Catat! 4 Tips Memulai Bisnis Ikan Cupang dan Kisaran Modalnya

by Taufan Adi Putra

Catat! 4 Tips Memulai Bisnis Ikan Cupang dan Kisaran Modalnya

Hobi memelihara ikan cupang kini memang menjadi tren yang cukup ramai di tengah masyarakat Indonesia. Tren ikan cupang tersebut, banyak digandrungi oleh berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Mereka yang hobi memelihara ikan cupang ini tidak segan-segan merogok kocek yang cukup dalam, demi memenuhi keinginan memiliki ikan cupang yang di idam-idamkan. Oleh karena itu, bisnis ikan cupang sekarang ini bisa dibilang sangat menjanjikan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi Anda yang mau menekuninya dengan serius.

Legalitas dan status resmi usaha menjadi salah satu faktor pendukung yang penting dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan legalitas usaha, maka bisnis Anda tentu menjadi lebih dipercaya oleh calon. Kehiadian Office99 sebagai mitra, siap membantu Anda dalam mengurus legalitas dan status resmi usaha. Kami menawarkan layanan jasa bikin PT murah yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan skala usaha.

Ikan cupang sendiri merupakan ikan air tawar bertubuh mungil, namun memiliki keindahan bentuk yang mempesona mata sebagai ikan hias peliharaan. Ikan ini diketahui berasal dari habitat air yang ada di Asia Tenggara. Keunikan lain dari ikan cupang, yaitu memiliki karakteristik sifat agresif dan teritorial dalam mempertahankan wilayah hidupnya. Karena itu, juga tidak sedikit yang menjadikan ikan cupang sebagai ikan aduan.

Bisnis ikan cupang tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, jika Anda serius dan tekun menjalankan bisnis tersebut. Tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan omzet jutaan hingga ratusan juta rupiah waktu satu bulan. Keberhasilan menjalankan bisnis tentunya bukan semudah membalikan telapak tangan. Anda butuh persiapan, rencana, dan faktor pendukung lainnya untuk mencapai hasil usaha yang diinginkan.

Baca:  Profil William Tanuwijaya Si Pendiri Raksasa Hijau 'Tokopedia', Sempat Jadi Penjaga Warnet

Sebagai seorang yang ingin memulai usaha ikan cupang tentunya Anda perlu mencari informasi dan wawasan yang relevan terkait bidang usaha tersebut. Berikut kami sajikan 4 tips memulai bisnis ikan cupang dan kisaran modalnya bagi pemula:

1. Memilih dan Membeli Bibit Indukan Ikan Cupang Berkualitas

Memilih dan Membeli Bibit Indukan Ikan Cupang Berkualitas

Tips pertama dan paling penting dalam memulai usaha cupang ialah memilih dan membeli bibit indukan yang berkualitas. Hal ini penting, karena indukan yang bagus dan berkualitas tentunya akan menghasilkan keturunan ikan yang berkualitas setara.

Terdapat ragam jenis kualitas indukan ikan cupang seperti indukan kualitas super, indukan kualitas bagus, dan indukan kualitas standar. Perhatikanlah kondisi indukan ikan cupang yang akan Anda beli. Beberapa kriteria indukan ikan cupang yang bisa Anda pilih, yaitu jenis indukan, warna corak tubuh, kondisi kesehatan ikan, , usia ikan cupang, dan kriteria lainnya.

2. Menyiapkan Tempat Pembiakan Ikan Cupang dan Peralatan Pendukung

Menyiapkan Tempat Pembiakan Ikan Cupang dan Peralatan Pendukung

Langkah selanjutnya ialah Anda perlu menyiapkan tempat khusus untuk pembiakan ikan cupang serta berbagai peralatan pendukung usaha. Tempat pembiakan tersebut, bisa berupa aquarium, baskom, bekas galon atau wadah lainnya yang bisa digunakan.

Selain itu, Anda juga harus menyiapakan tempat terpisah untuk cupang betina seperti toples kaca atau gelas plastik. Hal ini dilakukan untuk menghindari cupang betina memakan bibit telurnya, setelah proses kawin atau kembang biak dengan cupang jantan. Anda juga perlu membeli dan menyiapkan berbagai peralatan penunjang untuk mendukung usaha ini.

Beberapa peralatan pendukung bisnis ikan cupang juga perlu disiapkan seperti baskom, aquarium, serokan ikan, selang aerator, serokan kutu. Untuk tambahannya botol bekas, ember besar, alat pembersih alga dan alat lainnya.

Baca:  Tipe – Tipe Teman Kantor, Kamu Yang mana?

3. Memahami Proses Pembiakan Ikan Cupang Secara Benar

Memahami Proses Pembiakan Ikan Cupang Secara Benar

Anda perlu memahami terlebih dahulu, proses pembiakan ikan cupang secara benar. Tanpa memiliki wawasan dan pemahaman, tentunya dapat berakibat gagalnya proses pembiakan ikan cupang. Yang bisa membuat kerugian dalam bisnis ikan cupan Anda.

Ilmu dan wawasan pembiakan ikan cupang, bisa Anda dapatkan melalui mentor usaha ikan cupang berpengalaman. Dimana bisa melalui buku pengembangbiakan ikan cupang, atau melalui konten-konten dan informasi yang ada di internet ataupun Youtube. Dengan kemajuan jaman, tentunya akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan akses informasi dan referensi tersebut.

Contoh pemahaman dan wawasan proses pembiakan cupang, meliputi cara membedakan cupang jantan dan cupang betina. Selain itu juga aquarium yang dibutuhkan, kapan waktu melakukan proses kawin untuk cupang, menaksir harga, waktu memberi pakan, dan pengetahuan budidaya ikan cupang lainnya.

4. Memastikan Kualitas Air Bersih dan Membeli Pakan Ikan Berkualitas

Memastikan Kualitas Air Bersih dan Membeli Pakan Ikan Berkualitas

Tips terakhir untuk memulai bisnis ikan cupang, ialah Anda perlu memastikan betul kualitas air untuk ikan cupang agar selalu bersih atau tidak kotor. Kualitas air yang bersih, tentunya membuat ikan cupang akan menjadi sehat dan tumbuh cantik secara maksimal. Dengan begitu, memiliki nilai jual yang tinggi.

Anda harus rajin untuk mengganti air aquarium atau tempat kembang biak, jika sudah terlihat tidak jernih atau kotor. Selain itu, pakan ikan yang berkualitas juga merupakan hal terpenting dalam budidaya ikan cupang. Semakin baik kualitas pakan, maka semakin baik pula tumbuh kembang ikan cupang yang Anda pelihara. Warna sirip ikan cupang yang cerah juga ditentukan dari kualitas pakan yang bergizi tinggi.

Baca:  Hal yang Perlu Diketahui Terkait Dasar Perda Virtual Office

Kisaran Modal Memulai Bisnis Ikan Cupang

Modal Memulai Bisnis Ikan Cupang

Untuk memulai sebuah usaha tentunya membutuhkan modal. Jumlah dan besaran modal usaha itu relatif karena tergantung dari skala usaha serta biaya kebutuhan bisnis. Berikut kami berikan perhitungan kasar mengenai jumlah kisaran modal bisnis ikan cupang:

Biaya Sepasang Indukan Ikan Cupang

Biaya Sepasang Indukan Ikan Cupang

  • Biaya Indukan Kualitas Standar : 300 – 500 Ribu
  • Biaya Indukan Kualitas Bagus : 1 Juta – 4 Juta
  • Biaya Indukan Kualitas Super : 5 juta – 15 Juta
  • Biaya Pembuatan Tempat Pembiakan : 400 ribu – 2 juta
  • Biaya Pakan Ikan Cupang : 300 ribu
  • Biaya Pembelian Peralatan Pendukung : 500 ribu – 1 Juta
  • Biaya Vitamin dan Obat Ikan : 1 juta – 1,5 juta
  • Biaya Operasional : 1 juta – 1,5 juta

Total Kisaran Modal Bisnis Ikan Cupang

Total Kisaran Modal Bisnis Ikan Cupang

  • Biaya Modal Kecil Indukan Kualitas Standar : 3,5 Juta – 5 Juta
  • Biaya Modal Sedang Indukan Kualitas Bagus : 4,3 Juta – 7 Juta
  • Biaya Modal Besar Indukan Kualitas Super : 8,2 Juta – 20 Juta

*Kisaran Jumlah Modal Diatas Hanya Berupa Perkiraan Kasar

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai 4 tips memulai bisnis ikan cupang dan kisaran modalnya . Beberapa tips tersebut, dapat Anda jadikan informasi dan referensi tambahan sebelum memulai usaha ikan cupang secara nyata. Kesuksesan dan keberhasilan usaha tentunya membutuhkan proses dan kerja keras yang tidak mudah. Selamat mencoba berbisnis!



Whatsapp
Call Now