Perencanaan Karir Untuk Fresh Graduate
Blog

Perencanaan Karir Untuk Fresh Graduate

by Vana Viana

Para fresh graduate pastinya masih bingung untuk merencanakan karir untuk merintis masa depannya. Yang diharapkan dari para fresh graduate adalah bekerja di perusahaan bergengsi dan mencari pengalaman kerja sehingga bisa menjadi seseorang yang professional, atau mengumpulkan modal agar bisa membuka usaha. Maka dari itu, para fresh graduate pastinya harus merencanakan perencanaan karir agar karirnya bisa berjalan lancar. Sebenarnya apa yang disebut perencanaan karir?

Merencanakan karir adalah dimana kamu harus memilih tujuan dan jalur karir sehingga mencapai tujuan yang ingin kamu capai. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah kamu tahu kapan harusnya dipromosikan dan juga kemampuan apa yang bisa kamu tunjukkan untuk mendapatkan promosi tersebut. Bagaimanakah perencanaan karir yang benar?

  1. Menilai Dirimu Sendiri

Cara yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenal dirimu terlebih dahulu. Kamu harus mengetahui apa kelebihan dan kekuranganmu, selain itu cari tahulah passion yang akan kamu dalami dalam dunia pekerjaan. Dan yang terakhir kamu juga bisa menentukan visi pribadi kamu, seperti melihat diri kamu untuk 5 – 10 tahun di masa depan. Sehingga ketika kamu bekerja kamu bisa mengerjakannya dengan senang hati dan hasilnya lebih maksimal. Cara ini adalah langkah awal yang baik untuk membuat perencanaan karir yang benar.

 

  1. Kumpulkan Prestasi Yang Pernah Kamu Raih

Kamu bisa mengumpulkan prestasi yang kamu dapatkan semasa kuliah baik di bidang akademik atau juga non akademik. Hal ini bisa kamu lampirkan di lamaran pekerjaan, seperti sertifikat mahasiswa berpestasi lomba – lomba atau aktif berorganisasi saat semasa kuliah. Ini bisa menjadi nilai plus untuk kamu sendiri saat melamar pekerjaan.

 

  1. Catat Kelebihan Dan Kekurangan Profesi Yang Akan Kamu Ambil

Catatlah kelebihan dan kekurangan saat kamu mengambil profesi yang akan kamu ambil. Bandingkan industry apa yang akan kamu ambil dengan industry lainnya. Yang memiliki keuntungan terbanyak bisa kamu pertimbangkan untuk memilih pekerjaannya tersebut. Ingat, jangan ikut – ikutan teman karena temanmu memilih perusahaan yang tidak sesuai dengan kamu. Pilihlah pekerjaan atau perusahaan yang benar – benar kamu inginkan.

 

  1. Manfaatkan Jaringan Yang Kamu Punyai

Kamu bisa mendapatkan pengetahuan dalam dunia pekerjaan dari alumni kampus kamu atau mungkin teman – teman terdekatmu. Lalu juga kamu bisa mengikuti seminar yang berhubungan dengan pekerjaan kamu. Karena dengan membangun koneksi yang bak dapat memungkinkan kamu mendapatkan tawaran pekerjaan atau rekomendasi.

 

  1. Terus Berjuang

Jika kamu masih belum mendapatkan perusahaan yang cocok untuk kamu, jangan menyerah teruslah berjuang! Walau sudah mendapatkan surat panggilan, bukan berarti kamu sudah pasti masuk ke perusahaan tersebut. Pahamilah bahwa dunia kerja memang dunia yang keras untuk dilewati. Namun semua usahamu pasti akan membuahkan hasil!

 

Whatsapp
Call Now