Persiapkan 3 Hal Berikut Ini Sebelum Menggunakan Virtual Office

by rudi

Persiapkan 3 Hal Berikut Ini Sebelum Menggunakan Virtual Office

Sebelum menggunakan virtual office, sebagai pelaku start up, berikut 3 hal yang perlu diperhatikan.

Bagi pengusaha muda yang baru merintis usahanya, kehadiran virtual office seolah menjadi angin segar. Dengan menggunakan virtual office, artinya Anda bisa menghemat biaya operasional karena tak perlu membangun sebuah kantor yang membutuhkan banyak dana. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan virtual office, berikut 3 hal yang wajib Anda perhatikan.

  1. Ketahui Bidang Usaha yang Dilarang Menggunakan Virtual Office

    Menggunakan virtual office memang memiliki sejumlah keuntungan. Sayangnya, tak semua bidang usaha boleh menggunakan virtual office. Berikut ini jenis usaha yang dilarang menggunakan virtual office:

      • Pariwisata
        Bisnis yang bergerak di bidang pariwisata membutuhkan izin berupa Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Dalam proses mendapatkan TDUP ini akan ada survei tentang tempat usaha.
      • E-Commerce
        Guna meminimalisasi penipuan, pemerintah melarang start up yang bergerak di bidang e-commerce menggunakan virtual office.
    • Konstruksi
      Umumnya, perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi memiliki alat-alat konstruksi berukuran besar dan membutuhkan ruang penyimpanan khusus. Oleh sebab itu, usaha jenis ini tidak diperkenankan menggunakan virtual office.
    • Properti
      Sama dengan konstruksi, jenis usaha properti biasanya membutuhkan bangunan fisik sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli.
    • Transportasi
      Usaha transportasi juga tidak diperbolehkan menggunakan virtual office, karena bisnis ini sangat berkaitan erat dengan kepentingan pemilik barang itu sendiri dalam hal penerimaan dan pengiriman barang miliknya.
    • Event Organizer
      Event Organizer merupakan pihak yang bertanggung jawab penuh dalam menyelenggarakan acara yang digelar. Dengan begitu, pihak event organizer atau EO pastinya akan memiliki relasi dan kaitan dengan banyak pihak dalam acara yang dibuatnya. Seperti pembawa acara, pengisi acara, crew acara, bagian konsumsi, bagian transportasi, bagian dekor, bagian dokumentasi, dan sebagainya. Lokasi yang jelas dan resmi merupakan hal mutlak dalam izin usaha ini.
  2. Persiapkan Layanan Cloud Computing untuk Menunjang Aktivitas Bisnis

    Kalau Anda memutuskan untuk menggunakan virtual office artinya Anda juga perlu menyiapkan sejumlah perangkat memadai guna menunjang kinerja anggota tim yang bekerja secara remote. Seperti aplikasi berbasis cloud computing misalnya.
    Layanan cloud computing merupakan cara terbaik agar Anda tetap saling terhubung dengan rekan kerja Anda. Di samping itu, Anda juga bisa menyimpan dokumen-dokumen terkait bisnis secara virtual dan bisa diakses di mana dan kapan saja oleh anggota tim.
    Dalam sebuah bisnis komunikasi dengan rekan kerja merupakan hal yang bersifat vital karena tanpa komunikasi yang baik, maka tidak akan terbentuk sebuah kolaborasi yang baik pula. Oleh sebab itu, Selain tempat penyimpanan dokumen secara cloud, Anda perlu memikirkan tools lain sebagai alat komunikasi yang mendukung kegiatan diskusi secara real time dan memungkinkan Anda untuk mengkoordinasi pekerjaan.
    Beberapa contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Slack dan Flowdock. Ke dua aplikasi tersebut akan membantu meningkatkan produktivitas serta efisiensi kerja Anda dengan anggota lain.

  3. Perhatikan Beberapa Elemen Berikut Sebelum Memilih Virtual Office

    Apabila Anda sudah mantab memilih menggunakan virtual office, kini ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan virtual office.

          • Lokasi virtual office
            Walaupun tidak menyewa kantor secara fisik, namun karena vitual office bertindak sebagai alamat kantor Anda, maka hal pertama yang perlu Anda pastikan ialah lokasinya. Memilih virtual office dengan lokasi yang strategis akan menguntungkan Anda dalam beberapa hal. Misalnya membangun citra perusahaan serta mempermudah urusan surat menyurat dan pengiriman barang.
          • Harga sewa
            Setelah mendapatkan calon virtual office dengan lokasi strategis, Anda sebaiknya memerhatikan harga sewa. Pilihlah virtual office yang sesuai dengan anggaran yang ada. Mendapatkan virtual office dengan layanan yang bagus dan berkualitas bisa kok didapatkan dengan harga yang wajar.
          • Jenis layananan yang ditawarkan
            Setelah itu, baru cari tahu layanan apa saja yang akan Anda dapatkan bila sewa di tempat tersebut. Lebih baik pilih virtual office yang mampu menunjang kegiatan Anda melalui penyediaan ruang rapat, akses internet yang memadai, call center, resepsionis, dan layanan surat menyurat.
          • Syarat dan ketentuan sewa
            Terakhir, perhatikan dengan seksama syarat dan ketentuan penyewaan. Bila persyaratan yang diajukan mulai berbelit dan terlihat janggal, maka sebaiknya segera cari virtual office lainnya.
          • Adanya pilihan paket tahunan
            Penggunaan virtual office untuk usaha atau bisnis biasanya untuk jangka waktu panjang atau tahunan. Pilihlah penyedia virtual office yang menawarkan paket tahunan. Sehingga harga yang di dapat lebih murah secara jangka panjang untuk usaha Anda.
          • Memiliki event space dan meeting room yang luas
            Dalam memilih virtual office, ada baiknya Anda memilih penyedia yang memiliki event space dan meeting room yang cukup luas dan bisa digunakan dalam kebutuhan tertentu bersama klient. Ruang yang luas, tentunya dapat membantu Anda dalam melakukan kegiatan bisnis atau event bisnis secara leluasa di dalam ruangan.

         

      • Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan virtual office. Hadirnya virtual office menjadi solusi dan jawaban bagi Anda para pemilik usaha rintisan atau startup. Dimana seseorang bisa memiliki kantor secara virtual tanpa perlu mengeluarkan biaya besar seperti kantor fisik. Nah, semoga informasi di atas semakin membantu Anda dalam mempertimbangkan virtual office mana yang tepat.
      • Jika Anda membutuhkan Virtual Office┬ásebagai alamat domisili usaha Anda, silahkan hubungi OFFICE99 di 021-30030999 atau 0888-5800-800 (WhatsApp). Kami juga menyediakan jasa lain seperti untuk pembuatan PT dan CV serta jasa pengurusan PKP.


Whatsapp
Call Now