Cara Melamar Kerja Tanpa Punya Pengalaman Kerja

by Nyoman Willy

Cara Melamar Kerja Tanpa Punya Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang baru lulus kuliah, tapi tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, moment melamar kerja adalah kegiatan yang terkadang ditakuti. Orang-orang yang sudah berpengalaman saja kadang kerap tidak beruntung, lantas bagaimana dengan yang belum berpengalaman?

Ketika lulus kuliah seringkali dihadapkan pada tantangan yang sama. Mereka tidak memiliki pengalaman kerja untuk membuktikan bahwa mereka telah memenuhi syarat. Jadi, wajar saja apabila memiliki rasa takut dalam mencari kerja atau mengirim curriculum vitae ke perusahaan besar. Meski demikian, berpikiran seperti itu tentu tidak akan membuat para pelamar yang tidak berpengalaman kerja akan berhasil.

Ada banyak cara untuk membuat perusahaan tertarik dengan curriculum vitae yang dibuat.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyusun dengan semenarik mungkin. Sebutkan apa yang menjadi pengalaman-pengalaman yang relevan dari apa yang pernah kamu dapat dari dunia kuliah, seperti misalnya pekerjaan yang bersifat sukarela, kegiatan ekstrakurikuler dan proyek kuliah. Di dunia kerja, pengalaman tersebut bisa menjadi pertimbangan dan bernilai besar karena membuktikan bahwa kamu setidaknya pernah memiliki keterampilan di sebuah organisasi.

Poin terpenting lainnya yang perlu kamu berikan penjelasan adalah keterampilan seperti komunikasi, manajemen waktu. Tekankan pendidikan yang sudah kamu jalani. Sederet hal tersebut tentu bisa menarik perhatian HRD di perusahaan yang diinginkan karena membuktikan kamu layak untuk diterima.

Selain hal-hal tersebut, berikut beberapa poin yang patut kamu perhitungkan untuk melamar pekerjaan tanpa pengalaman kerja. Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

Lamar Pekerjaan yang Memenuhi Kualifikasi

Pastikan jangan sampai salah mengirim alamat lamaran, sesuaikan apa yang menjadi background pendidiikanmu, pahamilah apa yang menjadi kualifikasi dasar ketika menjadi seorang pelamar kerja, seperti pengalaman kerja di bidang yang sama, hingga memahami suatu keterampilan khusus.

Nah, jika tidak ingin gagal saat mengirim surat lamaran kerja tanpa pengalaman kerja, pastikan untuk memenuhi apa yang menjadi sebagian besar kualifikasi atau persyaratan perusahaan. Kemampuan memahami diri sendiri. Adanya kemungkinan kamu untuk diterima di perusahaan yang bersangkutan tersebut . Salah satu cara untuk mencari pekerjaan sesuai kualifikasi, gunakan filter yang kerap ada di situsweb pencari pekerjaan.

Tambahkan Kalimat Perkenalan yang Berkesan

Jika kamu memang belum memiliki pengalaman kerjasama sekali, maka berikan kalimat perkenalan yang berkesan. Itu merupakan hal yang sangat membantu, agar kamu dapat bersinar di mata HR. Jangan membuat kalimat perkenalan yang pendek dan terkesan biasa atau umum semisal, “Halo, saya fresh graduate. Saya sedang mencari kerja dan ingin melamar sebagai staff admin.”

Kalimat perkenalan tersebut, pastinya kurang membantu membuatmu bersinar di mata HR. Kamu butuh kalimat perkenalan yang lebih panjang dan personal serta menunjukan sikap antusias dan ingin menempati posisi kerja tersebut.

Berikut missal contoh kalimat di kolom perkenalan :

“Salam hangat HR PT ABC, perkenalkan saya Rullah seorang sarjana Bahasa Indonesia. Sebagai fresh graduate, saya memiliki nilai IPK yang cukup baik yaitu 3,4 dan memiliki beberapa prestasi saat berkuliah. Saya percaya dapat menjadi kandidat yang potensial untuk pekerjaan ini dengan kemauan belajar dan rasa tanggung jawab agar bisa menempati posisi Content Writer yang dibutuhkan saat ini.”

Masukkan Pengalaman Organisasi

Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, masukkan pengalaman dari kerja sukarela, kegiatan kampus, ataupun hobi yang relevan yang dapat menunjukkan prestasi atau keterampilan.

Hal tersebut akan membantu karena selama ini, pengalaman di organisasi, dapat menguntungkan ketika kamu tidak memiliki pengalaman kerja. Bagi perusahaan, pengalaman organisasi melibatkan hasil kerja, deadline, dan bahkan kerja sama tim juga bisa kamu cantumkan. Curriculum Vitae akan semakin bernilai tinggi apabila kamu menjelaskan deskripsi pekerjaan yang kamu lakukan dan tunjukan apa yang menjadi prestasi yang sudah dapatkan ketika dijalani saat itu.

Menambahkan Kolom Prestasi saat Sekolah/Kuliah

Tips cara melamar kerja tanpa memiliki pengalaman kerja lainnya, adalah menambahkan kolom prestasi kamu saat sekolah atau kuliah. Kamu bisa menambahkan prestasi seperti prestasi mengikuti lomba sekolah, prestasi dalam kompetisi bidang di perkuliahan ataupun prestasi informal semisal prestasi lomba fotografi.

Prestasi yang kamu tunjukan kepada HR akan menjadi penilaian lebih kepada kamu sebagai fresh graduate. Oleh karena itu, jangan malu – malu untuk menunjukan prestasi yang kamu miliki sebagai nilai jual untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Jelaskan Kemampuan serta Keterampilan di Suatu Bidang

Kemampuan serta keterampilan khusus menjadikan peluang lebih untuk kamu bagi perusahaan. Jika kamu seorang yang tidak memiliki pengalaman kerja, kemampuan serta keterampilan akan dilihat sebagai salah satu nilai lebih.

Pertanyaannya, bagaimana caranya memastikan itu berguna di CV di kamu?

Kemampuan atau keterampilan yang dibicarakan di sini bukanlah hal yang dimiliki oleh semua pelamar kerja yang tidak berpengalaman kerja. Namun, yang hanya dimiliki oleh sebagian orang. Seperti misalnya memahami bahasa pemrograman, berpiawai mengoperasikan media sosial, dan tahu cara mendapatkan klien. Hal ini sebenarnya bisa dipelajari masing-masing, tentu hal yang dipelajari ini bisa menjadi nilai lebih untuk kamu.

Dalam curriculum vitae, kamu perlu menegaskan bahwa kamu memahami hal-hal tersebut. Tidak perlu untuk mempresentasikan hal tersebut, tapi berikan penjelasan bahwa kamu pernah menggunakan kemampuan tersebut di sebuah proyek kerjaan, misalnya saat menjalani tugas akhir atau organisasi kampus yang pernah dijalanin.

Dengan cara yang sudah disebutkan di atas, apakah kamu sudah termotivasi untuk mencoba melamar kerja di perusahaan meski tidak memiliki pengalaman kerja?



Whatsapp
Call Now