Sebagai tempat rutinitas bagi karyawan yang bekerja di dalamnya, desain kantor perlu dibuat tidak membosankan bahkan mampu memberikan semangat dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Bila ditelaah lebih jauh menentukan tata ruang terbaik bagi perusahaan tidak semudah membalikkan tangan. Perusahaan yang cerdas pasti akan memahami bahwa ruang kerja merupakan bagian dari business tool. Lingkungan kantor merefleksikan nilai utama sebuah bisnis melalui penempatan tim yang berbeda. Fungsi serta elemen desain kantor bahkan merefleksikan budaya, merek, dan nilai perusahaan.

Nah, ini 5 hal penting yang perlu ditelaah sebelum perusahaan menata desain kantornya.

  1. Desain sesuai Budaya Perusahaan

    Setiap organisasi memiliki budaya uniknya atau personalitasnya. Desain kantor yang luar biasa harus mengenali hal yang membuat berbeda dari pesaingnya. Apa saja karakteristik terbaik yang dimiliki yang tentunya menarik pelanggan terbaik Anda.
    Selain itu, pertimbangkan hal apa saja yang bisa menarik talenta terbaik dan membantu semangat tim dalam organisasi. Oleh karenanya Anda perlu meluangkan waktu untuk mendefinisikan dan menggambarkan budaya perusahaan ini, sebelum menerapkan layout dan desain kantor yang tepat.

  2. Desain Kantor yang Menginspirasi dan Memotivasi

    Keseimbangan antara kerja dan hidup menjadi hal penting dan generasi muda saat ini ingin menggabungkan keduanya. Kerja adalah kehidupan dan kehidupan adalah kerja. Mereka tidak lagi mencari personal time lebih banyak, melainkan makna lebih dari apa yang dikerjakan. Pekerjaan menjadi bagian hidup sehingga tidak hanya ingin menikmati tetapi merasakan perbedaan yang mereka buat pada dunia.
    Nah, pandangan terhadap dunia kerja seperti ini jelas membantu memberikan inspirasi lebih pada inovasi, kreativitas, dan produktivitas. Karyawan akan berusaha memberikan yang terbaik karena mereka terinspirasi. Oleh karena desain kantor yang lebih disukai oleh karyawan milenial ini akan membuat mereka lebih bergembira. Pada akhirnya mereka akan lebih cocok bersama kolega, dan tentu saja lebih produktif.

  3. Mempertimbangkan Dinamika Kantor

    Mengamati bagaimana cara tim Anda menggunakan ruangan, menjadi cara terbaik untuk mendapatkan desain kantor yang tepat bagi perusahaan Anda. Bagaimana tim Anda berinteraksi, hambatan mereka dalam bekerja sama, apa yang sesuai dan apa yang tidak sukses diterapkan, apa yang banyak dikeluhkan karyawan?
    Semua itu bisa menjadi pertimbangan yang dapat memberikan bahan pemikiran bagus bagi Anda untuk sebuah desain kantor. Anda bisa melihat segala sesuatu dengan lebih jelas, tidak hanya melihat dari sisi luarnya saja.

  4. Desain dengan Stimulasi Visual

    Sebagai makhluk visual, apa yang kita lihat memberikan dampak terhadap kondisi psikis kita. Inilah yang menjadi alasan desain kantor harus selalu menyenangkan untuk dilihat. Pilihan warna menjadi bagian penting dari desain kantor Anda.
    Pilihlah warna yang sesuai dengan budaya perusahaan, jenis pekerjaan yang dilakukan, dan hasil yang diinginkan. Selain warna, ciptakan ruangan bagi karyawan untuk dapat memajang hobi mereka. Ini akan membantu mereka menunjukkan nilai dan pencapaian, yang juga dihargai seperti halnya pencapaian dalam pekerjaan mereka.

  5. Desain terkait Cahaya

    Cahaya alami menjadi hal yang esensial dalam kualitas hidup, sehingga dianggap juga memengaruhi karyawan baik psikologis maupun fisiologis. Sebagian besar desainer menekankan kebutuhan seseorang untuk mendapatkan akses terhadap cahaya alami ini. Jadi usahakan untuk membuang dinding kubikasi, ganti dengan menggunakan dinding kaca yang bisa dipindahkan atau bahkan ruangan dengan desain kantor terbuka.

Nah, itulah 5 faktor yang bisa Anda pertimbangkan saat hendak menerapkan layout dan desain kantor yang luar biasa. Ternyata mendesain kantor tidak hanya asal desain, tetapi lebih dalam dari itu. Selamat mencoba, semoga sukses!

Be the first to write a comment.

Your feedback