Ketahui 6 Tahap Memulai Bisnis Pet Shop Dengan Mudah

by Muhammad Zafrullah

Ketahui 6 Tahap Memulai Bisnis Pet Shop Dengan Mudah

Semakin banyak masyarakat yang memiliki hewan peliharan seperti kucing, anjing, ikan hias, kelinci, burung hias, hingga reptil. Hal ini semakin berkembangnya tren memelihara hewan yang merupakan dampak dari kemajuan gadget dan digital serta sosial media. Dengan adanya sosial media, maka banyak juga konten yang menyajikan keakraban antara hewan peliharan dan manusia.

Apakah Anda merupakan orang yang menyukai dan menyayangi binatang atau hewan? Apabila iya, maka bisnis pet shop ini dapat dijadikan ide usaha yang paling tepat. Menjalankan bisnis penitipan hewan dapat menjadi keuntungan ganda bagi Anda. Karena bisa menyalurkan hobi untuk dekat dengan berbagai jenis hewan, sekaligus dapat menghasilkan pendapatan.

Hal yang Dapat Mendukung Bisnis Pet Shop

Hal yang Dapat Mendukung Bisnis Pet Shop

Jika Anda ingin serius menjalankan bisnis toko hewan maka penting untuk mengurus legalitas usaha dan surat izin. Adanya legalitas usaha, dapat membantu kepercayaan dan rasa aman konsumen untuk menitipkan hewannya. Dengan demikian, mereka tidak ragu dan mau datang ke tempat pet shop Anda.

Terlebih hewan peliharan sudah dianggap menjadi sahabat atau keluarga dari pemeliharanya. Sehingga pecinta binatang pun akan cenderung waspada dalam menitipkan atau membeli kebutuhan hewan peliharaannya. Oleh karena itu, Office99 dapat menjadi jawaban akan kebutuhan legalitas dan izin usaha yang diperlukan bisnis pet shop milik Anda.

Terdapat layanan jasa bikin PT dengan mudah dan murah, yang ditangani oleh tim profesional berpengalaman dibidangnya. Anda juga akan dibantu untuk pengurusan syarat bikin PT. Sehingga izin usaha dapat dikerjakan lebih cepat dan sesuai aturan yang berlaku secara hukum.

Berikut 6 Tahap Memulai Bisnis Pet Shop Dengan Mudah:

1. Memiliki Wawasan dan Pengetahuan Seputar Hewan Peliharan

Memiliki Wawasan dan Pengetahuan Seputar Hewan Peliharan

Tahap pertama yang perlu Anda pahami memulai ini adalah memiliki wawasan dan pengetahuan seputar hewan peliharan. Esensi utama dalam bisnis pet shop, tentunya mengenai pelayanan akan kebutuhan hewan peliharaan. Penting bagi Anda dalam memiliki wawasan dan pengetahuan akan hal tersebut.

Beberapa wawasan tersebut meliputi banyak hal seperti cara merawat hewan peliharaan, jenis makanan hewan peliharaan. Bahakan harus mengetahui juga jenis obat-obatannya, kondisi hewan yang sedang sakit, ukuran kandang hewan, dan pengetahuan berkaitan lainnya.

2. Buat Rencana Awal Bisnis

Buat Rencana Awal Bisnis

Dengan membuat rencana awal bisnis pet shop. Hal ini terbilang cukup penting bagi Anda dalam memulai. Terbentuknya rencana awal bisnis, maka Anda akan lebih mudah menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan secara bertahap sesuai rencana.

Rencana awal bisnis ini juga mencakup banyak hal seperti perkiraan besaran modal, kebutuhan peralatan usaha, perlengkapan usaha, letak lokasi usaha, dan layanan usaha. Selain itu juga, yang produk yang akan dijual, nama branding, hingga legalitas usaha.

3. Menentukan Kisaran Modal Awal Kebutuhan Bisnis Pet Shop

Menentukan Kisaran Modal Awal Kebutuhan Bisnis Pet Shop

Setiap usaha pastinya membutuhkan modal baik kecil hingga besar. Tidak terkecuali bisnis pet shop juga membutuhkan modal yang perlu Anda tentukan sendiri. Semakin banyak kebutuhan bisnis, maka semakin besar juga dana yang harus Anda keluarkan.

Jumlah modal bisnis ini sebenarnya dapat Anda sesuaikan dengan skala dan rencana usaha. Jangan sampai jumlah kebutuhan usaha lebih besar dari besaran modal yang tersedia. Hal ini dapat mengakibatkan bisnis Anda berjalan kurang lancar. Menurut beberapa sumber lain di internet, kisaran modal awal untuk membuka bisnis pet shop berada pada angka 10 juta atau lebih.

4. Menentukan Konsep Serta Jenis Layanan atau Produk Jual Bisnis

Menentukan Konsep Serta Jenis Layanan atau Produk Jual Bisnis

Tahap selanjutnya ialah menentukan konsep dan jenis layanan bisnis. Anda dapat menentukan konsep bisnis yang akan dijalankan sesuai keinginan Anda. Entah itu one stop service konsep yang merupakan bisnis yang menawarkan berbagai jenis layanan dan kebutuhan hewan peliharaan di satu tempat usaha.

Anda juga perlu menentukan produk apa saja yang akan di jual di bisnis pet shop ini. Semisalkan produk makanan kucing, produk makanan anjing, produk vitamin hewan peliharaan, dan sebagainya. Selain itu, Anda harus menentukan layanan apa saja yang ditawarkan didalam bisnis ini. Contoh jasa penitipan hewan, jasa perawatan hewan sakit, , jasa vaksin hewan peliharaan, dan layanan jasa lainnya.

5. Mencari Pemasok Produk Jual Kebutuhan Hewan Peliharaan

Mencari Pemasok Produk Jual Kebutuhan Hewan Peliharaan

Dalam menjalankan bisnis pet shop pastinya akan menjual kebutuhan hewan peliharaan. Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi melalui berbagai produk hewan peliharaan, yang dibuat oleh berbagai perusahaan penjual produk kebutuhan hewan.

Untuk itu, Anda perlu mempunyai pemasok yang dapat mengakomodasi berbagai produk penjualan. Pemasok bisa Anda cari melalui informasi di internet atau melalui kontak kerjasama yang terdapat di berbagai produk kebutuhan hewan.

Terdapat beberapa jenis produk yang umumnya dijual di pet shop yaitu makanan hewan, obat-obatan, shampo hewan, vitamin hewan, dan produk hewan peliharaan lainnya.

6. Memilih Lokasi Bisnis Pet Shop

Memilih Lokasi Bisnis Pet Shop

Tahap terakhir dalam pembahasan ini ialah memilih lokasi usaha. Lokasi akan berperan penting dalam membantu kelangsungan sebuah bisnis. Lokasi yang strategis dan ideal merupakan hal yang perlu Anda cermati dalam memilih tempat usaha.

Bisnis usaha ini, membutuhkan lokasi tempat pet shop terdekat dengan keramaian yang mudah diakses bagi calon konsumen. Selain itu juga, perlu memperhatikan daerah lokasi usaha, apakah kondisi masyarakatnya banyak memiliki peliharaan atau tidak.

Jangan sampai Anda menjalankan usaha pet shop di daerah yang kurang ramai dan masyarakatnya jarang memiliki hewan peliharaan. Beberapa contoh lokasi yang tepat dan ideal untuk bisnis ini. Kami memberikan refrensi seperti di dekat jalan raya, daerah pusat kota, dan daerah dekat komplek perumahaan.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 6 tahap mudah memulai bisnis pet shop untuk pengusaha pemula. Bisnis yang satu ini, bisa dibilang sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha. Sekaligus menyalurkan hobi untuk berdekatan dengan hewan peliharaan. Bisnis ini juga memiliki prospek yang menggiurkan, mengingat jumlah hewan peliharaan saat ini semakin bertambah di tengah masyarakat.



Whatsapp
Call Now