5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Laundry Sepatu Untuk Pebisnis Pemula

by Taufan Adi Putra

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Laundry Sepatu Untuk Pebisnis Pemula

Di masa sekarang ini, mobilitas masyarakat perkotaan terbilang tinggi dengan berbagai kemajuan teknologi digital dan transportasi online yang hadir membantu kegiatan sehari-hari. Dengan tingginya mobilitas tersebut, maka tentunya juga membuat bisnis laudry dan cuci semakin berjamur dimana-mana.

Hal ini tidak terlepas dari masyarakat perkotaan yang hanya memiliki sedikit waktu untuk kegiatan mencuci pakaian dan sepatu di rumah. Biasanya dikarenakan kesibukan bekerja maupun kegiatan kesehariannya. Oleh karena itu, peluang bisnis cuci mencuci ini terbilang potensial dan memiliki prospek yang menjanjikan. Salah satu bisnis di bidang jasa cuci yang masih belum terlalu banyak muncul ialah bisnis laundry sepatu.

Usaha laudry sepatu memang cukup menggiurkan, karena sepatu sendiri merupakan alas kaki yang banyak digunakan masyarakat perkotaan untuk berbagai kegiatan mobilitas. Seperti pergi ke kantor, sekolah, kuliah, ataupun kegiatan nongkrong santai. Sebagai fakta menarik, ternyata cukup banyak anak muda yang menjalankan usaha ini secara profesional.

Sebagai seorang pebisnis pemula, tentunya usaha ini cukup mudah dilakukan asal sudah memiliki pengetahuan mengenai cara mencuci sepatu yang benar serta kemampuan dalam manajemen usaha. Dengan kerja keras dan sikap konsisten dalam menekuni bisnis ini tentunya dapat membuat Anda sukses dalam menjalankan bisnis cuci sepatu. Office99 hadir sebagai mitra usaha Anda dalam mendapatkan legalitas berbisnis yang profesional dan berpengalaman.

Baca:  Kemampuan Manusia yang Tidak Dimiliki Oleh Robot

Layanan profesional untuk pebisnis yang ditawarkan oleh Office99 diantarnya jasa buat PT dan jasa buat CV. Tenaga ahli yang berkompeten di bidang hukum dan administrasi dari Office99 siap membantu Anda secara mudah dan cepat. Anda tidak perlu khawatir dan bingung mengenai berapa biaya membuat PT, karena terdapat informasi jelas mengenai hal itu di halaman website kami.

Kembali ke pembahasan, berikut kami sajikan ulasan mengenai langkah mudah memulai bisnis laundry sepatu untuk pebisnis pemula:

Cari Tahu dan Pahami Pengetahuan Mencuci Sepatu Secara Benar

Cari Tahu dan Pahami Pengetahuan Mencuci Sepatu Secara Benar

Sebelum Anda memulai bisnis laundry sepatu, langkah wajib dan penting yang perlu dilakukan ialah mencari tahu dan memahami pengetahuan mengenai cara mencuci sepatu dengan benar dan profesional. Jika Anda masih awam dan belum memiliki pengetahuan tersebut, maka sebaiknya perlu mengikuti kursus atau seminar mengenai bisnis ini.

Hal ini penting, karena berkaitan dengan kepercayaan pelanggan. Dalam bisnis laundry sepatu ini, kepercayaan adalah kunci utama. Karena mereka mempercayakan kita untuk mencuci dan merawat sepatu yang mereka gunakan sehari-hari ataupun sepatu tertentu yang merupakan sepatu kesayangan mereka.

Mempersiapkan dan Memilih Jenis Alat dan Bahan Pembersih yang Akan Digunakan

Mempersiapkan dan Memilih Jenis Alat dan Bahan Pembersih yang Akan Digunakan

Langkah kedua memulai bisnis ini, Anda perlu menyiapkan dan memilih berbagai jenis alat dan bahan untuk membersihkan dan merawat sepatu. Secara profesional, bahan pembersih untuk sepatu bukanlah detergen biasa melainkan bahan kimia yang khusus untuk membersihkan sepatu.

Baca:  Tips Mencari Pekerjaan Baru Di Tahun 2021

Hal itu juga harus disesuaikan lagi dengan bahan dari sepatu yang akan dibersihkan. Jangan sampai Anda salah memilih bahan pembersih yang mengakibatkan noda, lunturnya warna, bahkan kerusakan. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan alat-alat ‘tempur’ yang digunakan untuk membersihkan dan merawat sepatu konsumen. Paling tidak sebagai pemula Anda bisa mempersiapkan alat standar dalam membersihkan sepatu seperti kuas khusus, sikat khusus, dan alat lainnya.

Membeli Mesin Laundry Sepatu

Membeli Mesin Laundry Sepatu

Saat ini sudah terdapat mesin laundry sepatu yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah bisnis ini. Mesin ini dibuat khusus untuk mencuci dan mengeringkan sepatu secara otomatis sehingga berbeda dari mesin cuci pada umumnya.

Harga dari mesin ini berkisaran diangka 3 juta hingga 5 juta atau bahkan lebih tergantung dengan brand, fitur, dan kapasitas dalam mencuci sepatu. Akan tetapi, hal yang perlu Anda ingat ialah tidak semua jenis sepatu bisa dicuci dengan mesin laundry sepatu. Sebagai tips tambahan, pilihlah mesin cuci sepatu yang memiliki fitur pengering atau dryer agar pengerjaan perawatan sepatu menjadi mudah dan lebih cepat.

Menyiapkan Perlengkapan Pendukung Bisnis Laudry Sepatu

Menyiapkan Perlengkapan Pendukung Bisnis Laudry Sepatu

Selain mempersiapkan alat dan bahan khusus, Anda juga perlu mempersiapkan perlengkapan pendukung dalam menjalankan usaha laundry sepatu. Hal ini penting juga Anda pikirkan, agar usaha yang dijalankan ini dapat beroperasi sesuai harapan dan rencana.

Baca:  Peluang Bisnis Vape, Semakin Naik Daun di Kalangan Kaum Muda

Beberapa perlengkapan pendukung dalam bisnis laundry sepatu diantaranya rak untuk menaruh sepatu, rak untuk peralatan pembersih dan perawatan sepatu, ruang tempat untuk membersihkan sepatu, tempat menaruh mesin laundry sepatu, saluran keran air, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Membuat Tata Kelola dan Manajemen Waktu Pengerjaan

Membuat Tata Kelola dan Manajemen Waktu Pengerjaan

Langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan, ialah membuat tata kelola dan manajemen waktu pengerjaan cuci sepatu. Dengan tata kelola yang rapih maka dapat mempermudah Anda dalam memilah dan menempatkan sepatu-sepatu yang sudah dikerjakan ataupun yang belum.

Selain itu, waktu pengerjaan juga sangat penting untuk Anda perhatikan karena customer pastinya ingin segera sepatunya dikerjakan secara bersih dan cepat. Oleh karena itu pengaturan manajemen waktu sangat diperlukan agar customer tidak kecewa karena terlalu lama dalam proses pengerjaan cuci sepatu.

Sebagai akhir kata, itulah ulasan mengenai 5 langkah mudah memulai bisnis laundry sepatu untuk pebisnis pemula. Bisnis jenis ini bisa dibilang masih akan ramai hingga waktu yang panjang karena semakin banyaknya orang yang menggunakan sepatu tetapi tidak memiliki waktu untuk membersihkan dan merawatnya secara mandiri dan telaten.



Whatsapp
Call Now