Banyak Tawaran Pekerjaan? Yang Mana Yang Harus Dipilih?

by Vana Viana

Banyak Tawaran Pekerjaan? Yang Mana Yang Harus Dipilih?

Ketika kamu mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan disaat yang bersamaan, pasti kamu bingung harus memilih yang mana? Di satu sisi memang membanggakan, namun kamu tidak boleh asal pilih karena kamu harus pertimbangkan terlebih dahulu pekerjaan dan perusahaan mana yang paling cocok dengan kamu. Karena dari banyaknya tawaran kerja, belum tentu semua cocok dengan kamu.

Bukan hanya gaji yang harus dipertimbangkan, namun ada beberapa hal lainnya yang tidak kalah penting dengan gaji. Apa saja sih yang harus dipertimbangkan? Yuk kita cek dan gali informasi aja saja yang harus dipertimbangkan!

 

  1. Bidang Pekerjaan

Pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan yang menawarkan kamu pekerjaan sesuai dengan bidang yang kamu minati. Cobalah untuk membandingkan, diantara banyaknya tawaran pekerjaan, perusahaan mana yang memberikan kamu posisi yang kamu inginkan. Selain posisi yang kamu inginkan sudah sesuai, pastikan kembali job description yang diberikan juga sesuai dengan keahlian kamu. Jika hal tersebut sudah sesuai, pasti akan lebih nyaman untuk kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Karena apa yang kamu minati cocok dengan yang kamu kerjakan.

 

  1. Kesempatan Untuk Berkembang

Ketika kamu sudah berkarir, pastinya kamu tidak ingin stuck di situ – situ saja, kamu juga pasti ingin berkembang. Karena jenjang karir yang berkembang akan menentukan masa depan kamu nantinya. Ini pula yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih pekerjaan. Apakah kamu mempunyai kesempatan yang berkembang? Apakah kamu bisa mengembangkan ide dan bisa juga berkontribusi terhadap pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan tersebut? Kemudian tanyakan juga, apakah bisa mendapatkan promosi jabatan? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan promosi jabatan tersebut?

 

  1. Budaya Perusahaan

Kamu akan menghabiskan sekitar setengah hari di dalam kantor, atau bisa saja lebih jika ada lembur. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika perusahaan yang kamu pilih memiliki budaya atau lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Kamu bisa mendapatkan informasi internal seperti ini dengan cara menanyakan langsung ke karyawan, atau mencari langsung ke forum – forum di internet. Dan bila kamu tidak sungkan untuk menanyakan langsung saat wawancara, kamu bisa menanyakan langsung ke pewawancara bagaimana kondisi lingkungan kerja di perusahaan tersebut. Jika sudah mendapatkan jawabannya, kamu bisa menimbang lagi, apakah lingkungan kerja yang ada di perusahaan tersebut cocok dengan kamu dan juga membuat kamu nyaman? Karena bagaimanapun lingkungan kerja akan mempengaruhi produktivitas kerjamu dan hasil kerjamu juga.

 

  1. Lokasi Kantor

Mungkin saat menerima pekerjaan, kamu tidak terlalu memikirkan hal ini. Namun akan ada saatnya kamu mengeluh karena jarak dari rumah ke kantor kamu tidak bersahabat. Atau mungkin faktor akses transportasi yang tidak memadai untuk kamu. Usahakan pilihlah kantor yang dekat dengan tempat tinggal kamu dan juga perhatikan konektivitas sarana transportasi umum yang ada dari rumah ke kantor kamu ataupun sebaliknya. Jadi, jika suatu saat nanti kamu sudah bekerja, kamu tidak membuang waktu yang lama di perjalanan.

 

  1. Gaji

Ini dia bagian yang paling ditunggu – tunggu! Jangan langsung memilih gaji yang paling tinggi, karena gaji yang tinggi bukan berarti kamu akan merasa nyaman berada di dalam kantor itu. Biasanya perusahaan akan memberikan gaji yang tinggi dan perusahaan tersebut akan menuntut banyak waktu, energy dan pikiran dari kamu. Buat apa gaji tinggi, namun kamu tidak nyaman berada di perusahaan tersebut? Pilihlah perusahaan yang menawarkan gaji yang paling sesuai dengan pekerjaan yang diberikan. Pikirkan kembali apakah penghasilan kamu bisa menutupi segala pengeluaran kamu? Termaskud juga untuk tabungan dan investasi kamu.

 

  1. Tunjangan Yang Diberikan Oleh Perusahaan

Di saat kita sudah mati – matian bekerja untuk perusahaan, pastinya kita mengharapkan benefit apa yang akan diberikan oleh sebuah perusahaan untuk karyawannya? Pastikan perusahaan tersebut memberikan tunjangan untuk karyawannya, contohnya seperti asuransi atau BPJS, dan juga dana pensiun. Jika perusahaan yang menawarkan kamu pekerjaan sama sekali tidak memberikan ini kepada kamu, bisa kamu pertimbangkan kembali. Karena hampir semua perusahaan harusnya menawarkan tunjangan standart sepertu asuransi atau BPJS. Tunjangan lainnya yang diberikan oleh perusahaan adalah rekreasi, biaya pulsa dan sebagainya. Biasanya, informasi ini bisa kamu cari ketika ada wawancara pekerjaan atau juga tanda tangan kontrak pekerjaan.

 

  1. Karakter Atasan

Untuk hal ini, sebenarnya perlu kamu pertimbangkan untuk hasil kinerja kamu suatu saat nanti. Apakah atasan kamu akan menghargai apa yang telah kamu kerjakan? Ini berpengaruh terhadap produktivitas dan hasil kerja kamu suatu saat nanti. Biasanya di sesi wawancara, kamu akan diperkenalkan dengan calon atasan kamu. Mungkin kamu bisa menilai karaket orang tersebut. Apalagi jika kamu sebagai fresh graduate, inilah titik awal untuk menentukan ke arah mana karir kamu. Jika kamu dibimbing oleh orang yang salah, ini akan mengubah semua produktivitas pekerjaan dan hasil pekerjaan kamu.

 

Itu dia pertimbangan memilih pekerjaan diantara banyaknya tawaran pekerjaan yang menunggu kamu. Bagaimanapun kamu harus mengikuti isi kata hati kamu. Yang manakah perusahaan yang akan cocok dengan kamu dan membuat kamu nyaman. Ingat juga, kamu harus memilih secara rasional, jangan sampai suatu saat nanti kamu menyesal dengan pilihan kamu. Karena ini bukan perkara sembarangan, ketika kamu sudah menandatangani kontrak kerja, kamu sudah harus berkomitmen untuk perusahaan dan pekerjaan kamu. Pertimbangkan kembali secara matang untuk kesuksesan kamu di masa depan!



Whatsapp
Call Now