatas di Waktu Tertentu

Membuat sub tema edisi terbatas di waktu tertentu, adalah salah satu langkah strategi untuk menarik perhatian calon pembeli di kalangan anak muda. Hal ini lumrah dilakukan oleh beberapa brand kaos distro ternama seperti Catharsis, Public Culture, Thxinsomnia, dan lainnya.

Banyak anak muda yang tertarik dengan produk dari desain tema edisi terbatas. Mereka menilai produk distro tersebut special, karena jumlahnya yang terbatas sehingga permintaan menjadi tinggi serta menjadi ‘prestige’ tersendiri jika dipakai ataupun dimiliki.

Lakukan Branding yang Kuat dan Berkarakter

Branding yang Kuat dan Berkarakter

Dengan branding yang kuat dan berkarakter dari produk kaos distro, membuat pasar konsumen menjadi lebih loyal secara jangka panjang. Branding yang bagus bisa membuat mereka percaya, bahwa produk kaos distro yang dibeli itu berharga dan merasa puas dengan uang yang mereka keluarkan. Dengan begitu, seterusnya mereka akan kembali membeli produk kaos distro Anda.

Promosikan Bisnis Kaos Distro Secara Online dan Offline

Promosikan Bisnis Kaos Distro Secara Online dan Offline

Terkahir yang perlu Anda lakukan ialah mempromosikan bisnis kaos distro secara online dan offline. Anda bisa menggunakan Google Ads dan sosial media, seperti Instagram Ads untuk melakukan kegiatan promosi yang sudah dibuat serta menjangkaunya secara luas.

Buatlah promosi yang menarik dan unik, sehingga promosi iklan tersebut bisa menghasilkan dampak konversi penjualan, sesuai target dan keinginan Anda. Selain melakukan promosi secara online, Anda juga bisa melakukan promosi secara offline dengan menyebarkan brosur kepada para pembeli. Ataupun menempatkan banner promosi di lokasi yang cukup strategis seperti tongkrongan anak muda.

Demikianlah pembahasan mengenai 9 langkah mudah memulai bisnis kaos distro agar digemari anak muda. Sebagai seorang pemula di bisnis ini, maka langkah-langkah diatas dapat Anda praktekan. Sehingga usaha kaos distro yang Anda geluti dapat mendatangkan uang hingga puluhan juta rupiah dari pasar kalangan anak muda di Indonesia.



Whatsapp
Call Now