Pahami Berbagai Jenis Tenaga Kerja di Indonesia!
Blog

Pahami Berbagai Jenis Tenaga Kerja di Indonesia!

by Vana Viana

Setiap perusahaan pasti membutuhkan berbagai jenis tenaga kerja untuk menjalankan usahanya agar bisa berjalan lancar. Bukan hanya penting untuk suatu perusahaan, namun juga sangat berpengaruh dengan perekonomian suatu negara. Dan setiap tenaga kerja mempunyai keunikkannya masing – masing. Umumnya tenaga kerja terdiri dari penduduk yang berada dalam usia kerja, usia tersebut biasanya dimulai dari umur 18 tahun sampai dengan 64 tahun. Tenaga kerja sendiri biasanya dilihat dari beberapa aspek, seperti sifatnya, kualitasnya dan kemampuannya dalam dunia kerja.

  1. Tenaga Kerja Menurut Sifatnya

Tenaga kerja berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 2, yaitu tenaga kerja jasmani dan tenaga kerja rohani.

 

  • Tenaga Kerja Jasmani

Tenaga kerja jasmani  adalah tenaga kerja yang banyak mencakup kegiatan pelaksanaan yang produktif dan produksi. Dengan kata lain tenaga kerja jasmani biasanya lebih mengandalkan tenaganya selama bekerja.

 

  • Tenaga Kerja Rohani

Tenaga kerja rohani sendiri biasanya lebih mengandalkan kemampuannya dalam berfikir. Tenaga kerja rohani memiliki kegiatan yang menggunakan pikiran dan otaknya yang produktif dalam memuat proses produksi.

 

  1. Tenaga Kerja Menurut Kemampuannya

Tenaga kerja jenis ini dibagi menjadi 3, yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih dan tenaga kerja tidak terdidik.

 

  • Tenaga Kerja Terdidik

Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki riwayat pendidikan yang cukup tinggi. Pendidikan tertinggi pada tenaga kerja terdidik adalah minimal lulusan sarjana. Tenaga kerja terdidik seperti guru, dokter atau yang lainnya.

 

  • Tenaga Kerja Terlatih

Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang mengandalkan keterampilan khusus, keterampilan yang dimilikinya dan biasanya tidak dimiliki orang lain. Untuk menjadi tenaga kerja terlatih tidak membutuhkan riwayat pendidikan yang tinggi. Namun hanya perlu menguasai keterampilan tertentu dan juga memiliki daya tangkap yang baik. Selain itu tenaga kerja terlatih biasanya sudah melewati beberapa pelatihan khusus.

 

  • Tenaga Kerja Tidak Terdidik

Tenaga kerja tidak terdidik adalah tenaga kerja yang tidak memiliki riwayat oendidikan yang cukup dan juga tidak memiliki keterampilan. Namun mereka mengandalkan tenaganya untuk bekerja. Tenaga kerja tidak terdidik juga tidak memerlukan pelatihan atau pendidikan khusus. Biasanya yang termaksud ke dalam tenaga kerja tidak terdidik adalah kuli.

 

  1. Tenaga Kerja Menurut Jenis Pekerjaannya

Tenaga kerja menurut jenis pekerjaannya dibagi menjadi tiga, yaitu tenaga kerja lapangan, tenaga kerja pabrik dan tenaga kerja kantor.

 

  • Tenaga Kerja Pabrik

Tenaga kerja pabrik adalah tenaga kerja yang bekerja di bagian produksi dan biasanya bekerja di sebuah pabrik.

 

  • Tenaga Kerja Lapangan

Tenaga kerja lapangan yang biasanya langsung terjun ke lapangan. Biasanya yang termaksud karyawan lapangan berada di posisi marketing atau pemasangan di lapangan.

 

  • Tenaga Kerja Kantor

Tenaga kerja kantor sendiri sudah pasti bekerja di dalam kantor atau instansi atau perusahaan. Contohnya seperti HRD, administrasi atau bagian finance dan masih banyak lagi.

 

 

Whatsapp
Call Now