Memilih virtual office yang sesuai dengan bidang usaha bisa menghindarkan Anda dari kerugian.

Menjalankan perusahaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan mulai dari mencari pekerja yang kompeten hingga memilih kantor yang cocok untuk ditempati. Apakah menyewa kantor biasa atau menyewa virtual office yang lebih hemat biasa. Kalau Anda memutuskan untuk memilih virtual office sebagai tempat bekerja dan membesarkan usaha, jangan asal saat menyewanya.

Ada beberapa kriteria dari kantor virtual yang sesuai dengan jenis bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Kantor Perwakilan Segala Jenis Usaha

    Karena menyewa properti untuk kantor kadang memiliki biaya mahal dan leasing bisa lebih dari satu tahun kontraknya, membuat kantor perwakilan akan mahal di operasional. Oleh karena itu memiliki kantor virtual sangat dianjurkan untuk menghemat biaya operasional dan bisa dekat dengan lokasi atau target pasar yang disasar.
    Kantor perwakilan membutuhkan lokasi yang cukup strategis. Apalagi kalau sering digunakan untuk pertemuan dengan klien. Selanjutnya kantor perwakilan juga harus memilih virtual office yang menyediakan keterangan domisili dan bisa digunakan untuk akses surat-menyurat resmi.

  2. Usaha Bidang Jasa dan Kreatif

    Orang yang bekerja di bidang jasa dan kreatif cenderung mudah bosan dengan banyak hal. Kalau ruangannya yang ditempati sama mereka bisa mengalami penurunan produktivitas. Hal ini sangat dihindari mengingat bidang kreatif membutuhkan ide cemerlang setiap saat.
    Sebelum menyewa virtual office pertimbangkan masalah kebosanan ini. Sewalah tempat untuk beberapa bukan atau maksimal satu tahun. Kalau memang bosan bisa segera berpindah. Selanjutnya cari kantor virtual yang mengizinkan kita melakukan sedikit modifikasi interior agar lebih sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang dijalankan.

  3. Usaha Bidang Kuliner

    Kantor virtual untuk usaha kuliner biasanya tidak menjadi satu dengan bagian produksi. Para pegawai hanya bekerja untuk media sosial, promosi, dan tempat rapat saja. Kalau kantor jarang digunakan untuk pertemuan bisnis, lokasi strategis dari kantor tidak diprioritaskan, yang penting nyaman dan fasilitas lengkap.
    Kalau pertemuan dengan klien sering dilakukan, virtual office yang disewa diharapkan memiliki fasilitas ruangan rapat yang mumpuni. Dengan fasilitas ini aneka kegiatan bisnis bisa dilakukan dengan mudah. Oh ya, jangan lupa untuk meminta pihak kantor virtual dalam melakukan pengurusan surat keterangan domisili dan izin usaha kalau memang diperlukan.

  4. Usaha Bidang Properti

    Kalau Anda bekerja di bidang properti usahakan untuk memilih yang paket sewanya tidak terlalu lama. Terkadang bisnis ini butuh banyak pindah tempat sehingga menyewa terlalu lama akan merugikan.
    Terakhir, secepat apa pun perpindahan, masalah keterangan domisili harus tetap diurus. Dengan begitu pertemuan dengan klien hingga lalu lintas dokumen bisa berjalan dengan cepat.

  5. Usaha Bidang Travel

    Kalau bergerak di usaha travel, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi. Semakin dekat dengan tempat wisata dan strategis bisa mendatangkan banyak keuntungan. Kalau sudah memiliki lokasi strategis usahakan melakukan sewa cukup lama meski mungkin ada peningkatan harga.
    Kalau ada virtual office yang menawarkan desain khusus untuk interior akan lebih baik lagi. Terakhir, perkuat perizinan agar bisa melakukan surat-menyurat dengan baik termasuk bekerja sama dengan banyak pihak.

Nah, dari beberapa ulasan tentang memilih virtual office di atas, mana saja yang menurut Anda paling berguna. Semoga informasi di atas bisa Anda gunakan untuk rujukan sebelum memutuskan untuk memilih kantor virtual.

Be the first to write a comment.

Your feedback