Tips Melakukan Negosiasi Sewa Kantor Yang Benar

by rudi

Tips Melakukan Negosiasi Sewa Kantor Yang Benar

Perhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan negosiasi sewa kantor termasuk membuat kerja sama yang benar dan menguntungkan.

Dalam menyewa kantor, hal yang paling sulit dilakukan bukan untuk membayar berapa bulan atau tahun. Namun, bagaimana melakukan negosiasi sewa kantor yang benar untuk mendapatkan harga yang tepat serta bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Kalau Anda hanya asal menyewa tanpa mempertimbangkan negosiasi hingga perjanjian, pemborosan dan kerugianlah yang akan didapatkan.

Nah, kalau Anda ingin menyewa sebuah kantor, kerahkan kemampuan negosiasi dengan baik. Jangan mengiyakan semua perjanjian kalau Anda lebih banyak mendapatkan kerugian. Prinsip melakukan negosiasi untuk mendapatkan kantor yang terbaik adalah jangan mau mendapatkan rugi apa pun kondisinya. Berikut beberapa tips melakukan negosiasi sewa kantor.

  1. Jangan Lakukan Sendiri Kalau Tidak Bisa Negosiasi Sewa Kantor

    Kesalahan terbesar kita saat akan melakukan negosiasi sebelum menyewa kantor adalah melakukannya sendirian saja. Padahal kemampuan kita dalam melakukan negosiasi belum tentu baik. Ada baiknya menyewa pengacara atau agen properti untuk melakukan negosiasi dengan baik dan melaporkannya.
    Dengan menggunakan jasa negosiator, Anda akan mendapatkan tawaran harga yang cukup masuk akal atau lebih rendah. Lakukan pertemuan untuk mendiskusikan ini. Kalau memang setuju bisa langsung melakukan survei dan mulai menyusun kontrak kerja sama untuk negosiasi sewa kantor dengan baik agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

  2. Perjanjian Pembatalan dan Diskon Sewa

    Dalam beberapa klausul kerja sama harus ada bagian tentang pembatalan dan sikon sewa. Mengapa harus ada tentang pembatalan sewa? Karena ada kalanya Anda memiliki pandangan baru dan harus berpindah tempat. Kalau tidak ada kerja sama itu, bisa jadi kantor lama tidak terpakai dan menjadi sumber pemborosan. Atur klausul denda minimal dan mungkin pengembalian uang sewa.
    Atur juga masalah diskon kalau menyewa selama beberapa tahun. Diskon beberapa persen saja cukup lumayan untuk melakukan penghematan. Jadi, kalau Anda sudah merasa yakin dan ingin berada di sana dalam jangka waktu lama, segera lakukan kontrak panjang dan juga meminta diskon yang manusiawi sesuai dengan kesepakatan negosiasi sewa kantor.

  3. Diperbolehkan Menyewakan Kembali

    Kalau klausul pembatalan dan denda minimal tidak bisa diberlakukan saat negosiasi sewa kantor, Anda harus memasukkan pasal tentang penyewaan kembali. Dengan penyewaan kembali ini Anda tetap akan mendapatkan uang dari sewa yang diberikan ke orang lain. Artinya meski tidak bisa dibatalkan masih bisa dipindahtangankan.
    Meski sewa yang diberikan tidak bisa mengganti semua biaya yang dikeluarkan, paling tidak masih ada pemasukan yang besar. Kalau Anda menyewa kantor di area strategis, bisa saja Anda menaikkan harga sewa karena selama sewa Anda berhak menggunakannya untuk apa saja seperti kesepakatan pada negosiasi sewa kantor.

  4. Diperbolehkan Menyewa dengan Orang Lain

    Kalau Anda takut menyewa bangunan yang terlalu lebar tapi terlanjur kepincut karena lokasinya strategis, buatlah klausul tentang kerja sama dengan orang lain. Satu bangunan bisa disewa oleh lebih dari satu orang. Kalau ke depannya Anda mampu membayar semua dan bisa dimanfaatkan dengan baik, tidak masalah. Namun, untuk berjaga-jaga klausul itu harus ada saat negosiasi sewa kantor.

  5. Ada Waktu Perbaikan Kerja Sama

    Ada kalanya keuangan perusahaan sedang seret dan terjadi masalah dengan pembayaran. Sebelum melakukan kerja sama buat klausul tentang perbaikan kerja sama yang di dalamnya ada masalah telat membayar dan diberi waktu selama beberapa minggu atau mungkin bulan untuk menyelesaikannya.

Inilah beberapa ulasan tentang negosiasi sewa kantor yang bisa Anda atau tim lakukan dengan benar. Dengan melakukan beberapa hal di atas, negosiasi akan berjalan mulus dan Anda mendapatkan apa yang sudah diinginkan. Selain mendapatkan harga miring, Anda juga akan mendapatkan kemudahan lainnya seperti diskon sewa. Jika Anda hendak sewa virtual office murah di BSD City Serpong, silahkan hubungi kami karena kami punya solusi untuk Anda.



Whatsapp
Call Now