5 Permasalahan Yang Kerap Terjadi di Perusahaan dan Solusinya

by Charles

5 Permasalahan Yang Kerap Terjadi di Perusahaan dan Solusinya

Menghabiskan waktu 8 jam sehari di kantor merupakan hal yang wajar bagi para karyawan. Interaksi dan komunikasi sudah pasti terjadi saat bekerja, baik itu dengan atasan maupun rekan kerja lainnya. Tak hanya itu, berbagai perbedaan kepentingan maupun kepribadian tentu juga turut dialami di lingkungan kerja. Hal ini wajar terjadi mengingat setiap manusia merupakan sosok yang kompleks dan unik.

Senang atau tidak, bagaimanapun juga pasti akan muncul beberapa kendala atau masalah saat bekerja. Masalah yang terjadi pun sedikit banyak dapat berdampak di lingkungan kerja, contohnya adalah adanya pekerjaan yang menjadi kurang maksimal karena kurangnya komunikasi. Selain itu, konflik di lingkungan kerja juga dapat berimbas terhadap ketidakseimbangan hidup karyawan, loh.

Meski normal terjadi, adanya dampak negatif tersebut sudah jelas dapat merugikan perusahaan. Bagaimana tidak, akibat konflik yang terjadi tersebut, karyawan dapat bekerja dengan tidak professional dan menjadi faktor penghambat pencapaian tujuan yang telah direncanakan perusahaan. Mau tahu apa saja konflik yang biasanya terjadi di suatu perusahaan serta solusinya? Yuk kita simak artikel ini!

5 Permasalahan Umum di Sebuah Perusahaan dan Solusinya

1. Konflik antara Atasan dan Bawahan

Sangatlah wajar terjadi masalah dalam hubungan kerja. Alasannya beragam, mulai dari bawahan yang tidak memberikan hasil yang memuaskan, atasan salah dalam cara memberikan feedback terhadap pekerjaan bawahan, atau sekedar miss communication. Biasanya inilah hal yang bisa membuat bawahan menjadi tidak betah di suatu perusahaan. Maka dari itu, penting untuk mengatasi konflik antar atasan dan bawahan dengan bijaksana.

Baca:  Ke Kantor Naik Sepeda Atau Kendaraan Pribadi?

Solusi: Tim HR adalah bagian penting untuk menanggulangi permasalahan yang ada di lingkungan kantor. Tim HR dapat menjadi penengah saat terjadi konflik antara atasan dan juga bawahan. Dengan menjadi penengah, tim HR dapat membantu memilah antara permasalah profesional atau pribadi dan dapat membantu mereka menyikapi masalah dengan lebih tepat.

2. Konflik antar Karyawan

Terkadang konflik pun terjadi antar karyawan, entah antar karyawan yang kurang akur atau salah satu seorang karyawan yang merasa direndahkan. Lama-kelamaan masalah internal ini akan mengakibatkan rusaknya lingkungan kerja dalam perusahaan. Lingkungan kerja akan menjadi tidak kondusif dan menganggu karyawan lainnya.

Solusi: Antar karyawan dapat melakukan mediasi untuk mengatasi konflik ini sebelum konfliknya menjadi terus-menerus dan lebih besar. Melalui mediasi, dapat dibentuk suatu kesepakatan bersama yang memberikan win-win solution bagi kedua belah pihak karyawan yang bertikai. Biasanya tim HR atau SDM akan menjadi mediator untuk konflik seperti ini. Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk menghilangkan ego masing-masing. Bagaimanapun juga, antar karyawan tetap harus dapat bekerjasama demi terlaksananya pekerjaan.

3. Pekerjaan Di luar Job Description

Masalah yang kerap terjadi selain dalam relasi antar karyawan adalah masalah yang muncul ketika pekerjaan yang diberikan kepada karyawan tidak sesuai dengan ekspektasi saat melamar pekerjaan. Ternyata karyawan merasa keberatan lantaran ada ketidaksesuaian antara ekspektasi dan realita. Hal ini dapat menghampat pekerjaan yang dilakukan karena tidak sesuai dengan keinginan hati.

Baca:  Boleh Dicoba! 7 Ide Usaha Makanan Receh yang Sedang Ramai

Solusi: Karyawan dapat membicarakan hal ini dengan atasannya. Sebutkan dan jelaskan alasan Anda keberatan dengan pekerjaan yang diberikan. Pastikan juga karyawan membicarakannya dengan nada tenang dan kolaboratif, bukan dengan nada yang frustasi atau marah. Hal ini akan membuat reputasi Anda menjadi lebih positif dan dipandang sebagai seorang problem solver alih-alih complainer.

4. Kewalahan Menangani Pekerjaan

Pada suatu titik ketika beban pekerjaan terasa meningkat, semua deadline pekerjaan akan ditumpahkan kepada karyawan. Kemudian karyawan akan kewalahan membagi-bagi waktu untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut. Ya, memang itulah resiko menjadi karyawan.

Solusi: Sebaiknya karyawan membicarakan hal ini dengan manajernya. Bicarakanlah jika beban pekerjaan dirasa terlalu berat. Jelaskan baik-baik bahwa karyawan merasa kewalahan, dan diskusikan bersama jalan kelaur terbaik. Pastikan bahwa Anda juga memilih waktu yang tepat untuk berbicara ke manajer, atau kalau bisa, buatlah janji sebelumnya supaya pembicaraan lebih produktif dan tidak mengganggu jadwal bekerja atasan Anda juga.

5. Pelecehan di Tempat Kerja

Masalah ini bukan tidak mungkin terjadi, dan sebenarnya menjadi masalah karyawan yang paling berbahaya di perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Sebagai contoh, Start-up transportasi Uber pernah mengadakan penyelidikan terhadap 215 klaim pelecehan dan mengakibatkan 20 karyawan dipecat. Terlepas dari kenyataan bahwa kasus pelecehan ini merupakan salah satu persoalan yang cukup mengganggu dalam dunia kerja, sayangnya masih banyak pula perusahaan yang tidak mau ambil pusing atau apatis. Sikap yang demikian tentunya tidak baik karena akan membuat pelaku semakin bebas berkeliaran dan tidak takut mengulangi apa yang dilakukannya.

Baca:  Pahami Berbagai Jenis Tenaga Kerja di Indonesia!

Solusi: Stop mengabaikan kasus seperti ini. Karyawan yang menjadi korban juga harus berani untuk bersuara. Di lain sisi, apabila Anda menemukan keluhan seperti ini di tempat kerja, jangan pula menertawakan atau menyepelekannya. Berikan dukungan terhadap korban, dan jelaskan bahwa antar karyawan harus melindungi satu sama lain. Dan yang terutama, perusahaan harus lakukan investigasi dan berikan tindakan disiplin sesuai dengan peraturan dan/atau undang-undang yang berlaku.

Demikian 5 permasalahan yang umum & kerap terjadi di perusahaan beserta solusinya. Jika anda sedang mengalami salah satu permasalahan tersebut di atas, semoga solusi yang kita berikan dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan tersebut yang sedang anda alami di perusahaan.

 

Untuk para pembaca Office99 yang setia dan yang ingin Memiliki Perusahaan serta ingin memiliki PT, Tenang saja Office99 menyediakan Jasa Pembuatan PT dan Pembuatan CV Terbaik loh. Selain itu Office99 juga menyediakan harga yang murah sehingga kamu tidak perlu biaya yang mahal untuk membuat PT. Buat PT dan CV? Office99 jawabannya!



Whatsapp
Call Now