Dokumen perusahaan merupakan aset penting sehingga pengerjaannya harus diserahkan kepada jasa pengurusan dokumen yang tepat

Dokumen perusahaan adalah dokumen yang sangat penting bagi pendirian hingga kelangsungan perusahaan. Sehingga pengurusannya harus dilakukan oleh jasa pengurusan dokumen yang tepat dan dapat dipercaya. Dokumen merupakan bukti bahwa perusahaan beroperasi secara legal dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sehingga dengan adanya dokumen, mitra perusahaan dan masyarakat mempercayai bahwa perusahaan sudah diakui secara hukum.

Dokumen perusahaan terdiri atas catatan keuangan, pembukuan kekayaan perusahaan, dan dokumen lain yang mendukung nilai guna perusahaan. Pengurusan dokumen seringkali diserahkan kepada jasa pengurusan dokumen karena mereka lebih memahami ketentuan yang berlaku. Cara ini juga dilakukan supaya pengurusan lebih efektif dan efisien. Tidak semua pengusaha memiliki waktu untuk mengurusnya karena kesibukan membangun bisnis yang padat.

Dokumen yang dapat ditangani oleh jasa pengurusan dokumen meliputi izin bea & cukai, izin sertifikasi, izin ESDM, izin pertanahan dan bangunan, izin perdagangan, izin usaha, serta izin lingkungan hidup.

Tips Memilih Jasa Pengurusan Dokumen

Dokumen perusahan diperlukan oleh perusahaan berbentuk PT, CV, firma, dan koperasi. Tugas jasa pengurusan dokumen adalah memastikan dokumen perusahaan diurus dengan baik dan tepat waktu. Cara menentukan jasa pengurusan dokumen yang tepat yaitu dengan memperhatikan tips berikut.

  1. Teliti Melihat Profil Biro Jasa

    Identitas lembaga dan profil biro jasa sangat penting untuk diteliti agar Anda mengetahui kredibilitas mereka. Biasanya profil ditampilkan dalam situs resmi mereka. Di laman situs, Anda pun dapat melihat identitas lembaga, paket layanan yang ditawarkan, identitas dan profil notaris, dan daftar klien yang pernah menggunakan layanan mereka. Teliti latar belakang tim yang tergabung dalam jasa pengurusan dokumen. Pastikan mereka mempunyai basis pendidikan di bidang hukum dan birokrasi.

  2. Ketahui Alamat Lengkapnya

    Alamat lengkap biro jasa pengurusan dokumen sangat penting. Bila sewaktu-waktu Anda memerlukan konsultasi dapat langsung datang ke kantor. Dengan mengetahui kedudukan pasti biro jasa, dipastikan pula biro jasa tersebut legal dan dapat bekerja secara profesional.

  3. Perhatikan Rekam Jejak Pelayanan Biro

    Informasi tentang rekam jejak biro jasa pengurusan dokumen dapat Anda peroleh dari situs resmi mereka. Apabila masih kurang puas, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut dari sumber lain dengan melacak nama biro jasa dari mesin pencari seperti Google. Bila masih belum mencukupi, dapatkan ulasan secara langsung dari rekan yang pernah menggunakan jasa mereka.

  4. Perhatikan Paket Pelayanan yang Ditawarkan

    Jasa pengurusan dokumen profesional pastinya siap menjalankan pekerjaan melayani pengurusan berbagai dokumen perusahaan dengan lengkap. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya juga harus menjadi penilaian tersendiri. Jadi, jangan hanya fokus pada biaya yang harus dikeluarkan, melainkan layanan dan kecepatan proses juga dipertimbangkan.
    Perhatikan paket yang ditawarkan. Apa saja jenis dokumen yang dapat mereka kerjakan pengurusannya. Hal ini penting agar dokumen Anda dapat dikerjakan secara cepat oleh orang atau tim yang berpengalaman. Pilihlah jasa yang menawarkan paket lengkap pengurusan dokumen perusahaan. Pembuatan dokumen cepat akan membuat perusahaan juga cepat beroperasi.

  5. Layanan Bergaransi

    Usahakan memilih jasa pengurusan dokumen yang bergaransi. Umumnya garansi diberikan dalam bentuk pengembalian uang jika terjadi kendala yang tak dapat diatasi. Garansi sangat penting demi kepastian dokumen diterima. Jika terdapat perjanjian tentang garansi di awal, saat ada keterlambatan pengurusan dokumen, Anda akan memperoleh ganti rugi.

Selain kelima tips mendapatkan jasa mengurus dokumen di atas, Anda juga harus mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya mahal tak menjamin kinerjanya baik. Sebaliknya, biaya murah juga tidak selalu sinonim dengan hasil kerja yang buruk. Pastikan biaya tidak selisih jauh dengan biro jasa yang lain.

Be the first to write a comment.

Your feedback