Patut Dicoba! 11 Contoh Usaha Makanan Kekinian Ala Anak Muda

by Muhammad Zafrullah

Patut Dicoba! 11 Contoh Usaha Makanan Kekinian Ala Anak Muda

Peluang usaha makanan atau F&B memang merupakan salah satu jenis bisnis yang selalu banyak diminati. Terlebih dengan tren yang unik dan selalu berkembang di tengah masyarakat. Di setiap tahunnya, selalu ada saja tren usaha makanan kekinian yang sedang booming dengan berbagai inovasi dari pebisnis muda.

Makanan kekinian tersebut biasanya memiliki daya tarik yang unik dari segi bentuk, rasa, tempat, ataupun cara penyajiannya. Oleh karena itu, usaha makanan kekinian semakin bermunculan dimana-mana di penjuru kota. Potensi profit yang bisa diraup dari usaha kekinian juga cukup menjanjikan berkisar jutaan, puluhan, hingga ratusan juta jika sudah banyak memiliki cabang.

Kesuksesan dan keberhasilan Anda dalam menjalankan usaha makanan kekinian tentunya berkaitan dengan beberapa faktor. Seperti manajemen bisnis, modal usaha, kreatifitas, kualitas produk, lokasi tempat, legalitas dan faktor lainnya. Status kedudukan hukum usaha tentu akan sangat membantu Anda dalam berbagai aktifitas administrasi bisnis nantinya.

Office99 datang sebagai mitra bisnis Anda dalam membantu urusan yang berkaitan dengan legalitas usaha secara profesional dan terpercaya. Terdapat layanan jasa buat PT murah yang bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki. Terdapat beberapa pilihan paket untuk PT mulai dari skala kecil, sedang, hingga besar. Office99 juga siap membantu dalam Anda dalam menyiapkan syarat pembuatan PT agar prosesnya lebih mudah dan cepat.

Kembali ke pembahasan, sebagai seorang yang ingin memulai bisnis di bidang makanan maka Anda tentunya boleh terlebih dahulu mencari refrensi mengenai makanan kekinian apa saja yang sedang digemari. Berikut kami sajikan ulasan daftar 11 contoh usaha makanan kekinian ala anak muda yang patut dicoba!

1. Usaha Makanan Mentai Rice

Usaha Makanan Mentai Rice

Contoh usaha makanan kekinian yang pertama ialah Mentai Rice. Makanan ini sedang ramai diburu oleh masyarakat khususnya anak muda. Mentai Rice memiliki daya tarik dari tampilan serta rasa yang unik. Mentai sendiri merupakan makanan yang berasal dari Jepang dan berisi telur ikan yang diasinkan, dengan tambahan mayonaise serta saus khas. Isian Mentai juga dapat dicampur dengan daging ikan salmon, daging ayam, atapun daging sapi.

2. Usaha Makanan Sate Taichan

Usaha Makanan Sate Taichan

Nama Sate Taichan sekarang ini sedang ramai-ramainya digaungkan sebagai makanan kekinian, yang banyak digemari anak muda. Sate Taichan berbeda dengan jenis sate pada umumnya, dimana bumbunya menggunakan saus kacang ataupun saus kecap.

Makanan sate ini berisi daging ayam yang dibakar secara polos, hingga agak gosong kemudian ditaburi garam sebagai penyedap. Terdapat sambal pedas serta jeruk nipis dalam sajiannya. Makanan ini banyak digemari oleh orang-orang yang menyukai kuliner pedas dan gurih.

3. Usaha Makanan Toast Bread Cheese

Usaha Makanan Toast Bread Cheese

Toast Bread Cheese atau roti panggang keju merupakan jenis makanan kekinian yang diminati masyarakat Indonesia. Usaha makanan kekinian ini ‘booming’ beberapa tahun belakangan ini, karena hadir di menu makanan dari brand kopi yaitu Janji Jiwa. Roti panggang yang diisi keju dan daging asap ini, menjadi salah satu makanan yenak dan praktis. Sehingga bisa dimakan kapan saja dan dimana saja.

4. Usaha Makanan Salted Egg Chicken

Usaha Makanan Salted Egg Chicken

Usaha makanan dengan tambahan saus telur asin atau salted egg, kini menjadi tren di dunia kuliner Indonesia. Daging ayam menjadi perpaduan yang sempurna dengan saus telur asin, sehingga memiliki cita rasa yang lezat dan menggiurkan. Penyajiannya pun mudah, serta bahan baku gampang dicari. Dengan begitu, menjadikan kuliner ini cocok untuk memulai bisnis makanan kekinian.

5. Usaha Makanan Banana Nugget Kekinian

Usaha Makanan Banana Nugget Kekinian

Banana Nugget atau Pisang Nugget juga merupakan salah satu makanan terkini, kerap kita jumpai di tanah air. Makanan ini memiliki bahan utama berupa pisang yang dibungkus dengan adonan terigu serta beragam toping tambahan. Rasa manis dan legit serta tampilan warnanya menjadi daya tarik makanan ini. Maka tak heran, disukai banyak orang.

Jenis pisang yang biasa digunakan untuk makanan ini berupa pisang gepok karena memiliki tekstur lebih padat atau tidak lembek. Toping yang biasa digunakan untuk melengkapi dan melapisi Banana Nugget diantaranya keju, coklat, atau kacang. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki usaha makanan kekinian ala anak muda.

6. Usaha Makanan Rice Box Aneka Lauk

Usaha Makanan Rice Box Aneka Lauk

Di masa pandemi seperti sekarang ini, peminat makanan siap antar meningkat dratis berkat teknologi dan digitalisasi. Rice Box merupakan jenis makanan dalam kotak atau box dengan berbagai macam aneka lauk yang menjadi tren gaya hidup masyarakat perkotaan. Terutama kaum muda kantoran yang menyukainya.

Bentuk kemasan Rice Box terbilang simpel berupa persegi, tentunya mudah dibawa kemana-mana. Beberapa jenis aneka lauk yang biasa ada di Rice Box seperti daging filet, daging ayam cripsy, potongan daging ikan, daging asap, dan lainnya.

7. Usaha Makanan Singkong Goreng Keju Mozarella

Usaha Makanan Singkong Goreng Keju Mozarella

Singkong saat ini mejadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat aneka jenis makanan. Singkong goreng tentunya merupakan makanan atau camilan yang digemari masyarakat dari berbagai kalangan.

Dengan kreatifitas inovasi makanan, penambahan keju mozarella menjadi perpaduan yang cocok dengan singkong goreng terlebih saat masih hangat. Rasanya yang renyah diluar dan nikmatnya lelehan keju mozzarella, tentu membuat lidah siapa saja menjadi sangat menikmatinya. Usaha makanan ini tergolong mudah dilakukan dan memiliki prospek keuntungan menarik untuk pebisnis pemula terutama anak muda.

8. Usaha Makanan Makaroni Pedas

Usaha Makanan Makaroni Pedas

Contoh usaha makanan kekinian selanjutnya adalah makanan makaroni pedas. Dengan selera masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas, maka bisnis makaroni ini menjadi salah satu makanan ringan. Biasanya terdapat dua jenis makaroni yang ditawarkan yaitu makaroni kering dan makaroni basah.

Terdapat pilihan bumbu rasa serta tingkat kepedasan yang dapat Anda pilih. Bisnis makaroni cukup menjanjikan untuk dijalankan, karena bahan bakunya bertahan lama. Sehingga dapat dibuat dalam jumlah yang banyak tanpa resiko kerugian yang besar.

9. Usaha Makanan Ayam Geprek

Usaha Makanan Ayam Geprek

Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha makanan ayam geprek saat ini sedang ramai bermunculan. Ayam geprek menjadi salah satu makanan kekinian paling digemari oleh berbagai kalangan di tanah air. Karena memiliki cita rasa yang pedas dengan sambal yang nikmat ditambah lalapan yang segar.

Kemudahan memperoleh bahan baku seperti daging ayam menjadikan bisnis ini sebagai pilihan banyak orang. Terdapat berbagai jenis inovasi isi dan tambahan dari ayam geprek saat ini seperti keju, kol goreng, dan sebagainya. Usaha ini juga sangat cocok untuk orang yang ingin memulai bisnis dengan permintaan yang sudah ramai di tengah masyarakat.

10. Usaha Makanan Martabak Aneka Topping

Usaha Makanan Martabak Aneka Topping

Martabak memang telah lama menjadi makanan yang disukai orang banyak sejak dahulu. Saat ini martabak telah semakin berkembang dengan berbagai isi dan topping yang beraneka ragam. Oleh karena itu nama martabak kembali mencuat menjadi salah satu usaha makanan kekinian yang banyak dicari.

Isian atau topping yang ramai digunakan dalam pembuatan martabak kekinian diantaranya coklat nutella, green tea, coklat silver queen, oreo, dan rasa lainnya. Usaha martabak juga membuahkan keuntungan yang manis dari segi penghasilan bisnis untuk Anda coba.

11. Usaha Makanan Kue Cubit Kekinian Aneka Rasa

Usaha Makanan Kue Cubit Kekinian Aneka Rasa

Contoh usaha makanan kekinian ala anak muda yang terakhir adalah kue cubit. Meskipun tergolong jenis makanan terdahulu. Saat ini makanan tersebut, banyak mengalami inovasi rasa dan penampilan yang lebih kekinian dan modern.

Rasanya yang manis dan lembut membuat kue cubit banyak disukai terlebih tambahan toping yang berbeda. Semisalkan coklat nutella, oreo, matcha, red velvet, keju, dan rasa kekinian lainnya. Anda bisa mempelajari resep pembuatannya melalui berbagai kanal informasi di internet atau Youtube. Selain itu, modal yang tidak terlalu besar tentunya dapat membuat usaha ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jalankan.

Sekian kali ini pembahasan mengenai 11 contoh usaha makanan kekinian ala anak muda yang patut dicoba. Itulah beberapa daftar makanan kekinian yang selalu dicari dan menjadi tren kuliner. Untuk itu, Anda patut mencobanya sebagai rekomendasi usaha makanan yang dapat menghasilkan serta lekat dengan anak muda.



Whatsapp
Call Now