Memilih Warna Interior Kantor Terbaik Bagi Efek Psikologis

by rudi

Memilih Warna Interior Kantor Terbaik Bagi Efek Psikologis

Saat memilih warna interior kantor, pertimbangkan warna terbaik bagi efek psikologis yang baik terutama untuk orang-orang yang beraktifitas di kantor itu.

Apakah Anda sedang bingung memilih warna interior yang cocok bagi ruangan kantor Anda? Jangan lupa, bahwa warna interior kantor mampu menciptakan dan memengaruhi perasaan dan suasana hati setiap orang yang melihatnya seperti karyawan dan klien.

Setiap warna akan memiliki arti tersendiri dan menciptakan suasana hati yang berbeda, seperti ketenangan, gembira, semangat, hingga rasa panik. Dengan demikian, Anda harus mempertimbangkan warna yang dapat memberikan pengaruh positif pada mereka yang terkait.

Anda sebaiknya memahami teori pemilihan warna khusus untuk diterapkan pada warna interior kantor, agar dapat memberikan efek psikologi yang positif. Meskipun efek yang timbul dari warna juga bisa berbeda pada setiap orang tergantung usia, budaya, ras, dan pengalaman hidup.
Warna dan Efek Psikologis yang Diberikan

  1. Merah

    Warna merah adalah warna yang melambangkan api, panas, gairah, dan kekuatan. Warna merah mampu memberikan efek agresif, membuat seseorang lebih energik dan hangat. Meskipun warna merah mampu merangsang karyawan untuk bekerja dan cepat bergerak, meski dapat mengganggu. Oleh karenanya, disarankan tidak menggunakan warna merah yang terlalu dominan sebagai warna interior kantor.

  2. Biru

    Sebagai warna yang sempurna, warna biru dapat memengaruhi pikiran seseorang dengan mendalam. Warna biru dapat memberikan rasa tenang, damai, aman, dan tepercaya. Warna ini bisa dikombinasikan dengan warna putih atau warna ringan lain, asal jangan berlebihan karena bisa memberikan suasana sedih. Banyak perusahaan keuangan menerapkan warna ini untuk menimbulkan kepercayaan dari klien.

  3. Kuning dan Oranye

    Warna kuning mampu memberikan antusiasme, kebijaksanaan, kehangatan, ceria, simpati, sekaligus rasa takut. Sedangkan warna oranye melambangkan kebersihan dan keberanian, serta membuat lebih enerjik. Kedua warna ini cukup mencolok, sehingga aplikasinya cocok digunakan di mal atau booth produk untuk menarik perhatian orang. Namun, penggunaannya tidak boleh terlalu dominan untuk menghindari efek berlebih.

  4. Putih

    Warna putih mampu memberikan efek segar dan damai bila digunakan untuk warna interior kantor. Warna ini bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas dan terlihat lebih segar dan hidup. Warna putih dapat memberikan rasa ketenangan, dingin, kepercayaan, dan kemurnian.

  5. Hijau

    Hijau merupakan warna alam yang melambangkan harapan, kelimpahan, dan keberuntungan. Warna yang cocok untuk ruang kantor dan mudah dicampur dengan warna lain. Warna hijau ini sering dikaitkan dengan dunia kesehatan dan ketenangan, oleh karenanya sering diaplikasikan pada rumah sakit serta klinik kesehatan yang menggunakan bahan alami.

  6. Ungu

    Warna ungu serasi dikombinasikan dengan warna lain seperti krem, kuning, dan hijau zamrud. Warna ini dapat menghadirkan kesan mewah, respek, dan bijaksana, di samping dingin. Selain itu, warna ungu juga mampu memberikan tampilan yang dramatis. Warna ini sering diaplikasikan untuk produk kecantikan atau antipenuaan dini.

  7. Hitam

    Warna hitam sering dikaitkan dengan kekuatan, otoritas, kebijaksanaan, dan stabilitas. Untuk warna interior kantor, warna hitam bisa diaplikasikan dengan dipadukan dalam jumlah kecil dengan warna-warna kontras. Jika diaplikasikan dengan benar, warna hitam mampu memberikan aura yang anggun dan elegan pada sebuah ruangan. Warna ini sering digunakan untuk produk peralatan olahraga dan alat musik.

Nah, itulah pemilihan warna interior kantor sesuai psikologis yang bisa Anda aplikasikan karena bisa memengaruhi karyawan dan klien Anda. Namun, perlu diingat jika tidak ada pilihan warna yang bisa memuaskan setiap orang. Setidaknya Anda telah mencobanya bukan?

!

Baca:  Cara Cerdas Mendekorasi Ruang Kerja yang Sempit supaya Terlihat Luas


Whatsapp
Call Now