5 Trik Dasar Memulai Usaha Jual Beras Bagi Pemula

by Muhammad Zafrullah

5 Trik Dasar Memulai Usaha Jual Beras Bagi Pemula

Beras adalah salah satu bahan pokok mentah untuk membuat nasi yang merupakan panganan pokok utama masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa Indonesia merupakan negara agraris, yang memiliki komoditas pertanian. Terutama padi sebagai penghasil beras.

Setiap tahunya kebutuhan akan permintaan beras cenderung bertambah, seiring pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia. Mengingat mayoritas masayarakat mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Oleh sebab itu, usaha jual beras bagi pemula bisa dijadikan pilihan bisnis usaha yang cocok dan menjanjikan.

Hal yang Mendukung Usaha Jual Beras Berkembang

Hal yang Mendukung Usaha Jual Beras Berkembang

Setiap usaha pasti memiliki sesuatu yang bisa mendukungnya, agar semakin berkembang termasuk usaha jual beras. Sesuatu tersebut bisa berupa dana modal, manajemen usaha, sumber daya manusia berkualitas, kualitas produk, hingga legalitas usaha. Tahukah Anda bahwa bisnis beras yang sudah besar seperti agen biasanya memiliki legalitas usaha secara resmi?

Ya, dengan memiliki legalitas dapat membantu usaha jualan beras Anda semakin dipercaya. Legalitas tersebut dapat berupa CV sebagai bentuk usaha resmi Anda. Oleh karena itu, Office99 ada sebagai jawaban untuk membantu Anda mengurus dan membuat legalitas usaha. Terdapat layanan jasa buat CV perusahaan yang profesional dan terpercaya.

Berikut 5 Trik Dasar Memulai Usaha Jual Beras Bagi Pemula:

1. Memahami Bagaimana Cara Pengelolaan Usaha Beras yang Benar

Memahami Bagaimana Cara Pengelolaan Usaha Beras yang Benar

Trik dasar pertama yaitu memahami bagaimana cara pengelolaan usaha beras yang benar. Anda perlu memahami akan hal ini sebagai pengetahuan dasar untuk terjun ke bisnis penjualan beras. Dengan pengelolaan yang baik maka tentunya dapat meminimalisir resiko kerugian bagi Anda.

Pengelolaan beras tersebut mencakup banyak hal seperti mengetahui jumlah stok beras, lama stok beras bisa disimpan, cara menimbang beras yang tepat. Selain itu, menentukan kualitas dan jenis beras yang dijual, cara menumpuk dan mengambil karung beras, serta tata kelola beras lainnya.

2. Menghitung Kisaran Modal Awal Usaha

Menghitung Kisaran Modal Awal Usaha

Yang kedua ialah menghitung kisaran modal awal usaha. Setiap usaha umumnya membutuhkan modal untuk menjalankannya. Besaran modal terbilang relatif, karena tergantung dari jenis usaha, hingga skala usaha yang mau dibuat. Perhitungan kisaran modal awal usaha perlu Anda lakukan, guna memberikan gambaran mengenai jumlah dana yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan usaha.

Beberapa hal yang mencakup modal usaha jual beras seperti biaya bahan baku stok beras, biaya peralatan usaha dan biaya perlengkapan usaha. Tidak luput juga dari biaya sewa tempat, biaya karyawan, biaya penataan tempat, dan biaya berkaitan lainnya. Perkiraan jumlah modal untuk usaha jual beras berkisar antara 5 juta sampai 15 juta rupiah. Itu tergantung dari jumlah stok dan penyewaan tempat serta detail kelengkapan usaha.

3. Menemukan Pemasok Beras Tepat dan Terpercaya

Menemukan Pemasok Beras Tepat dan Terpercaya

Setiap usaha yang akan Anda jalankan pasti membutuhkan mitra usaha yang dapat membantu bisnis tersebut. Dalam pembahasan memulai usaha jual beras bagi pemula maka pemasok atau distributor besar menjadi mitra bisnis yang penting. Anda harus mencari pemasok beras yang tepat dan terpercaya.

Carilah pemasok atau distributor yang memberikan pasokan beras berkualitas baik dan jenis yang beragam. Selain itu, Anda juga perlu memilih pemasok beras yang terpercaya dan memiliki nama. Sehingga terhindar dari tindak penipuan. Pilih juga distributor yang memiliki jarak terdekat dengan lokasi usaha Anda, agar proses pengiriman stok beras menjadi cepat dan tepat waktu.

4. Menentukan Kualitas dan Jenis Beras yang Dijual

Menentukan Kualitas dan Jenis Beras yang Dijual

Kualitas dan jenis beras yang ditawarkan dan dijual, merupakan hal utama dalam bisnis ini yang tentu berhubungan langsung dengan pelanggan. Pastikan kualitas beras yang Anda jual terjaga dengan baik, seperti bersih dan bebas dari kutu beras. Dengan begitu, pelanggan menjadi percaya dan mau membeli kebutuhan berasnya di tempat usaha Anda.

Untuk memulai usaha jual beras bagi pemula seperti Anda juga diperlukan kecermatan dan strategi dalam menjalankan usaha. Anda dapat mengatur strategi usaha dengan menjual beragam kualitas dan jenis beras yang dijual sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Berikan pilihan kualitas beras seperti kualitas standar, kualitas menengah, dan kualitas super. Untuk jenis beras Anda dapat menawarkan beras pulen, beras pera, beras putih, beras merah, beras hitam, dan jenis beras-beras lainnya.

5. Menyiapkan Tempat dan Perlengkapan Usaha

Menyiapkan Tempat dan Perlengkapan Usaha

Trik dasar terakhir di pembahasan memulai usaha jual beras bagi pemula, yaitu menyiapkan tempat dan perlengkapan usaha. Anda perlu menyiapkan tempat yang cocok dan strategis untuk menjalankan usaha jual beras ini. Tempat usaha beras tersebut dapat berupa sewa tempat atau menggunakan halaman atau lahan rumah sendiri.

Selain itu, tempat yang ideal untuk usaha ini biasanya dekat dengan keramaian dan mudah diakses serta gampang terlihat oleh calon pembeli atau konsumen. Beberapa tempat yang pas untuk usaha jual beras seperti ruko pinggir jalan, kios pasar, dan tempat strategis usaha lainnya.

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan juga perlengkapan penunjang usaha beras ini seperti alat timbang atau alat takar beras. Untuk penambahannya meja administrasi, buku kas, alat tulis, kertas bon, kalkulator, troli angkut beras, dan perlengkapan usaha beras lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 trik dasar memulai usaha jual beras bagi pemula, agar untung jutaan dapat dipahami. Anda dapat menjadikan trik tersebut sebagai bahan referensi dan wawasan informasi tambahan sebelum memulai usaha ini.



Whatsapp
Call Now