Panduan Bagi Pemula yang Ingin Menjalani Usaha ATK

by Taufan Adi Putra

Panduan Bagi Pemula yang Ingin Menjalani Usaha ATK

Bagi beberapa orang pastinya ingin memiliki usaha sendiri yang menjadi impian mereka, apalagi usahanya itu dapat menghasilkan pendapatan yang menggiurkan. Salah satu jenis usaha yang terkadang diremehkan adalah bisnis ATK (alat tulis kantor). Padahal faktanya, bisnis ini memiliki prospek yang bagus untuk mendatangkan keuntungan bisnis.

Mungkin saja, bisnis atk yang anda jalani semakin berkembang dan ingin dijadikan sebuah pt untuk membuka cabang di tempat lain. Mengingat banyak jasa membuat sebuah perusahaan dengan cepat dan professional. Tetapi sebelumnya, harus mengetahui informasi syarat bikin pt dengan benar. Hal ini, akan mempermudah calon pemilik untuk mempercepat proses pembuatannya.

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis ATK, sebenarnya bisnis tersebut dapat bertahan lama karena pembeli akan selalu ada saja dari berbagai sector. Seperti contoh: sekolah, kampus, perkantoran, dan usaha maupun toko lainnya yang membutuhkan ATK dalam kegiatan operasionalnya. Berikut panduan bisnis ATK yang ringkas dan mudah untuk pemula:

Pahami Produk dan Dunia ATK Sebelum Memulai Bisnis

Pahami Produk dan Dunia ATK Sebelum Memulai Bisnis

Hal yang paling utama dan awal untuk bisa terjun ke bisnis ATK ialah memahami berbagai produk ATK dan dunia ATK. Produk-produk di bisnis ini sangat beragam dan banyak variasinya, sehingga terkadang membingungkan bagi mereka yang masih awam.

Sebagai pelaku bisnis ATK nantinya Anda dituntut cekatan dan bisa memahami jenis-jenis produk ATK seperti stip, punch holder, ring buku, kertas A4 dan produk lainnya. Kamu bisa membuat katalog produk yang lengkap disertai tambahan gambar, agar lebih mudah memahami produk ATK.

Baca:  Simak! 5 Keunggulan dan Alasan Memulai Bisnis Ikan Lele

Menentukan Target Pasar atau Pembeli dan Produk yang Dibutuhkan

Menentukan Target Pasar atau Pembeli dan Produk yang Dibutuhkan

Menentukan target pasar atau pembeli dalam memulai bisnis atau usaha adalah hal yang mendasar. Pertanyaanya adalah siapa target pembeli kamu?, apakah orang kantoran atau kebanyakan anak sekolahan maupun mahasiswa?. Mengingat masing-masing memiliki kebutuhan ATK yang sedikit berbeda, sesuai kegiatan yang mereka kerjakan.

Memilih dan Mencari Distributor atau Supplier ATK

Menemukan dan memilih distributor ATK untuk bisnis Anda adalah hal wajib yang Anda ketahui dan pahami. Hal ini menjadi penting karena supply produk adalah ‘pilar’ dari bisnis ATK. Apabila Anda memahami hal ini, maka bisa menentukan harga kompetitif untuk dijual berkat mendapat harga yang murah dari supplier.

Memilih Lokasi Tempat Usaha ATK yang Cocok

Memilih Lokasi Tempat Usaha ATK yang Cocok

Mencari dan memilih lokasi tempat usaha ATK yang cocok dan strategis merupakan kunc,i agar usaha ATK kamu dapat dengan mudah ditemukan. Selain itu, gampang menjangkau calon pembeli. Lokasi paling cocok untuk usaha ATK ialah pusat dari berbagai aktifitas target pasar maupun pembeli, semisalnya dekat kampus, perkantoran atau sekolahan.

Lakukan Penataan Toko yang Jelas dan Rapih

Lakukan Penataan Toko yang Jelas dan Rapih

Jika Anda sudah mendapatkan lokasi tempat usaha ATK yang cocok, langkah selanjutnya adalah melakukan penataan toko agar terlihat jelas dan rapih. Hal ini penting untuk kamu lakukan supaya toko ATK kamu ‘sedap’ dipandang mata calon pembeli serta memberikan kesan rapih dan profesional.

Baca:  Ingin Untung Berlipat? Lihat Peluang Usaha Modal 1 Juta Ini

Lengkapi Layanan dengan Fotocopy atau Cetak Foto

Lengkapi Layanan dengan Fotocopy atau Cetak Foto

Satu hal yang selalu berkaitan dan tidak terlepas dari bisnis ATK ialah layanan jasa fotocopy dan cetak foto. Pastinya menjadi daya tarik tambahan bagi toko ATK Anda, tetapi yang perlu diperhatikan adalah dengan menambah jasa fotocopy dan cetak foto. Artinya Anda harus menambahkan modal dana untuk membeli alat dan mesinnya.

Adakan Promo Menarik dan Pelayanan yang Ramah

Adakan Promo Menarik dan Pelayanan yang Ramah

Promo menarik juga merupakan bagian penting dalam bisnis ATK, calon pembeli bisa memilih kebutuhannya. Lalu pelayanan yang ramah, sangat diperlukan untuk memikat pelanggan setia sehingga nyaman dan kembali lagi ke toko ATK Anda, saat memerlukan kebutuhan ATK mereka.



Whatsapp
Call Now