Profil Rudy Salim, Pengusaha Mobil Super Mewah yang Dekat Dengan Rafi Ahmad

by Muhammad Zafrullah

Profil Rudy Salim, Pengusaha Mobil Super Mewah yang Dekat Dengan Rafi Ahmad

Menggapai kesuksesan di usia muda tentunya menjadi impian banyak orang. Jalan menuju kesuksesan tentu tidak mudah dan membutuhkan sebuah proses yang panjang. Kemauan yang tekun, keinginan belajar hal baru, kerja keras dan doa menjadi pijakan untuk mencapai kesuksesan di usia muda.

Sosok Rudy Salim berhasil menjadi contoh orang yang berhasil menggapai kesuksesan di usia muda. Ia sendiri merupakan salah satu pengusaha sukses yang memiliki penghasilan miliaran di Indonesia. Namanya naik dan menjadi perhatian masyarakat ketika artis papan atas Raffi Ahmad melakukan kolaborasi vlog di showroom mobil super mewah miliknya.

Jika kita melihat keberhasilan dari seorang pemuda ini, tidak kalah dengan Nadiem Makarim. Mengingat usaha yang dijalani kedua pebisnis ini bergelut di bidang otomotif. Namun, yang jadi perbedaannya adalah Nadiem menggeluti transportasi umum. Sedangkan Rudy sendiri penjualan mobil mewah atau super car.

Biodata Rudy Salim yang Harus Dunia Otomotif Ketahui

Biodata Rudi Salim yang Harus Dunia Otomotif Ketahui

Rudy Salim lahir pada tanggal 24 April 1987 di Ibukota Jakarta, ia merupakan sosok pengusaha muda di berbagai bidang. Sekaligus produser film, yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad membangun RA Pictures.

Rudy dibesarkan dalam keluarga yang cukup mapan, keluarganya merupakan lingkar keluarga dengan profesi dokter yang memiliki ‘nama’ di Indonesia. Ia juga dipersiapkan sejak dini untuk menjadi seorang dokter seperti kebanyakan profesi keluarganya.

Pengusaha muda ini merupakan seorang suami yang memiliki istri bernama Tiffany Kosasih dan resmi menikah pada tanggal 24 April 2011 di Gereja Pantekosta, Jakarta. Ia dan istri memiliki dua buah hati dari pernikahannya, satu anak perempuan dan satu anak laki-laki. Anak perempuan mereka bernama Vanessa Salim dan anak laki-laki mereka tidak disebutkan namanya kepada publik.

Latar Belakang Rudy Salim

Latar Belakang Rudi Salim

Sebelum menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, Rudy Salim pernah mengenyam pendidikan kedokteran di dua kampus yang berbeda. Rudy yang pada saat itu merasa bahwa menjadi dokter bukanlah passion dan keinginannya. Sehingga ia tidak menyelesaikan kuliahnya dan di drop out dari kampus.

Ia merasa bahwa dunia bisnis dan otomotif lebih menarik baginya, sehingga satu-satunya alasan Rudy mau mencoba jurusan kedokteran. Yang mana merupakan iming-iming dari orang tuanya yang akan membelikan sebuah mobil Mercedes.

Setelah keluar dari perkuliahan kedokteran akhirnya ia mecoba menggeluti dunia bisnis dengan menjual mobil Mercedes dari orangtuanya seharga 400 juta sebagai modal awal dalam berbisnis. Uang hasil penjualan mobil tersebut ia gunakan untuk membuka bisnis sesuai idenya.

Perjalanan Membangun Bisnis

Perjalanan Membangun Bisnis

Sebenarnya sedari usia muda yaitu di umur 19 tahun, ia sudah memiliki bisnis di bidang game online di tahun 2009. Akan tetapi, usahanya tersebut belum dapat menghasilkan keuntungan. Hingga pada tahun 2013, usaha game online tersebut baru bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Sedangkan dari hasil menjual mobil pemberian orang tuanya, Rudy Salim akhirnya mulai menjalankan bisnis yaitu pinjaman online. Bisnis pinjaman online tersebut berasal dari ide dan peluang saat dirinya sering mengobrol dengan temannya yang memiliki bisnis toko elektronik.

Toko tersebut pada saat itu memiliki sistem pembiayaan customer yang ingin membeli produk elektronik. Hal tersebutlah yang dilihat Rudy Salim sebagai peluang untuk membuat gagasan pinajaman dan transaksi kredit online.

Membangun Bisnis Pinjaman Online Itu Tidak Mudah

Membangun Bisnis Pinjaman Online Itu Tidak Mudah

Dengan kerja keras dan ketekunan menjalankan usaha pinajaman online tersebut akhirnya ia berhasil mendirikan PT Excel Trade Indonesia. Usaha tersebut berkembang dan saat ini sudah memiliki 8 cabang di seluruh Indonesia.

Ia mengaku bahwa tidak mudah menjalankan bisnis pinajaman online ini karena pernah di tipu hingga belasan juta. Dan modal dari menjual mobil tersebut tidaklah cukup untuk menutupi biaya operasional selama dua minggu. Sehingga ia menambah modal kembali dari hasil menjual usaha karaoke milik ibunya. Hal ini membuat ia dan keluarga sempat cekcok untuk meyakinkan orang tuanya.

Setelah itu usaha pinjaman online miliknya semakin berkembang hingga mendapatkan 600 pelanggan di 6 bulan pertamanya. Akhirnya setelah 3 tahun lamanya bisnis ini berjalan akhirnya perusahaan bisnisnya itu bisa merasakan keuntungan. Bahkan, omzet yang dimiliki perbulannya mencapai angka di atas satu miliar rupiah.

Membangun Bisnis Mobil Super Mewah yang Banyak Tantangan

Membangun Bisnis Mobil Super Mewah yang Banyak Tantangan

Tidak lupa dari kesuksesan bisnis game online dan pinjaman online, Rudy Salim mengumpulkan modal dan mengembangkan bisnis usahanya di bidang otomoti. Ia sangat menyukai dengan menjual mobil-mobil mewah, bahkan mobil super mewah. Di tahun 2012, Rudy mempelajari cara mendatangkan dan menjual mobil mewah termasuk aturan pajak di Indonesia.

Akhirnya di akhir tahun 2012, ia resmi membuka showroom mobil-mobil mewah dan super mewah dengan nama Prestige Image Motorcars. Pemilihan bisnis ini sebenarnya sangat beresiko menurut Rudy. Karena pangsa pasar usaha ini sangat terbatas di kalangan tertentu saja, namun bisnis ini lebih didasari oleh passion dan kecintaan ia pada dunia otomotif terutama mobil.

Di awal menjalankan Prestige Image Motorcars, Rudy Salim hanya bisa mengimpor 3 buah mobil super mewah saja. Berkat kepiawain dalam berbisnis dan memiliki jaringan kenalan yang luas maka ketiga mobil tersebut laku terjual. Selain itu, membuat usahanya ini terus berkembang bahkan ke client luar negeri.

Usahanya ini pernah mencatat rekor penjualan mobil super mewah tertinggi pada tahun 2016 yaitu 19 mobil laku terjual. Saat ini Prestige Image Motorcars merupakan showroom satu-satunya yang mampu menyediakan mobil hypercar dari brand mobil Buggati dan Koenigsegg di Indonesia. Showroom ini juga tercatat menyediakan penjualan mobil elektrik Telsa tipe 3 pertama di tanah air.

Beragam jenis mobil super car, luxry car, bahkan hypercar terpanjang di showroom miliknya dengan brand ternama seperti Ferrari, Roll Royce, Tesla, Buggati, dan Koenigsegg. Harga dari mobil-mobil super mewah tersebut tidak main-main mahalnya.

Karena dibanderol dengan harga mulai 3 miliar rupiah yang termurah, hingga harga 90 miliar rupiah bahkan lebih.
Rudy Salim menjelaskan bahwa pihaknya hanya mengambil margin keuntungan paling kecil sebanyak 5%. Dan ia juga menyadari bahwa usaha mobil super mewahnya ini tidak selalu ramai seperti bisnis lainnya.

Namun berkat usaha mobil super mewahnya inilah, citra nama dan perusahaanya semakin dikenal masyarakat Indonesia. Dan profil Rudy Salim semakin banyak diliput media bersama kalangan selebriti dan tokoh pejabat.

Rudy menyebutkan bahwa tantangan menjalankan bisnis ini ialah pajak yang besar untuk barang mewah di Indonesia. Sehingga harga mobil bisa menjadi 2-3 kali lipat dibanding harga aslinya. Selain itu ia juga menyebutkan proses administrasi yang panjang berupa dokumen, izin, dan pajak. Ini membuat margin keuntungan dalam bisnisnya, diambil kecil agar dapat terjangkau pasar dan laku di tanah air.

Kedekatan dengan Tokoh dan Artis Seperti Rafi Ahmad

Kedekatan dengan Tokoh dan Artis Seperti Rafi Ahmad

Dilihat kedekatan Rudy Salim dengan banyak tokoh dan artis seperti Rafi Ahmad, Luna Maya, Fransen Susanto, Bambang Soesatyo, Hendropriyono, sekaligus menjalin relasi. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, dalam hal promosi bisnis dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Ia bersama Raffi Ahmad membangun sebuah rumah produksi dengan nama RA Pictures yang memproduksi film-film lokal, yang sudah ditayangkan di bioskop-bioskop tanah air. Raffi juga sering mengajak Rudy di vlog youtube miliknya, sehingga banyak masyarakat sudah mengetahui persahabatan mereka.

Kesuksesan Rudy Salim Saat Ini

Kesuksesan Rudy Salim Saat Ini

Kesuksesan Rudy Salim saat ini tentu tidak terlepas dari proses kerja keras yang panjang dan penuh tantangan. Terdapat sekitar 13 jenis lini usaha yang telah ia miliki meliputi. Seperti bidang keuangan, rumah produksi, showroom mobil mewah, ritel, informasi teknologi, hingga F&B atau kuliner.

Ia juga aktif membagikan ilmu dan motivasi kesuksesannya melalui media sosial dan seminar-seminar bisnis dan usaha, sebagai pembicara agar dapat menginspirasi orang banyak di Indonesia.

Kekayaan Rudy Salim

Kekayaan Rudy Salim

Untuk kekayaan Rudy Salim sendiri tidak ada informasi detail mengenai hal itu. Akan tetapi kita dapat mengetahui, bahwa berbagai usaha dan bisnis perusahaanya saat ini menghasilkan omzet miliaran rupiah perbulannya. Serta ia juga memiliki hobi mengkoleksi jam tangan mewah, jika ditotal bisa mencapai angka 30 miliar rupiah yang tayang dari konten vlog youtube milik Raffi Ahmad.

Daftar Bisnis Rudy Salim yang Jarang Diketahui Orang

Daftar Bisnis Rudy Salim yang Jarang Diketahui Orang

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Rudy Salim sering digadang-gadang dengan sebutan ‘Crazy Rich’ Indonesia. Berikut daftar bisnis si pemilik bisnis mobil super mewah:

  1. Prestige Image Motorcars (Bisnis Mobil Super Mewah)
  2. Excel Trade Indonesia (Bisnis Pinjaman Online)
  3. Automo (Bisnis Rental Kendaraan)
  4. Sainmaco (Bisnis Bank Virtual)
  5. Time Machine 2 Escape Game (Bisnis Game Online)
  6. Maze Market (Area Kuliner & Belanja)
  7. Space Food Destination (Food Court)
  8. Cherie (Kuliner Crossaint)
  9. Kastera Castella (Bisnis Kue Bareng Luna Maya)
  10. Take & Bite (Cafe & Resto)
  11. Mango Bomb (Bisnis Jus Mangga)
  12. RA Pictures (Rumah Produksi Bareng Raffi Ahmad)

Itulah ulasan lengkap mengenai profil Rudy Salim si pengusaha muda Indonesia yang sukses dalam berbagai lini bisnis. Banyak hal yang dapat kita pelajari dari sosok ini dalam memulai bisnis. Seperti keberanian mengambil resiko, jeli melihat peluang dari masalah, dan pendidikan bukanlah halangan untuk kamu bisa sukses dan maju.



Whatsapp
Call Now