Selain membuat kantor lebih berwarna, mendesain ulang interior kantor akan membuat karyawan semakin nyaman dan giat bekerja.

Interior kantor biasanya identik dengan bilik-bilik kerja kelabu dan tembok berwarna senada. Hal tersebut juga dilengkapi dengan penataan ruang yang monoton atau penempatan furnitur kaku khas corporate. Bagi mereka yang lama berkecimpung di dunia kerja, hal tersebut mungkin tampak familiar.

Tapi bagi para pekerja muda, suasana semacam ini dapat membuat mereka mudah bosan. Tidak heran jika sebuah survei menunjukkan, bahwa sekitar 87% pekerja muda lebih sering berpindah kerja setidaknya empat sampai lima kali dalam kurun waktu sebentar.

Pekerja muda memang memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dibandingkan para senior. Mereka cenderung lebih bersemangat jika lingkungan kerja menarik dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa interior kantor memiliki pengaruh terhadap produktivitas karyawan. Itulah sebabnya interior kantor startup terbaik dan kelas dunia seperti google dan facebook pasti dibuat menarik dan menyenangkan.

Nah, agar karyawan lama dan baru tidak mudah bosan dan selalu bersemangat, ada beberapa ide interior menarik untuk diaplikasikan pada kantor. Yuk, kita simak ulasan berikut ini!

  1. Hilangkan bilik-bilik kerja

    Mungkin pada awalnya bilik kerja dibuat agar karyawan fokus pada pekerjaan mereka masing-masing sehingga target kantor tercapai. Tapi ide yang awalnya efektif tersebut, belakangan malah membuat kantor tampak lebih sempit. Untuk memberi nafas yang berbeda pada interior kantor, hilangkan bilik-bilik kerja di ruangan Anda.
    Sebagai gantinya, letakkan meja panjang di tengah yang bisa digunakan bersama karyawan lain. Dengan posisi duduk yang saling berhadapan, setiap karyawan bisa berkomunikasi dengan baik saat bekerja. Agar lebih menarik, tambahkan sofa di sudut lain ruangan yang juga dapat digunakan untuk bekerja.

    Ide Interior Kantor Antibosan
  2. Ganti furnitur kantor

    Selain menghilangkan bilik-bilik yang membatasi antar karyawan, gantilah furnitur kantor dengan barang-barang minimalis berwarna-warni. Selain dapat menambahkan kesan ceria pada interior kantor, furnitur warna-warni juga akan membuat ruangan tampak lebih menarik serta menyenangkan.
    Agar tampak harmonis, pilihlah warna-warna kontras yang tajam, seperti paduan oranye, hitam, hijau toska, atau abu-abu, merah muda, dan biru muda. Ingat, selain warna, utamakan pula kenyamanan dan efektivitas furnitur, Pastikan yang dibeli memang benar-benar kita butuhkan dan didesain untuk membuat nyaman penggunanya.

    Ide Kantor Antibosan

    Shat Al Arab Building

  • Beri hiasan dinding menarik

    Dinding pada kantor biasanya dibiarkan kosong, jika ada yang dipasang, biasanya hanya papan tugas, jam dinding, atau hal-hal membosankan lainnya. Nah, agar ruangan tampak lebih menarik, pasanglah hiasan-hiasan dinding untuk mempercantik interior kantor.
    Anda bisa memasang lukisan, wallpaper bermotif, tanaman merambat palsu, atau logo perusahaan yang didesain dengan warna dan lampu yang menarik. Selain memperindah ruangan, hiasan-hiasan tersebut juga bisa menghadirkan pemandangan berbeda untuk karyawan yang setiap hari harus menatap layar komputer.

    Ide Kantor Antibosan
  • Tambahkan sudut santai

    Duduk seharian dan menatap layar komputer seringkali membuat badan terasa pegal. Agar karyawan tidak mudah lelah saat bekerja, sediakan sudut santai untuk mereka di salah satu bagian ruangan. Penambahan sudut santai pada interior kantor akan membuat susana kerja semakin menyenangkan.
    Misalnya, Anda bisa meletakkan kolam mini yang digunakan untuk merendam kaki lengkap dengan air terjun mungilnya, atau kursi berbentuk ayunan yang bisa dipakai untuk bersantai. Anda juga dapat menambahkan beberapa peralatan olahraga, sofa untuk bersantai, atau bahkan mesin permainan yang akan membuat karyawan semakin betah.

    Kantor Bukalapak

    Kantor Bukalapak