Simak! 6 Langkah Mudah Memulai Usaha Ikan Hias Agar Menghasilkan Uang

by Muhammad Zafrullah

Simak! 6 Langkah Mudah Memulai Usaha Ikan Hias Agar Menghasilkan Uang

Usaha ikan hias memang selalu mempunyai pasar yang menjanjikan, berkat para pecintanya yang berjumlah cukup banyak. Terlebih lagi, di saat ini hobi memelihara ikan hias menjadi tren baru di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Hal itu disebabkan oleh merebaknya pandemi secara global, yang mengharuskan banyak orang melakukan kegiatan di dalam rumah saja.

Peluang usaha atau bisnis ini tentunya dapat memberikan penghasilan hingga jutaan. Bahkan puluhan juta rupiah apabila Anda menekuni serta menjalankannya secara benar dan serius. Usaha ikan hias tergolong dalam bisnis yang cukup mudah dijalankan, serta tidak membutuhkan jumlah modal yang terlalu besar. Selain itu, bisnis ini juga dapat Anda lakukan di lahan area yang terbatas dan tidak terlalu luas seperti di daerah perkotaan.

Ketekunan dan kemauan untuk belajar hal baru merupakan kunci dalam menjalankan bisnis di bidang usaha ikan hias. Toko ikan hias yang ramai dan banyak pembeli biasanya memiliki status usaha resmi secara hukum. Sebab, saat ini masyarakat jauh lebih mengerti mengenai legalitas dan kualitas sebuah bisnis. Itu disebabkan, banyaknya informasi yang bisa diakses melalui internet dan sosial media.

Office99 merupakan mitra usaha bagi para pebisnis dari berbagai kalangan untuk mengurus status usaha secara resmi atau legal. Dengan status usaha yang resmi, tentunya akan berdampak positif bagi usaha Anda. Seperti kemudahan mengurus izin bisnis ke pemerintah, akses peminjaman modal usaha dari bank, kepercayaan pelanggan atau konsumen meningkat, serta perlindungan hukum. Layanan jasa yang ditawarkan oleh Office99 diantaranya adalah jasa bikin CV perusahaan secara mudah dan cepat.

Sebelum Anda menjalankan bisnis ini secara nyata, sebaiknya simak dahulu 6 langkah mudah memulai usaha ikan hias agar menghasilkan uang jutaan rupiah:

  • Belajar dan Pahami Pengetahuan Dasar Mengenai Ilmu Budidaya Ikan Hias

Belajar dan Pahami Pengetahuan Dasar Mengenai Ilmu Budidaya Ikan Hias

Langkah awal Anda untuk memulai usaha ikan hias, ialah belajar dan memahami pengetahuan dasar mengenai ilmu budidaya ikan hias. Hal ini penting, karena dengan belajar dan memahami pengetahuan dasar budidaya ikan hias dapat membantu Anda meraih kesuksesan usaha dibidang ini.

Terdapat beberapa hal yang Anda wajib pelajari dan pahami, seperti cara merawat ikan hias, cara mengembang biakan ikan hias, cara memberi makanan ikan hias. Selain itu juga, cara membersihkan tempat atau aquarium ikan hias, dan pengetahuan dasar lainnya.

  • Pilih dan Tentukan Ragam Jenis Ikan Hias yang Akan Dijual

Pilih dan Tentukan Ragam Jenis Ikan Hias yang Akan Dijual

Langkah kedua yaitu memilih dan menentukan ragam jenis ikan hias yang akan dijual. Terdapat beragam jenis ikan hias yang bisa Anda jual. Akan tetapi, pada dasarnya hanya ada dua tipe ikan hias yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air asin.

Kedua tipe ikan hias tersebut memiliki peminat dan segmen pasar yang berbeda. Untuk ikan hias air tawar biasanya memiliki harga lebih murah, serta perawatan yang lebih mudah. Sedangkan, ikan hias air asin memiliki harga jual yang lebih mahal. Bahkan, cara perawatannya lebih rumit dan telaten. Jika Anda memiliki modal minim dan terbatas maka pilihan menjual ikan hias air tawar merupakan hal yang tepat.

  • Menghitung Awal Jumlah Kisaran Modal Ikan Hias

Menghitung Awal Jumlah Kisaran Modal Ikan Hias

Dalam memulai sebuah bisnis ikan hias sebaiknya Anda terlebih dahulu menghitung jumlah kisaran modal awal. Tujuannya agar dapat menyesuaikan antara jumlah dana dan kebutuhan usaha. Jangan sampai kisaran modal yang dimiliki lebih sedikit, dibanding jumlah dana yang dibutuhkan untuk membuka usaha tersebut.

Beberapa biaya yang diperlukan untuk modal awal usaha ikan hias seperti biaya modal bibit, biaya peralatan dan perlengkapan, biaya pangan ikan, biaya sewa tempat, dan biaya modal awal lainnya. Setiap detail dari kebutuhan usaha tersebut, sebaiknya Anda catat dan masukan ke dalam perhitungan jumlah kisaran modal awal usaha.

  • Membeli Peralatan dan Perlengkapan Usaha Ikan Hias

Membeli Peralatan dan Perlengkapan Usaha Ikan Hias

Sebelum memulai bisnis ikan hias, mempersiapkan pembelian peralatan dan perlengkapan merupakan hal terpenting untuk Anda lakukan. Usaha ikan hias Anda buat tidak akan bisa berjalan lancar tanpa adanya peralatan dan perlengkapan yang memadai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu membuat daftar list pembelian peralatan dan perlengkapan secara detail dan terperinci.

Beberapa peralatan dan perlengkapan usaha ikan hias, perlu Anda beli diantaranya aquarium kaca, pompa air, penyaring kotoran ikan, selang, batu koral, kolam kembang biak ikan, instalasi listrik dan lampu penerang, filter aquarium, dan perlengkapan pendukung lainnya.

  • Mencari Pemasok Bibit dan Pakan Ikan Hias

Mencari Pemasok Bibit dan Pakan Ikan Hias

Supaya Anda memiliki berbagai jenis ikan hias yang bagus dan indah maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mencari pemasok bibit dan pakan ikan hias berkualitas. Dengan Anda mendapatkan pemasok bibit dan pakan ikan hias tersebut. Maka pastinya ikan-ikan hias yang tumbuh besar akan lebih indah dan bagus. Terlebih memiliki nilai harga yang cukup tinggi dibanding pada umumnya.

  • Menyediakan Tempat Budidaya Ikan Hias

Menyediakan Tempat Budidaya Ikan Hias

Langkah terakhir untuk memulai usaha ikan hias ialah menyediakan tempat budidaya ikan. Tempat budidaya berperan penting untuk menghasilkan produk-produk ikan hias yang berkualitas. Sehingga nantinya semakin banyak orang yang tertarik dan menyukai dunia ikan hias.

Siapkan dan tempatkan budidaya ikan hias sesuai dengan jenisnya masing-masing. Sebagai contoh, jangan tempatkan ikan hias predator ke dalam tempat budidaya ikan hias biasa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Pastikan bahwa Anda, harus selalu menjaga kebersihan tempat budidaya tersebut agar hasil perkembang biakan ikan tersebut berjalan maksimal.

Demikianlah, ulasan singkat mengenai 6 langkah mudah untuk memulai usaha ikan hias agar menghasilkan uang. Sebagai seseorang yang baru memulai usaha, maka langkah-langkah tersebut bisa Anda jadikan referensi dan informasi dunia bisnis ikan hias. Dengan mengikuti langkah tersebut. Maka bukan hal mustahil bagi Anda dapat memiliki penghasilan bisnis di bidang ikan hias, dalam jumlah jutaan ataupun puluhan juta rupiah.



Whatsapp
Call Now