Tips Sukses Lewati Masa Probation dan Jadi Karyawan Tetap!

by Charles

Tips Sukses Lewati Masa Probation dan Jadi Karyawan Tetap!

Biasanya untuk menjadi karyawan tetap kamu harus melewati masalah probation atau masalah percobaan terlebih dahulu. Masa probation sendiri pun butuh waktu sekitar 3-6 bulan untuk membuktikan kamu pantas atau tidak untuk memenuhi kriteria menjadi karyawan tetap. Sebenarnya apa sih perbedaannya? Biasanya setelah mengakhiri masa percobaan tersebut kamu akan mendapatkan jatah cuti, kenaikan gaji, jaminan kesehatan dan lain lain. Nah agar dapat melaluinya dengan baik, mau tahu caranya melewatinya dengan baik? Yuk simak artikel ini!

 

  1. Kenali Perusahaanmu

Sebagai karyawan seharusnya kamu mengenali terlebih dahulu perusahaan dimana tempat kamu bekerja. Kenali profil perusahaan, jika kamu sudah kenali perusahaan kamu akan timbul rasa royal kepada perusahaan tempat kamu bekerja. Ya ibaratnya tak kenal maka tak sayang. Iya kan Smart People?

 

  1. Berpikir Positif

Dunia kerja memiliki tantangannya tersendiri. Tapi kamu harus tetap menjadi orang yang positif dalam menjalaninya agar kamu tetap enjoy berada di perusahaan tersebut. Karena hal ini pasti akan berdampak kepada kinerja kamu, yang pasti akan banyak adanya dampak positif juga dari pola pikir kamu tersebut.

 

  1. Tepat Waktu

Ketepatan waktu kamu pasti akan menjadi pertimbangan bagi HRD untuk melanjutkan kontrak kerja kamu. Cobalah menjadi orang yang disiplin agar bisa datang selalu tepat waktu saat pergi ke kantor. Ini juga menunjukan bahwa kamu professional sebagai pekerja.

Baca:  Persiapkan 3 Hal Berikut Ini Sebelum Menggunakan Virtual Office

 

  1. Beradaptasi dan Membuka Pikiran

Dengan bekerja di kantor pasti akan ada banyaknya pribadi pribadi baru yang akan mengenal kamu atau yang akan kamu kenali. Beradaptasilah dan jangan tanggapi semua hal terlalu personal. Justru kamu harus menunjukan kamu adalah orang yang open minded dan tunjukan juga peforma kamu yang terbaik!

 

  1. Buatlah Target Terhadap Dirimu

Tentukan target terhadap diri kamu sendiri agar bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dari deadline yang diberikan oleh atasan kamu. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepadanya bahwa kamu orang yang penuh kerja keras dan juga mempunyai tujuan akhir dalam bekerja. Tapi ingat, kamu harus tetap konsisten ya Smart People.

 

  1. Jangan Malu Bertanya

Bertanyalah jika kamu masih bingung atau tidak tahu apa yang kamu kerjakan. Lebih baik kamu bertanya dibanding nantinya kerjaan kamu menjadi salah. Tapi kembali lagi kamu harus mempunyai etika ketika bertanya karena semua orang di perusahaanmu pasti mempunyai kesibukan masing masing.

 

  1. Tunjukkan Ketertarikanmu Di Kantor

Perhatikanlah setiap informasi yang diberikan kepadamu. Tunjukkan jika kamu memang benar benar minat untuk bekerja di perusahaan tersebut dan kamu tidak main main. Hindari juga kesalahan kesalahan kecil, jadi atasan kamu tidak akan ragu untuk merekrutmu untuk menjadi karyawan tetap.

 

  1. Berikan Yang Terbaik

Sekecil apapun pekerjaanmu itu kamu harus memberikan yang paling baik. Tidak baik jika kamu meremehkan pekerjaan. Karena dalam masa percobaan kamu pastinya akan benar benar diperhatikan untuk melanjutkan kontrak menjadi karyawan tetap.

Baca:  Tipe Klien Atau Konsumen Yang Pasti Anda Hadapi

 

  1. Gunakan Pakaian Rapih

Bekerjalah dengan professional, pakailah baju yang sesuai dengan kehidupan kantor. Selalu tampil bersih, rapih dan menarik yang membuat nilai plus jika bertemu dengan klien kamu.

 

Smart People, semoga masa percobaan atau masa probation kamu akan selalu berjalan lancar, pelajari tips-tips diatas agar bisa memaksimalkan masa percobaan kamu. Gunakan juga masa masa ini untuk mengasah dan melatih skill yang kamu punya.



Whatsapp
Call Now