Mau Untung Jutaan! Lakukan 6 Tips Mudah Memulai Bisnis Snack Kiloan

by Taufan Adi Putra

Mau Untung Jutaan! Lakukan 6 Tips Mudah Memulai Bisnis Snack Kiloan

Untuk memulai berbisnis memang diperlukan pegamatan yang jeli dalam melihat peluang di sekitar kita. Peluang usaha tersebut dapat tercipta dari kebutuhan, kebiasaan, dan tren yang hadir di masyarakat. Mencamil makanan merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang lumrah dilakukan. Biasanya pada waktu senggang ataupun sedang berkumpul bersama keluarga atau para sahabat.

Kebiasan tersebut bisa menjadi peluang menjanjikan untuk Anda ambil sebagai kesempatan usaha. Bisnis snack kiloan merupakan pilihan usaha yang tepat, jika melihat dari adanya peluang tersebut. Dengan pangsa pasar besar serta permintaan yang tinggi, maka tidak heran jika bisnis ini terbilang menggiurkan dalam meraup untung jutaan.

Mereka yang telah sukses dalam bisnis snack kiloan biasanya ialah toko-toko atau agen yang sudah berkecimpung lama, serta memiliki status resmi usaha seperti CV. Oleh karena itu, faktor legalitas dalam kesuksesan usaha juga terbilang penting untuk Anda perhatikan. Dengan adanya legalitas pastinya usaha tersebut mendapatkan beberapa keunggulan. Baik itu, secara langsung ataupun tidak langsung.

Office99 hadir sebagai mitra bisnis yang dapat membantu untuk mengurus kebutuhan legalitas usaha Anda. Dengan pengalaman yang luas serta tenaga ahli di bidangnya tentu tidak heran jika Office99 banyak dipercaya oleh pelaku bisnis. Terdapat layanan jasa pembuatan CV yang mudah dan cepat serta memiliki penawaran harga terjangkau. Kepanjangan CV perusahaan sendiri ialah berasal dari kata Commanditaire Venootschap atau persekutuan komanditer dalam bahasa indnesia.

Sebelum Anda memulai bisnis snack kiloan, maka sebaiknya mencari tahu dahulu mengenai wawasan dan informasi yang berkaitan dengan usaha tersebut. Berikut kami berikan, 6 tips mudah memulai bisnis snack kiloan untuk raup untung jutaan:

Baca:  Ingin Dapat Penghasilan Saat Pandemi? Coba 4 Ide Usaha Ini

1. Lakukan Perencanaan Awal usaha

Lakukan Perencanaan Awal usaha

Tips pertama ialah melakukan perencanaan awal usaha. Dalam setiap bisnis tentunya membutuhkan perencanaan yang matang, agar dapat berjalan sukses dan sesuai keinginan. Rencana tersebut haruslah detail dan mencakup segala hal yang berkaitan dengan bisnis snack kiloan.

Beberapa perencanaan awal usaha yang perlu Anda lakukan seperti rencana kisaran modal, konsep usaha, jenis snack yang akan dijual. Yang terpanting lokasi tempat, pihak pemasok produk, desain merek sendiri, kemasan, varian size snack, pengiriman dan hal penting lainnya.

2. Buat Daftar List Snack Kiloan yang Akan Dijual

Buat Daftar List Snack Kiloan yang Akan Dijual

Tips kedua yaitu Anda perlu membuat daftar list snack kiloan apa saja yang akan dijual. Hal ini merupakan bagian dari perencanaan awal bisnis snack yang bisa Anda lakukan. Dengan adanya daftar list, maka memudahkan Anda melakukan manajemen pengaturan produk. Selain itu juga, menyertakan harga dari masing-masing jenis snack kiloan tersebut.

Berikut beberapa daftar list contoh dari produk snack kiloan yang umumnya ada. Seperti camilan snack cicin pedas, kue gemrose, kue oreo mini, kentang aneka rasa, snack keju, cheetos, dan berbagai snack kiloan lainnya.

3. Temukan Pemasok Snack Kiloan yang Menawarkan Harga Murah dan Terpercaya

Temukan Pemasok Snack Kiloan yang Menawarkan Harga Murah dan Terpercaya

Hal ketiga yang perlu Anda lakukan dalam bisnis snack ini ialah menemukan pemasok tetap. Pertimbangan untuk menentukan pemasok bisa didasarkan harga murah dan memiliki reputasi yang dapat dipercaya. Jangan sampai, Anda salah memilih pemasok sehingga bahan yang disuplai kurang berkualitas.

Untuk menemukan pemasok snack kiloan, Anda dapat mencarinya di beberapa pasar yang khusus menjual aneka camilan secara borongan. Biasanya para pemasok tersebut memiliki jaringan ke gudang atau pabrik dari produk-produk camilan, karena sudah bekerjasama. Selain itu, Anda bisa melakukan pencarian secara online melalui internet. Tetapi, Anda juga perlu waspada membaca informasi yang disajikan internet mengenai hal itu.

Baca:  Pacaran Dengan Teman Sekantor? Boleh kah?

4. Buat Merek Dagang Sendiri Agar Mudah Diingat Konsumen

Buat Merek Dagang Sendiri Agar Mudah Diingat Konsumen

Langkah selanjutnya ialah membuat merek dagang Anda sendiri, agar mudah diingat konsumen dan masyarakat yang akan membeli produk. Dengan memiliki merek dagang sendiri, akan memberikan dampak citra usaha yang lebih profesional dan terpercaya. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan bagaimana desain dari logo merek atau brand produk snack kiloan tersebut.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang desain digital, maka hal ini bukanlah perkara yang susah. Apabila tidak, sebaiknya Anda bisa mencari jasa desainer untuk mendesain merek atau logo produk sesuai keinginan Anda. Pastikan desain merek Anda bebas dari plagiat, serta memiliki orisinalitas dan keunikan yang mencerminkan usaha Anda.

5. Pastikan Kemasan Produk Rapih dan Highenis

Pastikan Kemasan Produk Rapih dan Highenis

Kemasan produk yang rapih dah highenis merupakan salah satu kunci dari keberhasilan bisnis snack kiloan. Kemasan produk tersebut tidak harus rumit dan mewah. Bentuk yang sederhana dan minimalis, pastinya lebih terjangkau dengan budget Anda sebagai pebisnis pemula. Selain itu, kemasan yang baik haruslah kedap udara serta mudah untuk dibawa.

Hal itu penting, sebab jika usaha snack kiloan Anda mendapat pesanan secara online. Maka kemasan yang kedap udara dan mudah dibawa sangat membantu dalam proses pengiriman produk. Selain itu, kemasan yang highenis atau bersih tentu sangat disenangi oleh calon pembeli dan bisa mendapatkan kepercayaan mereka untuk membeli produk Anda. Perhatikan apa kemasan tersebut memiliki kecacatan produksi dan memiliki tampilan yang bersih dari debu atau noda lainnya.

Baca:  Bagaimana Nasib Orang Bertato di Dunia Kerja

6. Lakukan Penjualan Secara Offline dan Online

Lakukan Penjualan Secara Offline dan Online

Tips terakhir kali ini ialah lakukan penjualan secara offline dan online demi menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Hal ini juga dapat dilakukan apabila Anda memiliki modal yang cukup dan memadai. Apabila anda memiliki modal lebih maka bisa membuka toko offline di pasar atau ruko serta sekaligus menjalankan penjualan produk secara online di berbagai platform e-commerce atau sosmed.

Namun, jika modal yang dimiliki minim maka penjualan online juga cukup untuk dilakukan. Dalam bisnis online, foto display produk merupakan hal penting yang perlu Anda pikirkan. Sebab hal tersebut menjadi ‘pemikat pertama’ kepada para calon pembeli secara online. Packaging produk juga merupakan hal yang tidak lepas dari penjualan bisnis snack kiloan secara online. Buat packaging yang rapih sesuai standar produk online sehingga mudah untuk dikirim melalui jasa pengiriman.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai 6 tips mudah memulai bisnis snack kiloan untuk raup jutaan rupiah yang perlu Anda ketahui. Usaha snack kiloan memang dapat menjadi bisnis yang menjajinkan dalam mendulang keuntungan jutaan jika dilakukan dengan serius dan konsisten. Tips tersebut dapat Anda jadikan refrensi dan wawasan tambahan sebelum terjun langsung ke bisnis tersebut. Selamat memulai bisnis snack kiloan ya!



Whatsapp
Call Now