Mau Cari Lowongan Kerja di Luar Negeri? Ini Tipsnya!

by Nyoman Willy

Mau Cari Lowongan Kerja di Luar Negeri? Ini Tipsnya!

Godaan kerja di luar negeri untuk mencoba peruntungan dalam bekerja memang menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Gaji yang besar bisa menjadi salah satu faktor utama mengapa banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatakan pekerjaan di luar negeri.

Bagaimana sih tips untuk mencari lowongan kerja di luar negeri? Simak di bawah ini, ya!

Tips Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

1: Research

Mencari lowongan kerja di luar negeri itu bisa dibilang tidak semudah mencari lowongan kerja di Indonesia. Pasalnya, banyak sekali scam link yang berujung penipuan dan dapat merugikan diri kamu sendiri. Maka dari itu, sebelum kamu apply ke dalam 1 lowongan kerja, yang menjadi tahap awal, sebaiknya kamu research terlebih dahulu apakah situs yang kamu gunakan merupakan situs yang terjamin? Apakah kantor yang akan kamu lamar benar-benar eksis? Bagaimana tentang pembayaran gaji? Keuntungan apa saja yang didapat saat bekerja di sana? Dokumen apa saja yang diperlukan untuk melamar? Semua hal-hal mulai dari yang mudah sampai yang rumit harus kamu teliti terlebih dahulu ya.

2: Antusias

Melakukan seusatu tanpa niat sama saja hasilnya akan nihil. Mencari info lowongan di dalam negeri pun kalau malas-malasan hasilnya tidak akan maksimal kan? Untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang lowongan kerja di luar negeri, gunakanlah stalking skill kamu yang tak tertandingi itu. Semakin banyak ‘kepo’ semakin banyak juga informasi yang bakal didapat.

3:  Gunakan Sosial Media

Sudahkah kamu menggunakan akun sosial mediamu dengan baik? Media sosial seperti LinkedIn cukup penting untuk mencari-cari lowongan pekerjaan di luar negeri! Kalian juga bisa menambah jaringan di sana sekaligus mencari info tentang kantornya, pegawainya bahkan budaya kerja di kantor tersebut. Tidak ada salahnya caper di akun LinkedIn mu dengan segala kemampuan yang kamu miliki lalu tulis di profilmu deh. Siapa tahu, caper mu membuahkan hasil dan dapat diterima di perusahaan impianmu.

4: Ekspektasi Serendah Mungkin

Untuk mencari lowongan kerja di luar negeri, taruh ekspektasimu serendah mungkin. Bukan berarti kamu tidak boleh mengharapkan gaji yang menggiurkan dan posisi yang keren, namun sebaiknya carilah lowongan yang sekiranya kamu bisa kerjakan terlebih dahulu sembari menyesuaikan diri di negara yang baru dan budaya yang baru. Jika setelah beberapa bulan kamu sudah bisa beradaptasi dan merasa mampu untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi, barulah kamu mencari pekerjaan yang lain. Ingat, humble adalah kunci kesuksesan ya.

Beberapa negara seperti Singapura dan Finlandia membayar gaji bukan berdasarkan upah minum seperti di Indonesia, Mereka membayar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap pegawainya. So, buktikan kemampuanmu!

kamu juga jangan sampai lupa untuk mempersiapkan hal-hal di bawah ini juga ya!

Izin Keluarga

Pergi ke luar negeri untuk mengadu nasib mencari pekerjaan tentunya bukan keputusan yang main-main. Izin keluarga pun sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk keluar dari tanah air. Kamu pastinya tidak ingin dihantui perasaan yang tidak enak karena belum mengantongi izin dari keluarga? Restu dan izin dari orang tua dan keluarga jangan pernah disepelekan dan dilupakan ya.

Perdalam Skill

Untuk bekerja di luar negeri pastinya kamu harus mengasah skill yang sudah kamu miliki saat ini. Jangan sampai saat kamu sudah diterima di sana ternyata skill kamu biasa saja dan kalah saing dengan kandidat lain.

Biaya

Untuk bekerja di kuar negeri tentunya dibutuhkan modal materi juga untuk biaya hidup. Sudah saatnya kamu menabung sembari mencari lowongan kerja di luar negeri. Untuk biaya awal pastinya butuh modal yang lebih besar seperti mengurus visa, tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari, asuransi perjalanan, bahkan biasanya harus ada uang yang mengendap di rekening dalam jangka waktu tertentu agar visa dapat diproses dengan baik.

Kesiapan Mental

Hal penting sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Mental sekuat baja harus kamu miliki agar tahan banting. Bekerja di luar negeri pastinya memiliki lebih banyak rintangan dan hambatan yang tidak bisa kamu samakan seperti di Indonesia. Ingat, kamu tidak bisa memutuskan untuk pulang begitu saja karena hal sepele dan membuang semua usaha kamu secara sia-sia. Kamu harus survive dan bisa menyelesaikan semua masalahmu sendiri.

So, apakah kamu sudah yakin dengan keputusanmu untuk bekerja di luar negeri? Mari pikir matang-matang dan jangan sampai kamu salah mengambil keputusan!



Whatsapp
Call Now