Biografi Singkat Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Perfeksionis

by Nyoman Willy

Biografi Singkat Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Perfeksionis

Siapa sih yang tidak mengenal salah satu ‘bapak teknologi’ yang revolusioner pada tahun abad ke 21 ini, Steve Jobs. Sebagai pendiri Apple menjadi salah satu sosok yang iconic di dunia teknologi. Dimana Steve Jobs sukses mengangkat produk revolusionernya bersama iPhone dan mengubah industri smartphone & teknologi dengan cepat.

Steve Jobs juga sukses menjadi inspirasi untuk banyak sekali entrepreneur & pendiri startup saat ini. Penasaran dengan biografi & kisah hidup dari Steve Jobs? Berikut adalah Rangkuman Biografi Singkat dari sosok Steve Jobs.

Rangkuman Biografi Singkat Steve Jobs

 

Tempat & Tanggal Lahir Steve Jobs

Siapa yang tidak tahu jika Steven Paul Jobs atau Steve Jobs yang lahir di California, 24 Februari 1955 merupakan putra dari Abudulfattah Jandali dan Joanne Simpson yang kemudian diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs. Seorang tokoh bisnis dan sang penemu Apple. Dikenal sebagai tokoh yang hebat dengan karyanya di bidang teknologi. Kemampuan Steve Jobs mulai berkembang pesat saat bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homesteat High School di Cupertino. Di tempat itulah dirinya juga bertemu dengan Steve Wozniak yang mempunyai minat sama dengan dirinya di bidang teknologi.

Jejak Sekolah hingga Steve Jobs Kuliah

Tepatnya di tahun 1972, Steve Jobs lulus sekolah dari SMA bernama Homestead di Cupertino. Kemudian, Reed College di Portland menerimanya sebagai mahasiswa. Sayangnya, pentolan Apple ini dikeluarkan dengan status “dropped out” padahal baru satu semester menjalani masa perkuliahannya. Tak lama setelah dari situ, dirinya kembali mendaftar di kampus yang sama tetapi dengan jurusan yang berbeda yaitu di seni kaligrafi.

Baca:  Biografi Nadiem Makarim

Pada tahun 1974, dirinya kembali ke daerah asalnya dan mulai menghadiri pertemuan bertema “ Homebrew Computer Club”. Pada saat itu mereka berdua, yang juga merupakan teman sekolahnya yang dulu.

Kisah Asal Mula Steve Jobs Mendirikan Apple Pertama Kali

Dua tahun selang, tepatnya pada tahun 1976, dirinya bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne mencoba mendirikan Apple pertamanya yang bernama Apple Computer Co, dengan mendapat suntikan dana dari manajer pemasaran produk dan teknisi semi pensiun Intel A.C, yakni Mike Markula Jr sebelum akhirnya mendirikan teknologi Apple secara bersama – sama.

Steve Jobs mencoba membuat Wozniak tertarik untuk merakit komputer dan kemudian menjualnya. Pada saat Apple terus meluas namanya, perusahaan mulai cari eksekutif yang berpengalaman untuk membantu pengelolaan ekspansinya. Komputer pertama yang dikenalkan Steve Jobs dan Wozniak ini diberi nama sebagai Apple I. lalu pada tahun 1977 mereka berdua kembali memperkenalkan Apple II kepada publik. Sejak itulah penjualan Apple II berkembang cukup pesat. Dan di tahun 1980 pendiri Apple Computer sekaligus penemu Apple Computer Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak kembali memperkenalkan Apple III, akan tetapi perkembangannya tak sebaik saat kenalkan Apple II.

Di tahun 1983, mereka berdua menggaet Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi Cola untuk memimpin Apple Computer. Pada tahun itulah perusahaan Apple Computer mengenalkan produk terbarunya yakni Apple Lisa dengan teknologi yang lebih canggih dan tergolong sangat maju. Akan tetapi pada kenyataannya produk terbaru yang diluncurkan tersebut gagal di pasaran. Dan di tahun 1984, perusahaan Apple ini kembali mencoba terus dan berinovasi mengenalkan produk komputer, yaitu Macintosh. Macintosh merupakan komputer pertama yang telah berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka berupa penggunaan grafis.

Baca:  Bob Sadino, Salah Satu Orang Sukses Di Indonesia

Macintosh menjadi komputer kecil pertama dan berbeda yang berhasil secara komersial dengan antarmuka penggunaan grafis. Pengembangan Macintish dimulai dari Jef Raskin, lalu diambil alih Steve Jobs. Kesuksesan Macintosh menjadikan Apple menelantarkan Apple II demi kembangkan produksi Macm yang masih bertahan hingga sekarang. Tapi, dibawah kepemimpinan Sculley ternyata dirinya tidak merasa cocok. Ada banyak hal yang kurang sejalan antara keduanya dan penurunan penjualan di semua industri jelang akhir 1984 terjadi, ini mengakibatkan hubungan keduanya tak baik sampai akhir tahun 1985 Sculley mengeluarkan dirinya dari perusahaan Apple.

Steve Jobs memang sudah sangat populer dan diterbitkan dalam berbagai macam media seperti buku Biografi Steve Jobs karya Walter Isaacson dan masih banyak dimana-mana. Steve Jobs dengan kisah hidup yang menginspirasi banyak orang. Itulah biografi sang pendiri dan penemu Apple yang bisa diinformasikan. Semoga biografi singkat Steve Jobs tersebut dapat bermanfaat.



Whatsapp
Call Now