Tips Mencari Pekerjaan Baru Di Tahun 2020
Blog

Tips Mencari Pekerjaan Baru Di Tahun 2020

by Vana Viana

Mungkin saja beberapa dari Smart People ingin membuka lembaran baru dan mencari pekerjaan baru yang lebih baik atau hanya sekadar mencari suasana baru. Ya, di tahun baru pastinya juga ada resolusi baru untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Bagaimanapun langkah untuk mencapai resolusimu tidak akan tercapai jika kamu tidak keluar dari zona nyamanmu. Seperti mencoba mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan daripada pekerjaan sebelumnya. Semoga saja di tahun ini resolusi karir Smart People yang belum terwujud pada tahun sebelumnya akan terwujud ya! Yuk simak tips mencari pekerjaan baru di tahun 2020 ini!

  1. Cari Tahu Keinginan Dirimu

Langkah awal yang harus kamu jalani adalah kamu harus tahu dulu apa yang ingin kamu tingkatkan dari pekerjaan sebelumnya. Selain itu kamu harus mengetahui tersebut nilai karir untuk dirimu. Cobalah menjalin koneksi dan berbagi dengan orang – orang terdekatmu agar kamu tahu arah dan tujuan kamu sendiri. Hal ini akan membantu kamu untuk mencari kerja dan memahami bagaimana orang lain melihan kamu dan menggabungkan opini orang lain terhadap kamu sendiri.

 

  1. Buatlah Daftar Perusahaan

Identifikasilah target perusahaan yang kamu inginkan dan cobalah mengirim surat lamaran kamu ke perusahaan yang sudah ada didalam daftar yang telah kamu buat. Jika kamu sudah jelas apa langkah karirmu maka akan lebih memudahkan kamu untuk proses pencarian pekerjaan dan tidak menghabiskan waktu yang lebih lama lagi. Kamu juga bisa memprioritaskan perusahaan yang kamu sangat ingini terlebih dahulu. Semakin spesifik kamu dalam mencari pekerjaan juga semakin baik untuk dirimu. Ini juga akan membantumu dalam melengkapi profil pada CV dan surat lamaran yang akan kamu berikan untuk menarik perhatian dari HRD yang akan merekrut kamu.

 

  1. Mengembangkan Jaringan

Jaringan atau koneksi sangat dibutuhkan dalama mencari pekerjaan baru untuk jaringan komunikasi yang lebih luas. Cobalah berkomunikasi dengan orang yang sudah lebih berpengalaman dalam dunia karir sehingga bisa memberimu pelajaran lebih tentang nasihat karir. Cobalah juga bergaul dengan orang – orang yang berpengaruh dan orang – orang yang penting dalam dunia karir. Siapa tahu mereka bisa merekomendasikan atau menjanjikan pekerjaan yang cocok untuk Smart People?

 

  1. Kenali Kemampuanmu

Untuk mengenali kemampuan kamu adalah hal yang sangat perlu dalam mencari pekerjaan. Jangan sampai kamu salah mengambil jabatan dan menjadi kewalahan ketika sudah mendapatkan pekerjaan. Ini hanyalah mengakibatkan kamu menjadi salah langkah kembali. Maka dari itu kamu perlu mencatat skill atau keahlian yang kamu punyai. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Jangan memaksakan diri untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan dirimu dan hanya tergiur dengan gaji yang tinggi saja.

 

  1. Jadilah Dirimu Sendiri

Dari beberapa tips diatas, sebenarnya inilah tahap yang paling penting untuk menjadi diri kamu sendiri. Ketika sudah memasuki tahap interview, jadilah dirimu sendiri untuk meyakinkan HRD dan jawab pertanyaan sesuai dengan diri kamu sendiri. Karena bekerja bukanlah hal yang main – main. Kamu akan selalu berada dilingkungan itu dalam jangka waktu yang cukup panjang. Ingatlah selalu, kejujuran adalah hal yang perlu kamu patuhi!

 

 

 

 

Whatsapp
Call Now