Boleh Dicoba! 7 Contoh Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa

by Muhammad Zafrullah

Boleh Dicoba! 7 Contoh Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa

Saat ini dunia usaha dan bisnis semakin berkembang dan mudah dilakukan berkat hadirnya kemajuan teknologi dan sistem digital secara online. Oleh sebab itu, siapa saja bisa memulai bisnis secara mudah termasuk para mahasiswa yang sedang menjalani masa pendidikan. Dimana berkeinginan memiliki penghasilan sendiri.

Banyak ragam jenis bisnis yang dapat dilakukan, salah satunya usaha kuliner untuk mahasiswa. Mengingat sebuah peluang yang paling cocok untuk menghasilkan cuan atau pendapatan. Mengapa demikian? Hal ini tentu tidak terlepas dari prospek usaha kuliner yang memiliki pangsa pasar besar. Bahkan, selalu saja ramai peminat apabila memiliki cita rasa produk yang enak.

Dalam menjalankan bisnis kuliner tentunya membutuhkan banyak persiapan agar dapat berjalan sukses dan sesuai rencana usaha. Salah satu persiapan tersebut ialah legalitas usaha atau izin usaha yang dapat membantu usaha Anda di bidang kuliner. Dengan membuat sebuah CV, akan menjadi dipercaya konsumen dan calon pembeli.

Singkatan CV perusahaan ialah Curriculum Vitae Hadirnya atau Persekutuan Komanditer. Hadirnya Office99 menjadi jawaban dan solusi dari kebutuhan legalitas usaha Anda secara profesional. Terdapat berbagai pilihan layanan jasa bikin PT maupun CV perusahaan untuk UMKM, hingga skala bisnis yang lebih besar.

Sebelum Anda menjalankan usaha sebagai seorang mahasiswa ada baiknya untuk mencari informasi dan pengetahuan mengenai dunia usaha kuliner. Berikut kami berikan ulasan mengenai 7 contoh usaha kuliner untuk mahasiswa yang cocok dijadikan peluang penghasilan sendiri:

1. Usaha Kue Kering Online

Usaha Kue Kering Online

Contoh bisnis pertama yang bisa Anda coba sebagai mahasiswa ialah usaha kue kering online. Jenis usaha ini memiliki peminat yang cukup tinggi, karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka sekali makan camilan sepert kue-kue atau keripik.

Anda bisa membuatnya sendiri dengan berbekal resep yang banyak tersedia di internet ataupun buku masakan kue-kue. Apabila tidak ingin repot, Anda juga bisa menjadi reseller dari pemasok besar aneka kue yang biasa ada di pasar. Contoh jenis kue kering tersebut diantaranya kue kuping gajah, kue putri salju, kue keju, kue nastar, kue susu, dan jenis kue kering lainnya.

2. Usaha Kuliner Angkringan

Usaha Kuliner Angkringan

Contoh usaha kuliner untuk mahasiswa yang kedua ialah angkringan. Saat ini angkringan memang sedang ramai-ramainya digemari dan dicari oleh masyarakat terutama anak muda. Harga yang relatif murah serta pilihan jenis makanan beragam ditambah rasa yang nikmat menjadi daya tarik utama angkringan. Dengan begitu, bisa menjadi tempat nongkrong dan makan bersama teman atau keluarga.

Anda bisa bekerjasama dengan teman sejawat kuliah untuk mendirikan usaha ini. Tidak perlu modal yang besar dalam membuat usaha angkringan. Modal utamanya berupa gerobak, bahan baku, dan lapak yang didirikan dekat pinggir jalan. Lokasi dekat kampus juga bisa menjadi tempat yang menjanjikan. Karena banyak mahasiswa yang akan mampir dan nongkrong disana dengan harga terjangkau.

3. Usaha Roti Bakar Kekinian dan Warung Kopi

Usaha Roti Bakar Kekinian dan Warung Kopi

Roti bakar memang merupakan usaha yang tidak pernah sepi pembeli, meski sudah banyak orang yang menjualnya. Bisnis ini sangat cocok sebagai usaha kuliner untuk mahasiswa, sebab mudah dibuat dan dijalankan siapa saja.

Rata-rata kebiasaan mahasiswa lebih sering dan suka nongkrong bersama teman, yang pastinya usaha ini bisa dijadikan peluang bagus. Terlebih memiliki pendapatan sendiri bagi Anda sebagai pelajar atau mahasiswa. Anda juga perlu menyediakan aneka jenis minuman untuk menemani santapan roti bakar seperti kopi, es jeruk, minuman sachet, dan sebagainya.

4. Usaha Donat Kekinian

Usaha Donat Kekinian

Donat sangat disukai oleh banyak kalangan baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Saat ini banyak bermunculan ragam jenis donat yang kekinian. Sebagai mahasiswa, tentunya Anda memiliki kreatifitas dan kemampuan dalam berinovasi yang diajarkan dalam mata kuliah bisnis. Usaha ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk dijalankan baik secara menjual langsung ataupun secara online.

Anda dapat membuat donat kekinian yang berbeda dari donat pada umumnya. Seperti donat isi keju mozarela, donat goreng madu, dan kreatifitas resep donat lainnya yang bisa dicoba. Kunci dari usaha ini ialah kreatifitas dan keunikan yang Anda butuhkan diawal, untuk membuat jenis donat.

5. Usaha Piscok Meler

Usaha Piscok Meler

Contoh usaha kuliner bagi pelajar mahasiswa selanjutnya, ialah piscok meler. Kita mengetahui bahwa piscok atau pisang coklat, merupakan kuliner makanan ringan yang mudah dibuat serta disukai oleh masyarakat. Sebagai mahasiswa Anda dapat mencoba bisnis ini dengan memberikannya inovasi berbeda yang dapat diisi dengan bahan makanan lainnya.

6. Usaha Jamur Kripsi

Usaha Jamur Kripsi

Jamur bisa diolah menjadi camilan makanan yang enak dan gurih. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda. Hanya perlu mencari pemasok jamur berkualitas baik, lalu mengolahnya dengan beragam inovasi didalamnya.

Salah satunya ialah pengolahan jamur dan adonan tepung yang digoreng, sehingga menjadi kripsi. Selain itu, Anda juga bisa membuat bumbu pelengkapnya agar menambah nilai jual dan daya tarik. Semisalkan dengan bumbu balado, bumbu keju, bumbu pedas asin, dan inovasi bumbu pelengkap jamur kripsi lainnya.

7. Usaha Kuliner Makanan Jepang

Usaha Kuliner Makanan Jepang

Terakhir, Contoh usaha kuliner yang bisa dilakukan mahasiswa ialah bisnis makanan Jepang. Negara Jepang memang memiliki daya tarik yang besar dari segi kulinernya. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia menyukai aneka makanan Jepang. Yang biasanya kita temukan seperti ramen, sushi, takoyaki, dan masakan lainnya.

Sebagai mahasiswa, hal ini tentu dapat menjadi peluang usaha yang bisa dijalankan. Sebab pasar peminatnya sudah ada dan baru sedikit yang menjalankan secara kecil-kecilan. Anda dapat membuat usaha makanan ramen yang sudah diracik dan disesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia. Biasanya kaum muda menyukai budaya Jepang dan juga suka terhadap makanannya.

Demikianlah pembahasan 7 contoh kuliner untuk mahasiswa yang berpeluang mendapatkan penghasilan sendiri. Contoh tersebut dapat Anda jadikan referensi dan wawasan tambahan sebelum memulai usaha. Anda perlu pintar mengelola waktu antara usaha dan kuliah agar keduanya dapat berjalan beriringan. Selamat mencoba usaha kuliner ala mahasiswa!



Whatsapp
Call Now