Simak! 5 Keunggulan dan Alasan Memulai Bisnis Ikan Lele

by Muhammad Zafrullah

Simak! 5 Keunggulan dan Alasan Memulai Bisnis Ikan Lele

Terdapat banyak ragam jenis bisnis yang dapat Anda pilih, untuk menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Bisnis ikan lele menjadi salah satu jenis bisnis yang menghasilkan uang jutaan bagi Anda, jika dikerjakan secara serius dan konsisten.

Ikan lele kini menjadi salah satu jenis ikan paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Di berbagai daerah seperti kota, permintaan akan ikan lele terbilang cukup tinggi dan terus mengalami peningkatan konsumsi. Hal ini dikarenakan banyaknya warung-warung pecel lele, rumah makan, dan berbagai restoran yang menyediakan menu masakan olahan ikan lele sebagai salah satu sajiannya.

Dengan potensi permintaan pasar yang besar, bisnis budidaya lele ini memang memiliki prospek yang cukup menjanjikan untuk pebisnis pemula. Sebenarnya, memulai bisnis ikan lele tentunya tidak sesusah yang dibayangkan. Karena bisa dilakukan dengan modal yang minim, serta proses perawatan ikan lele yang terbilang cukup mudah.

Bisnis yang baik dan dapat dipercaya oleh banyak orang, ialah bisnis yang memiliki status resmi usaha atau legalitas. Dengan adanya legalitas resmi, maka tentunya bisnis Anda akan memiliki nilai value aman dan bisa dipercaya oleh calon pembeli. Sehingga hal ini berdampak pada peningkatan jumlah permintaan pesanan produk bisnis yang berasal dari berbagai kalangan orang yang sudah percaya dengan usaha resmi Anda.

Office99 datang sebagai mitra bisnis yang dapat membantu Anda dalam mengurus legalitas atau status resmi usaha secara profesional dan berpengalaman. Kami menyediakan layanan jasa buat CV perusahaan dengan harga terjangkau dengan syarat yang tidak rumit dan mudah. CV perusahaan adalah badan usaha persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan barang atau uang (modal) kepada pihak yang akan menjalankan usaha.

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis atau usaha. Sebaiknya Anda terlebih dahulu mempertimbangkan kelebihan dari bisnis yang akan dijalankan. Berikut uraian mengenai 5 keunggulan dan alasan memulai bisnis ikan lele:

1. Memiliki Jumlah Permintaan yang Tinggi

Memiliki Jumlah Permintaan yang Tinggi

Keunggulan dan alasan pertama memilih bisnis lele ialah memiliki jumlah permintaan yang tinggi. Seperti yang sudah dibertahukan diawal, bahwa dengan semakin banyaknya usaha di bidang makanan yang menawarkan menu olahan ikan lele. Maka semakin tinggi juga permintaan akan pasokan ikan lele. Beberapa usaha-usaha yang membutuhkan pasokan ikan lele seperti warung makan sederhana, warung pecel lele, restoran, hotel, dan usaha makanan online.

2. Usaha yang Minim Modal

Usaha yang Minim Modal

Untuk mendirikan bisnis ikan lele tentunya bisa dijalankan dengan modal yang minim. Anda cukup mengeluarkan modal awal sebesar 2 – 3 juta rupiah untuk membeli benih ikan sebanyak 3000 – 4000 ekor. Jumlah benih tersebut nantinya dapat Anda panen dengan perkiraan berat 500 – 600 kg. Dengan harga jual sebesar 10 ribu rupiah per kilo, maka perkiraan omzet penjualan yang akan Anda dapatkan sebesar 6 juta rupiah.

3. Pembudidayaan Ikan Lele Dapat Dilakukan di Berbagai Tempat

Pembudidayaan Ikan Lele Dapat Dilakukan di Berbagai Tempat

Keunggulan bisnis ikan lele ialah dapat dibudidayakan dalam lokasi yang terbatas. Ikan lele diketahui dapat dipelihara di berbagai tempat. Dalam memulai usaha tentunya modal yang Anda miliki terbatas. Oleh karena itu, Anda dapat mensiasati kebutuhan tempat budidaya ikan lele dengan menggunakan beberapa wadah atau media tempat. Sseperti kolam tembok buatan sendiri, kolam tanah, kolam terpal, dan wadah tempat lainnya.

4. Karakteristik Ikan Lele yang Mudah Beradaptasi dan Memiliki Daya Tahan Tubuh Kuat

Karakteristik Ikan Lele yang Mudah Beradaptasi dan Memiliki Daya Tahan Tubuh Kuat

Alasan lain bisnis ikan lele menjanjikan ialah karakteristik ikan lele itu mudah beradapatasi dengan lingkungan kondisi air, serta memiliki daya tahan tubuhnya kuat. Hal ini membuat ikan lele mudah untuk dipelihara dan dibudidaya, tanpa perlu diberikan perlakuan khusus. Terdapat lendir alami di tubuh ikan lele yang membantunya tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, bisnis ini memiliki resiko yang kecil atau minim untuk gagal panen karena faktor penyakit.

5. Bisa Cepat Panen dan Mudah Dijual untuk Balik Modal

Bisa Cepat Panen dan Mudah Dijual untuk Balik Modal

Keunggulan lainnya dalam bisnis ikan lele yaitu proses panennya dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan singkat. Biasanya ikan lele sudah bisa dipanen dalam kisaran waktu sekitar 2 bulan, sejak benih ikan dibudidaya. Sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Dengan begitu, uang yang anda keluarkan untuk bisnis ini akan cepat balik modal. Terlebih jumlah permintaan yang tinggi, membuat ikan lele mudah untuk dijual.

Demikianlah, pembahasan mengenai 5 keunggulan dan alasan memulai bisnis ikan lele bisa menghasilkan jutaan rupiah. Keberhasilan Anda dalam menjalankan usaha ini tentunya membutuhkan proses dan kerja keras, serta perisapan usaha yang matang. Semakin banyak bibit lele yang Anda budidayakan, maka semakin banyak juga potensi keuntungan yang bisa diraup. Selamat mencoba berbisnis ikan lele!



Whatsapp
Call Now