Berencana Sewa Ruang Kantor? Cari Tahu dan Kenali Dulu Jenis-Jenis Ruang Kantor

by master

Berencana Sewa Ruang Kantor? Cari Tahu dan Kenali Dulu Jenis-Jenis Ruang Kantor

Sektor bisnis memang mengalami perkembangan yang begitu pesat di era digital ini. Didukung dengan adanya internet, mobilitas dan aktivitas akan menjadi jauh lebih mudah. Perkembangan bisnis yang amat terlihat kemajuannya adalah di sektor teknologi dan telekomunikasi. Hal ini ditandai dengan berdirinya bermacam industri baru berbasis digital di Tanah Air.
Kebutuhan atas Ruang Kantor di Indonesia

Salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendirikan perusahaan yaitu memiliki ruang kantor. Seiring dengan banyak didirikannya perusahaan baru di Indonesia, kebutuhan akan ruang kantor pun mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan pembangunan gedung-gedung baru di berbagai wilayah yang dirasa memiliki prospek yang menjanjikan di masa mendatang.

Tak hanya itu, rumah toko (ruko) bahkan rumah tinggal pun kerap menjadi properti yang dialihfungsikan sebagai ruang kantor. Pasalnya, beberapa orang beranggapan sewa ruang kantor dalam bentuk rumah tinggal atau ruko lebih menghemat biaya operasional dibandingkan dengan gedung. Terlebih lagi, rumah tinggal yang dijadikan kantor juga bisa dijadikan sebagai aset pribadi yang bisa diperjualbelikan kembali kapan saja.

Menjawab kebutuhan pemilik usaha akan sewa ruang kantor yang tinggi, kini jasa penyewaan ruang kantor di Indonesia pun semakin mudah ditemukan. Pasalnya, menilik dari kebutuhan para pemilik usaha atas ruang kantor didukung dengan sektor ekonomi yang sedang menggeliat, bisnis persewaan ruang kantor disinyalir akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Dengan demikian, Anda tak akan lagi menemukan kesulitan jika ingin mencari lokasi yang tepat untuk bisnis atau perusahaan. Cukup temukan jasa sewa ruang kantor yang tepat, ruang kantor idaman pun telah berada dalam genggaman.

Baca:  7 People Skill Yang Wajib Kamu Kuasai dalam Karir

Jenis-Jenis Ruang Kantor

Beberapa orang beranggapan bahwa ruang kantor juga berpengaruh terhadap produktivitas karyawan di dalamnya. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pemilik usaha. Apakah ruangan tempat bekerja terlalu kecil, kotor, kumuh, sempit, ataukah terlalu membosankan? Semua unsur ini harus menjadi perhatian, agar produktivitas karyawan pun tetap maksimal.

Sekilas, ruang kantor mungkin hanya tampak seperti sebuah ruangan dengan lantai beralas karpet dan deretan meja dan kursi, lengkap dengan komputer, laptop, atau berbagai peranti lainnya. Namun, ternyata ada banyak jenis ruang kantor yang bisa menjadi rekomendasi Anda saat ingin melakukan sewa ruang kantor untuk perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Berencana Sewa Ruang Kantor? Cari Tahu dan Kenali Dulu Jenis-Jenis Ruang Kantor

1) Virtual Office

Pertama, ada virtual office, atau yang kerap disebut dengan istilah “kantor maya”. Tak heran, karena memang Anda tak memiliki ruangan khusus untuk bekerja, dan bisa bekerja dari mana saja asal mendukung koneksi internet yang cepat. Justru, Anda malah harus berbagi dengan berbagai perusahaan lain yang menyewa ruang kantor di lantai yang sama dengan perusahaan Anda.

Meskipun demikian, tipe ruang kantor ini masih saja menjadi idola selama beberapa waktu terakhir, terutama bagi pemilik bisnis baru atau start-up. Pasalnya, memilih virtual office sebagai ruang kantor adalah pilihan terbaik untuk menghemat biaya operasional perusahaan. Terlebih bagi mereka yang baru memiliki karyawan kurang dari 10 orang.

Nilai jual dari virtual office terletak pada lokasinya. Alamat ini bisa digunakan oleh semua perusahaan yang terdaftar di gedung atau lantai yang sama sebagai alamat korespondensi, juga alamat konkret yang akan dituliskan di laman resmi perusahaan atau disebarkan kepada calon pelanggan atau investor.

Baca:  Untung Jutaan Rupiah! Peluang Bisnis Keripik Renyah dan Gurih
Berencana Sewa Ruang Kantor? Cari Tahu dan Kenali Dulu Jenis-Jenis Ruang Kantor

2) Serviced Office

Selanjutnya, ada service office. Jenis ruang kantor ini dimiliki dan dikelola oleh pemilik gedung. Biasanya, sewa ruang kantor ini berdasarkan ruangan atau lantai, jika perusahaan memang dalam skala besar. Lokasi atau lahan yang sering digunakan untuk service office atau yang juga sering disebut dengan private office dan business centers berupa gedung-gedung perkantoran tinggi yang berada di pusat kota atau sentra bisnis utama.

Biasanya, untuk bisa menyewa jenis ruang kantor ini, Anda diharuskan untuk menghubungi pemilik gedung. Namun, beberapa waktu belakangan ini, telah banyak jasa sewa ruang kantor yang bisa Anda percayai untuk mengurus lokasi perusahaan. Tak jarang pula ditemui adanya kerja sama antara pemilik gedung dengan agen jasa sebagai perantara resmi untuk memudahkan komunikasi dan transkasi di antara keduanya.

Perbedannya, tentu saja, ada pada biaya operasional yang harus Anda keluarkan sebagai modal untuk menyewa ruang kantor ini. Umumnya, ruangan kantor yang disewakan hanya berupa ruang kosong dengan karpet. Namun, bagi Anda yang menggunakan bantuan pihak ketiga dalam urusan penyewaan ruang kantor, tersedia fasilitas pendukung yang akan lebih menghemat biaya, seperti meja, kursi, akses internet, layanan resepsionis ruangan, dan masih banyak lagi.

Selain ruang kerja pribadi, fasilitas lain yang akan Anda peroleh dari pemilik gedung dengan menyewa service office adalah layanan keamanan ruangan, parkir langganan, ruang rapat, hingga fasilitas dapur dan pantry untuk membuat kopi dan teh

Baca:  Boleh Dicoba! 7 Ide Usaha Makanan Receh yang Sedang Ramai
Berencana Sewa Ruang Kantor? Cari Tahu dan Kenali Dulu Jenis-Jenis Ruang Kantor

3) CoWorking Space

Terakhir, ada co-working space, atau jika diartikan secara harfiah adalah ruang kerja bersama. Tipe kantor ini berkonsep terbuka dan transparan serta bisa digunakan oleh siapa saja, tak peduli jabatan dan di mana seseorang bekerja.
 
Sedikit berbeda dengan virtual office, Anda yang memilih co-working space sebagai tempat bekerja tentu memiliki kantor fisik. Orang-orang yang menggunakan kantor tipe ini kebanyakan berasal dari para pemilik bisnis startup dan para pekerja lepas atau freelancer.
 

Biaya sewa yang dibebankan pada setiap pengguna co-working space dihitung setiap jam untuk para pekerja lepas. Ada pula penawaran paket mingguan dan bulanan untuk para pemilik usaha yang ingin menggunakan kantor ini sebagai tempat bekerja. Meskipun demikian, biaya ini disinyalir tetap lebih murah dibandingkan dengan menyewa service office atau menggunakan ruko sebagai lahan tempat usaha.

Demikianlah informasi mengenai ruang kantor yang bisa Anda pertimbangkan. Kini, Anda tak lagi kebingungan mencari tipe ruang kantor yang cocok untuk ruangan yang Anda miliki. Tak perlu mendesain sendiri, karena Anda bisa menggunakan layanan sewa ruang kantor. Bagaimana pun tampilannya, yang terpenting adalah mampu menciptakan suasan lingkungan yang sehat dan mampu membankitkan motivasi juga produktivitas semua karyawan di dalamnya.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, dapat menghubungi Marketing atau mengirimkan pesan di email cs@office99.com
atau dapat menghubungi via whatsapp di bawah ini.



Whatsapp
Call Now