Milenial, Begini Cara Nabung Yang Jitu Untuk Kamu

by Charles

Milenial, Begini Cara Nabung Yang Jitu Untuk Kamu

Milenial saat ini sering diperbincangkan karena gengsinya yang tinggi, dari nongkrong-nongkrong di café hingga membeli tas branded memang tidak bisa dilepas dari kehidupan para anak muda jaman sekarang. Padahal, disisi lain, mereka juga harus tetap menabung dari penghasilannya. Menabung tidak akan menjadi efektif jika kita mempunyai gaya hidup yang konsumtif. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk para milenial agar dapat merupah gaya hidup menjadi lebih positif dan hemat. Memang tidak mudah, namun tujuannya sangat baik agar kamu bisa hidup nyaman dan mencapai kebebasan finansial di masa tua kamu.

 

Sesuai hasil survey dari situs keuangan Bankrate menyatakan jika 60% milenial di Amerika sudah memiliki kesadaran untuk menabung, masa iya kamu sebagai Smart People mau begini-begini saja? Yuk simak cara jitu untuk menabung!

 

  1. Catat Pengeluaran Bulananmu!

Hal yang paling utama yang dapat kamu lakukan adalah membuat catatan pengeluaran per bulanmu agar kamu mengetahui uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan primer. Dengan ini kamu bisa menghematnya setiap bulan, kamu bisa menentukan dan mengevaluasi aktivitas belanja yang tidak kamu butuhkan. Sehingga uang tersebut tidak terbuang secara cuma cuma dan bisa kamu tabungkan ke dalam rekeningmu.

 

  1. Cobalah Berinvestasi!

Jangan sia-siakan uangmu hanya untuk nongkrong di café-café saja, mulailah belajar untuk berinvestasi sejak dini, kamu bisa mengikuti seminar atau workshop untuk mempelajari lagi lebih dalam untuk berinvestasi. Lagipula sekarang kamu juga bisa browsing untuk menambah wawasan kamu. Selain itu di era digital ini ada banyak juga aplikasi yang bisa kamu unduh untuk belajar investasi. Atau jika kamu masih mencoba-coba kamu bisa main saham milik perusahaan milik negara yang terbuka. Banyak kan caranya?

Baca:  Cara Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran

 

  1. Hindari Menggunakan Kartu Kredit!

Seminim mungkin jangan kamu gunakan kartu kreditmu untuk hal yang tidak penting, seperti membayar makanan, karena dengan ini akan menjadi kebiasaan kamu untuk malahan berbelanja lagi, bukan untuk melunaskan tagihan kartu kreditmu. Bila perlu bawalah uang tunai secukupnya untuk menghindari gaya hidup yang konsumtif!

 

  1. Miliki Kerjaan Sampingan!

Carilah sumber penghasilan selain penghasilan tetapmu, bukan hanya untuk sekedar tambahan, kamu bisa menggunakan uang dari penghasilan tambahanmu untuk memanjakan dirimu tapi jangan sampai kebablasan ya, Smart People! Dan sisanya kamu bisa masukkan ke tabungan darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti. Ya, sebagai backup plan kamu!

 

  1. Gunakan Teori 50/20/30!

Yang terakhir adalah menggunakan teori 50/20/30 yang dipopulerkan oleh pakar keuangaan sekaligus juga professor asal Harvard, Amerika Serikat, yaitu Elizabeth Waren. Jadi 50 persen untuk kebutuhan pokok contohnya seperti membayar cicilan rumah, kendaraan atau listrik dan air. 20 persen untuk menabung, investasi dan asuransi, agar kamu mapan. Dan 30 persen lainnya untuk menunjang gaya hidupmu untuk belanja, nongkrong bareng teman teman kamu atau sekedar nonton di bioskop, meski begitu, jangan terlalu boros atau pelit juga ya ketika pergi bersama teman kamu. Jadi kamu bisa tetap menabung juga dengan teori ini.

 

Nah itu dia cara jitu bagi kamu para millennial untuk menabung. Bukan hanya sekedar untuk menabung namun juga untuk mengendalikan diri kamu untuk tidak menjadi orang yang konsumtif. Tenang saja, selalu ingat kata pepatah “hemat pangkal kaya”, banyak loh manfaat positif jika kamu hidup hemat, apalagi kamu masih muda, Smart People!



Whatsapp
Call Now