Mudah Untuk Dicoba! 5 Bisnis UKM yang Menguntungkan di Bulan Puasa

by Muhammad Zafrullah

Mudah Untuk Dicoba! 5 Bisnis UKM yang Menguntungkan di Bulan Puasa

Waktu bulan puasa sudah tiba, banyak peluang usaha baru yang dapat Anda jalankan untuk meraih untung atau penghasilan tambahan. Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi seseorang yang ingin memulai bisnis UKM. Dikarenakan kebutuhan dan konsumsi masyarakat meningkat pesat pada waktu tersebut.

Beberapa kebutuhan dan konsumsi itu seperti baju lebaran, jajanan buka puasa, kue-kue lebaran, ketupat, daging sapi, takjil, hingga buah kurma. Hal ini juga di dukung oleh daya beli masyarakat yang meningkat dengan adanya THR lebaran bagi para pekerja. Terdapat banyak bisnis UKM yang menguntungkan di bulan puasa untuk Anda coba. Oleh sebab itu, kami akan membahasnya khusus utnuk Anda yang membaca artikel ini.

Miliki Hal Ini Untuk Meraih Penghasilan Tambahan

Miliki Hal Ini Untuk Meraih Penghasilan Tambahan

Sebagai informasi tambahan, dalam menjalakan sebuah bisnis tentunya uang atau untung menjadi salah satu tujuannya. Uang dapat diraih apabila bisnis yang dijalankan diminati dan dipercaya oleh pelanggan atau calon konsumen. Tanpa kepercayaan, maka sulit bagi sebuah bisnis untuk berkembang dan maju serta menghasilkan untung yang diharapkan.

Legalitas atau status resmi usaha dapat menjadi nilai plus bagi sebuah usaha untuk dipercaya oleh masyarakat. Office99 merupakan mitra usaha yang dapat membantu bisnis Anda mendapatkan legalitas usaha. Terdapat layanan pembuatan PT murah bagi berbagai macam usaha yang bisa Anda pilih paketannya. Biaya membuat PT di Office99 dapat menyesuaikan dengan skala usaha yang Anda miliki baik kecil, sedang, atau besar.

Berikut 5 Bisnis UKM yang Menguntungkan di Bulan Puasa:

1. Jajanan Takjil Ramadhan

Jajanan Takjil Ramadhan

Salah satu hal yang selalu hadir dan tidak pernah lepas dari bulan puasa ialah jajanan takjil. Jajanan ini sangat diminati oleh banyak masyarakat sebagai menu bukaan untuk membatalkan puasa. Oleh karena itu, bisnis takjil dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang dapat menguntungkan di bulan Ramadhan.

Beberapa menu jajanan takjil yang banyak disukai dan diminati seperti kolak pisang, bubur sum-sum, gorenganes teler, es kopyor, es buah, puding cokelat, hingga kurma. Jajanan takjil disukai, karena banyak orang yang memilih berbuka dengan menu manis atau jajanan kecil. Ketimbang langsung buka puasa dengan makanan berat.

2. Kue Lebaran Kekinian

Kue Lebaran Kekinian

Bisnis UKM yang menguntungkan di bulan puasa salah satunya ialah bisnis kue-kue lebaran. Momen lebaran menjadi ajang silahturahmi dan kebersamaan dengan keluarga besar bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Di momen tersebut kue lebaran menjadi sajian pelengkap yang tidak terpisahkan dan selalu hadir di tengah hangatnya silahturahmi.

Permintaan akan kue lebaran memang tidak pernah sepi menjelang hari raya. Hal ini dapat menjadi peluang usaha UKM musiman yang menjanjikan dan menguntungkan di bulan puasa. Beberapa jenis kue-kue lebaran yang banyak diminati dan disukai masyarakat Indonesia seperti kue nastar, kue putri salju dan jenis kue lebaran lainnya.

3. Jual Ketupat Lebaran

Jual Ketupat Lebaran

Permintaan akan ketupat di bulan puasa akan meningkat drastis menjelang waktu lebaran atau hari raya. Sehingga bisnis jualan ketupat bisa dijadikan salah satu pelaku UKM yang dapat meraup keuntungan di bulan puasa. Ketupat sangat diminati menjelang hari raya, karena banyak hidangan utama lebaran yang membutuhkan ketupat sebagai pendamping utama pengganti nasi.

Beberapa hidang utama yang biasa disandingkan dengan ketupat seperti sayur ketupat, semur daging, opor ayam, opor daging, hingga rendang. Anda dapat memilih untuk menjual ketupat dengan isian atau hanya anyaman ketupatnya saja. Kedua hal tersebut tetap diminati dan dibutuhkan menjelang lebaran.

4. Jualan Pakaian Muslim

Jualan Pakaian Muslim

Membeli dan memakai pakaian baru telah menjadi bagian tradisi yasaat lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tren ini dapat Anda lihat saat menjelang hari raya, maka banyak orang yang berbondong-bondong datang ke pusat perbelanjaan seperti pasar atau mall hanya untuk membeli pakaian baru.

Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari keinginan banyak orang ingin tampil maksimal pada saat hari raya lebaran. Ketika bertemu dan bersilahturahmi dengan banyak orang, baik keluarga dan orang-orang yang dikenal. Tidak heran, jika bisnis jualan pakaian muslim menjadi peluang emas untuk menghasilkan jutaan rupiah bagi Anda yang menjalani bisnis UKM di bulan puasa.

5. Es Buah Segar

Es Buah Segar

Bisnis minuman dapat menjadi bisnis usaha UKM yang menguntungkan pada bulan Ramadhan. Salah satu hidangan minuman yang banyak digemari dan dicari selama bulan puasa yaitu es buah. Sajian ini banyak dicari, karena bisa memberikan rasa segar bagi orang yang menjalankan ibadah puasa. Sehingga cocok sebagai minuman manis pembuka puasa.

Dengan begitu, menjalankan usaha es buah memang memiliki prospek manis seperti rasanya. Tidak jarang para pelaku bisnis es buah, diserbu banyak orang menjelang waktu berbuka. Selain dapat menguntungkan, usaha ini juga mudah dijalankan dengan bahan baku yang tidak sulit dicari.

Semakin banyak varian buah di dalamnya, maka semakin nikmat dan segar es buah yang akan disantap. Anda dapat menjalankan bisnis es buah di lokasi yang dekat dengan jalan raya atau area yang banyak dilalui orang.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 5 bisnis UKM yang menguntungkan di bulan puasa. Informasi tersebut dapat Anda jadikan sebagai wawasan tambahan dan ide bisnis di bulan puasa. Beberapa bisnis memang memiliki peluang lebih besar di waktu tertentu seperti bisnis-bisnis yang telah dibahas. Anda dapat meraih uang jutaan, apabila dapat memanfaatkan peluang bisnis UKM yang ada di bulan yang penuh berkah ini.



Whatsapp
Call Now