Kemampuan Manusia yang Tidak Dimiliki Oleh Robot
Blog

Kemampuan Manusia yang Tidak Dimiliki Oleh Robot

by Vana Viana

Dunia ini dipercaya akan dinvasi oleh robot. Ya, robot yang diciptakan oleh manusia. Di era revoulsi industi 4.0 sudah banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot. Dengan berkembang pesatnya teknologi saat ini, seluruh kemampuan robot hampir sama seperti robot. Bahkan ada beberapa pekerjaan yang terancam digantikan oleh robot di beberapa negara, seperti teller bank, pelayan restoran, petugas pengisian bahan bakar, kasir, sampai juga pegawai pos. Hal ini dinilai lebih efisien dan efektif dibanding menggunakan tenaga kerja manusia itu sendiri. Namun sebenarnya, ada beberapa kemampuan manusia yang tidak dimiliki oleh robot. Yuk baca artikel ini untuk mengetahui kemampuan apakah yang dimaksud!

Kemampuan manusia yang tidak dimiliki oleh robot adalah seperti empati, kreativitas dan keahlian menganalisa masalah yang bersifat kompleks. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus menajamkan dan mengasah kemampuan diatas agar bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di era teknologi seperti ini. Sebut saja kreativitas yang kita punyai, orang dengan kreativitas bisa mengambil pekerjaan dalam bidang publikasi atau periklanan. Karena manusia mempunyai kreativitas yang tidak dimili robot. Dan setiap manusia juga mempunyai level dan ide kreativitas yang berbeda – beda. Karena beberapa sumber daya manusia di beberapa negara sudah terancam karena kehadiran robot. Lapangan kerja yang bersifat manual, repetitive sangat mudah digantikan oleh robot dan terkena dampak otomatisasi.

Seperti yang sudah terjadi di beberapa negara seperti Korea Selatan yang memecahkan rekor negara yang paling banyak memakai robot pekerja. Bahkan jumlah robot yang ada mengalahkan negara lainnya seperti Jerman, Amerika Serikat dan China. Di Korea Selatan terhitung ada sekitar 710 robot pada tiap 10.000 pegawai per tahun 2017. Sedangkan di negara Singapura ada 658 robot terhitung per 10.000 pegawai. Dan Jepang sendiri sebagai pemain utama dalam industry robot memiliki total 308 robot dalam 10.000 pegawai.

Namun ada satu hal yang ditegaskan kembali oleh Jeff Bezoz, seorang CEO Amazon bahwa robot tidak akan menghilangkan pekerjaan manusia di gudang setidaknya dalam jangka waktu dekat. Karena teknologi yang masih sangat terbatas. Setidaknya butuh 10 tahun untuk sepenuhnya memakai robot dalam memenuhi pesanan konsumen karena ada beberapa kemampuan manusia yang tidak dimiliki robot.

Whatsapp
Call Now