Menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis memiliki risiko konflik yang jika tidak diatasi akan menyebabkan perpecahan.

Menjalankan bisnis memang lekat dengan risiko. Apalagi jika Anda menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis, risiko terjadi konflik pun semakin tinggi. Konflik yang tidak diatasi dengan baik akan membawa akibat berupa perpecahan yang mengancam perkembangan perusahaan.
Kunci agar dapat kompak menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis, yaitu kesepakatan di awal dan saling memahami di tengah kerja sama. Untuk menghindari konflik yang berlarut-larut, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Menyamakan Visi dan Misi

    Konflik dapat terjadi karena adanya perbedaan visi dan misi yang tidak dikondisikan. Tanpa penyatuan visi, tujuan, dan nilai dengan rekan bisnis, menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis terasa berat.
    Setiap pihak akan seringkali diliputi prasangka yang berujung saling menikung. Oleh sebab itu, sejak awal Anda harus merumuskan visi dan misi yang sama untuk jangka panjang. Rekan bisnis yang satu tujuan akan lebih mudah diajak berkompromi, memadukan rencana, gagasan serta strategi untuk kemajuan perusahaan.

  2. Memisahkan Kepemilikan Pribadi dan Perusahaan

    Pisahkan harta pribadi masing-masing dan harta perusahaan. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan mengukur dan melacak investasi dan kontribusi dalam menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis. Kepemilikan yang tercampur akan mengakibatkan kontribusi setiap orang menjadi samar, yang selanjutnya dapat memicu perselisihan.

  3. Jangan Melupakan Kontribusi yang Diberikan Rekan

    Dalam menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis, Anda dapat melakukan perhitungan modal, waktu, gagasan, dan reputasi yang disumbangkan oleh rekan terhadap perusahaan. Setiap orang berkontribusi dengan kekuatan dan keahlian yang dibutuhkan dalam membangun bisnis. Apabila saat ini perusahaan mengalami kemajuan dan terjadi konflik dengan rekan bisnis, baik Anda maupun rekan harus fokus pada kontribusi dan saling menghargai supaya tidak ada perpecahan.

  4. Menentukan Cara Membuat Keputusan

    Cara membuat keputusan harus disepakati. Dalam menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis harus ada tata kelola yang baik dan seimbang. Dokumentasi dan proses harus jelas siapa yang terlibat dan dalam kapasitas apa keputusan dibuat. Hal ini akan menjadikan keputusan jelas, tanpa formalitas yang akan menjadi benih konflik di kemudian hari.

  5. Membuat Rencana untuk Menyelesaikan Perbedaan

    Meski memiliki latar belakang serta visi dan misi yang sama, Anda tak mungkin selalu sepakat dengan rekan bisnis dalam segala hal. Dalam menyelesaikan perbedaan pendapat dan keputusan jangka menengah dan jangka panjang, perlu ada rencana tersendiri. Anda dapat memilih menyelesaikan perbedaan dengan melibatkan mediator atau arbitrator pihak ketiga.
    Anda dan rekan bisnis memiliki kekuasaan yang dalam menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis. Sehingga perlu kesepakatan agar tidak ada kesulitan yang berakibat buruk bagi finansial, kepegawaian, hingga penanganan vendor dan klien. Memahami karakter mitra cukup membantu untuk mengurai jika terjadi konflik dan mencari penyelesaian.

  6. Meninjau Rencana Kemitraan Secara Berkala

    Sebagai mitra bisnis yang baik, Anda harus meninjau ulang apa yang harus dikerjakan, apa yang tidak perlu dikerjakan, dan perubahan apa yang perlu dilakukan agar target tercapai. Rencana menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis dapat ditinjau kembali secara berkala, umumnya 3 bulan sekali atau triwulanan.

  7. Merumuskan Solusi Jika Terjadi Perpecahan

    Sebaik apa pun usaha Anda untuk mempertahankan kekompakan dalam menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis, masih saja ada celah yang menyebabkan adanya perpecahan. Untuk mengantisipasi akibat buruk keluarnya rekan bisnis dari kemitraan, Anda perlu membuat rencana. Strategi untuk menekan dampak pecah kongsi bagi bisnis harus Anda bincangkan dengan mitra bersangkutan. Solusinya dapat berupa penjualan kepemilikan kepada Anda atau kepada pihak lain.

Demikian usaha yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kekompakan dalam menjalankan perusahaan bersama rekan bisnis. Pastikan apa pun yang Anda dan rekan lakukan benar-benar berorientasi pada kebaikan demi kestabilan perusahaan.

Be the first to write a comment.

Your feedback