Etika Saat Berada Di Kantor Yang Harus Kamu Perhatikan!
Tips

Etika Saat Berada Di Kantor Yang Harus Kamu Perhatikan!

by Vana Viana

Apakah kamu seorang fresh graduate? Yang baru ingin memulai karir dan bekerja di kantoran? Saat kamu berada di kantor, pastinya sudah berbeda saat kamu berada di kampus atau dirumah yang lebih didominasi oleh teman – teman dekatmu. Ada beberapa etika saat bekerja di kantor yang harus kamu perhatikan dan kamu patuhi ketika sudah bekerja di sebuah perusahaan. Dengan hal ini kamu bisa lebih menghargai orang lain dan begitupun sebaliknya. Selain itu, ini juga beberapa hal kecil yang mempengaruhi jenjang karir kamu nantinya. Etika yang baik di kantor juga akan membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman, apa saja sih etika yang harus diperhatikan dan dipatuhi oleh Smart People?

  1. Tepat Waktu

Dengan kamu menghargai waktu, pastinya kamu akan lebih dihargai oleh rekan – rekan kerjamu. Kebiasaan baik ini juga menunjukkan bahwa kita adalah orang yang menghargai waktu para atasan dan rekan – rekan kerja kamu. Sebagai seorang karyawan memang kamu harus menepati peraturan yang sudah dibuat oleh perusahaan. Dan jadilah karyawan yang bijak untuk menaati peraturan tersebut. Jarang – jarang loh ada karyawan yang tepat waktu, oleh karena itu kamu harus menjadi salah satu yang tepat waktu!

 

  1. Pakailah Baju Yang Pantas dan Sopan

Saat sudah mulai bekerja, busana atau pakaian menjadi hal yang diperhatikan oleh sekelilingmu. Pahami dulu lingkungan kantor kamu, jika kantor tempat kamu bekerja adalah tipe perusahaan formal, pakailah pakaian formal seperti celana kain, kemeja atau juga blazer. Namun jika perusahaan kamu perusahaan yang lebih santai, kamu bisa memilih pakaian yang lebih fun dan santai, seperti celana jeans, sweater atau outer yang lebih trendy. Smart People harus lebih menyesuaikan suasana di kantor juga, jangan sampai kamu salah kostum ya!

 

  1. Jangan Mencela Pembicaraan Orang

Sebenarnya etika yang satu ini harusnya sudah biasa kamu terapkan dimanapun. Karena dengan mencela pembicaraan orang lain menunjukkan keegoisan diri kamu. Menunjukkan kamu lebih ingin didengar pendapatnya terlebih dahulu. Namun ini adalah hal yang salah, oleh karena itu lebih baik tunggulah teman sekantor kamu untuk menyelesaikan pembicaraannya terlebih dahulu, baru kamu utarakan pendapatmu. Ini bukan hal sepele, jadi harus kamu ingat terus untuk tidak mencela pembicaraan orang lain.

 

  1. Hargai Privasi Rekan Kantormu

Walaupun sudah teman dekat, biasakanlah untuk menghargai privasi orang lain. Jangan pernah membaca e-mail, atau chat di layar komputer atau di handphone milik orang lain. Karena dengan ini bisa membuat rekan kerjamu menjadi tidak nyaman saat berada didekatmu. Jika perlu sesuatu yang bersifat pribadi kamu bisa mendiskusikannya terlebih dahulu.

 

  1. Jadilah Orang Yang Bertanggung Jawab

Bila kamu ingin jenjang karirmu meningkat, jadilah orang yang bertanggung jawab. Bila kamu menerima tanggung jawab project kantor yang harus dikerjakan. Kerjakanlah semaksimal mungkin. Karena dari sinilah terlihat apakah kamu pantas atau tidak untuk naik jabatan. Jika kamu tidak bisa bertanggung jawab dengan project yang diberikan, pasti kamu juga tidak bisa bertanggung jawab dengan seluruh karyawan di kantor kamu.

Demikianlah etika yang harus Smart People ketika baru mulai bekerja atau sudah lama bekerja namun belum mengetahui etika – etika tersebut. Semoga artikel ini bisa memacu Smart People untuk lebih bisa menaati etika saat berada di kantor lagi ya!

 

Whatsapp
Call Now