Jenis Bisnis Tanaman yang Menguntungkan Hingga Jutaan Rupiah!

by Muhammad Zafrullah

Jenis Bisnis Tanaman yang Menguntungkan Hingga Jutaan Rupiah!

Peluang budidaya tanaman dapat menjadi bisnis yang menjanjikan jika dikelola dan dikerjakan secara serius. Tentunya mengingat Indonesia merupakan negara agraris, dengan memiliki iklim cuaca yang mendukung. Terlebih kesuburan tanahnya pun terbilang bagus untuk berbagai jenis tanaman.

Apalagi munculnya tren urban farming yang dilakukan masyarakat kota dengan memanfaatkan lahan di rumah, halaman depan, bahkan rooftop tempat tinggal. Hal ini membuat bisnis tanaman terbilang menguntungkan. Bahkan, bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus dibatasi kondisi dan ketersediaan lahan yang luas.

Apakah Anda sudah mulai tertarik dengan peluang bisnis tanaman? Jangan salah menilai dan memandang bisnis ini, karena prospek keuntungannya terbilang besar. Prospek keuntungan tersebut, bukanlah hal yang tak heran lagi. Mengingat kebutuhan pasar tanaman konsumsi sangat tinggi yang berasal dari beragam sektor. Seperti rumah tangga, warung makan, resto, hotel, dan sektor lainnya.

Tahukan Anda, bahwa menjndi seorang bisnis sukses dan maju memerlukan legalitas usaha? Ya, legalitas dapat menjadi faktor pendukung yang penting dalam mendapatkan kepercayaan dan rasa aman kepada konsumen. Office99 merupakan penyedia layanan jasa bikin CV perusahaan yang dapat Anda percaya dengan pengalaman luas serta tenaga ahli profesional di bidangnya.

Banyaknya ragam jenis tanaman yang bisa Anda pilih untuk menjalani bisnis ini dan diukung dengan legalitas. Tentunya harus tahu terlebih dahulu, tanaman yang paling banyak diminati oleh banyak orang dan memberikan keuntungan. Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar macam-macam jenis tanaman yang menguntungkan:

1. Tanaman Organik

Tanaman Organik

Tanaman orgnaik dapat menjadi pilihan pertama sebagai jenis bisnis tanaman yang menguntungkan. Saat ini tanaman organik lebih dilirik dan diminati banyak orang khususnya mereka, yang sadar akan gaya hidup sehat. Tanaman orgnaik sendiri merupakan tanaman yang tidak menggunakan pestisida atau pupuk kimia dalam proses pembudidayaannya.

Hasil panen dari tanaman organik sendiri lebih terlihat segar dan memiliki rasa lezat. Dengan kelebihannya tersebut, membuat tanaman organik saat ini memiliki harga lebih mahal dibanding tanaman non-organik. Tanaman organik juga dapat menjadi dikelola secara urban farming melalui sistem hidroponik.

2. Tanaman Cabai

Tanaman Cabai

Tanaman cabai memang telah menjadi salah satu jenis tanaman yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Karakteristik masyarakat Indonesia sangat menyukai hidangan pedas serta sambal, yang tentunya kita ketahui bersama. Selain itu, budaya lokal juga memberikan pengaruh kuat terhadap bumbu dan pelengkap masakan. Yang biasanya dicampurkan dengan cabai sebagai salah satu bahannya.

Dengan begitu, tanaman cabai dapat menjadi jenis bisnis tanaman yang bisa menghasilkan banyak untung. Meskipun harga cabai terkadang naik atau meroket di periode tertentu seperti hari raya. Hal tersebut, tidak lantas membuat minat masyarakat untuk membeli cabai menjadi berkurang secara drastis. Sehingga dapa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda.

3. Tanaman Tomat

Tanaman Tomat

Tanaman tomat banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan saus botolan. Memiliki rasa manis dan tidak pedas, menjadi alternatif bagi mereka yang tidak menyukai saus cabai. Hal ini membuat, permintaan akan tanaman tomat di pasaran juga tidak kalah dengan jumlah permintaan cabai.

Tentunya tomat juga dapat menjadi pilihan jenis bisnis tanaman paling menguntungkan bagi Anda. Tomat juga dapat ditanam dengan menggunakan teknik sistem penanaman hidroponik. Semakin bagus kualitas tomat, maka semakin tinggi juga nilai jualnya di pasar. Kelebihan dari tanaman Tomat adalah perawatan yang muda dant memberikan hasil panen berlimpah.

4. Tanaman Bawang

Tanaman Bawang

Tanaman bawang merupakan bumbu pelengkap dari banyak jenis masakan dan olahan makanan. Wajar jika tanaman bawang baik bawang merah dan bawang putih, menjadi salah satu jenis tanaman primadona petani di Indonesia. Permintaan akan bawang juga terbilang cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan peluang bisnis tanaman yang dapat memberikan keuntungan.

Patut Anda ketahui dalam menanam bawang, ialah membutuhkan lahan yang cukup luas. Paling tidak, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup untuk membuka atau menyewa lahan. Anda pun tidak perlu khawatir, karena hasil panen tanaman bawang dapat memberikan banyak keuntungan hingga puluhan juta tergantung luas lahan.

5. Tanaman Kol

Tanaman Kol

Terakhir, tanaman kol yang menjadi pilihan tanaman menguntungkan dalam pembahasan kali ini. Kol memiliki daya tarik dari segi rasa yang manis dan renyah, serta cocok sebagai sayuran pelengkap masakan. Beberapa jenis masakan yang menggunakan sayuran kol diantaranya nasi goreng, pecel lele, pecel ayam, tongseng, dan masakan umum lainnya.

Biasanya tanaman kol ini banyak diminati oleh para pedagang makanan. Selain itu, harga tanaman kol terbilang relatif stabil dibandingan dengan tanaman lainnya seperti cabai atau tomat. Perawatannya pun mudah dan menjadi daya tarik untuk Anda untuk menanam jenis tenaman menguntungkan ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis bisnis tanaman yang menguntungkan hingga jutaan rupiah. Poin jenis tanaman diatas, dapat Anda jadikan referensi dan wawasan tambahan sebelum memulai bisnis ini. Kunci keberhasilan dalam berbisnis tanaman, Anda memerlukan wawasan yang cukup dalam bertanam, merawat, hingga memanen hasil.



Whatsapp
Call Now