Bisnis Online Untuk Pemula

by Nyoman Willy

Bisnis Online Untuk Pemula

Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak para pebisnis dalam menambah pundi-pundi uang. Sekarang ini bisnis online juga banyak dimininati oleh para pebisnis dikala masa pandemi bahkan bisnis onlinepun juga sudah banyak di lakukan jauh sebelum masa pandemic ini terjadi. Maraknya penyebaran virus corona COVID 19 di Indonesia membuat para pebisnis retail harus memutar otak agar barang yang dijual bisa tetap dibeli oleh para pelanggannya, lantaran adanya anjuran dari  pemerintah untuk tidak bepergian, menjaga jarak, atau semua yang dilakukan harus serba dirumah. Bisnis online pun bisa menjadi salah satu alternatif di masa pandemi agar barang yang di jual bisa terus dibeli oleh para pelanggannya.

Tentu pasti ada banyak motivasi yang membuat banyak orang untuk memutuskan memulai bisnis online. Seperti gaji atau penghasilan yang di dapat nantinya  tidak cukup untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari. Memulai bisnis online dalam rangka menyalurkan hobi hingga keinginan untuk mandiri.

Bisnis online tentu dapat dipelajari siapa saja, termasuk Anda. Siapa pun bisa sukses memulai bisnis online asalkan menggunakan panduan yang tepat.

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan hal yang mustahil. Setidaknya ada yang perlu diperhatikan dan menjadi langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online

Temukan Masalah yang Dihadapi

Produk adalah komponen yang mejadi peran penting dalam berbisnis, baik online ataupun tidak. Dengan produk yang sesuai kebutuhan pasar, Anda masih punya potensi untuk memenangkan pasar. Apa yang terjadi jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar gagal!

Pernyataan di atas bukan tanpa bukti. Banyak Perusahaan rintisan bangkrut karena dianggap gagal dalam mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan pasarnya. Kenapa mereka gagal? Karena produk yang mereka tawarkan tidak berhasil menyelesaikan masalah yang di inginkan oleh para konsumen.

Ingat, dengan membeli produk Anda, hal pertama yang ada di pikiran konsumen adalah masalah mereka terselesaikan. Itu yang menjadi awal utama dan menjadi perhatian dalam memulai bisnis

Melakukan Riset Pasar Terhadap Produk yang Akan Dijual

Setelah memilih satu masalah yang memiliki potensi dalam bisnis, sekarang ini saatnya untuk memulai fokus riset di bidang yang menjadi fokus produk yang ingin dijalankan. Mengapa harus melakukan riset pasar terlebih dahulu? Karena tentunya ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menemukan ide bisnis online dan menentukan siapa yang akan membeli produkmu.

Menganalisis Produk Serupa

Untuk bisa bersaing atau mengalahkan sejumlah kompetitor yang serupa dan ingin menjadi produk yang pertama dan di ingat di benak konsumen, Pelajari terlebih dahulu semua dari kompetitor serupa dan jangan membuat produkmu melakukan kesalahan sedikitpun yang dibuat oleh kompetitor.

Ketahui Model Bisnis yang Cocok

Riset yang dicari tentu tidak boleh terhenti di target pelanggan dan produk yang akan dijual saja. Yang  menjadi langkah selanjutnya, perlu dilakukannya memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan untuk produk yang dimiliki kedepannya. Karena walaupun produk yang dijual terlihat sama seperti milik kompetitor, tetapi cara dalam menjualnya bisa terlihat berbeda.

sederhananya, kita langsung beri perumpamaan contoh saja. Katakanlah anda tertarik untuk menjual tablet khusus untuk membaca ebook. Jika anda memiliki modal yang cukup, anda bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual lewat website atau marketplace.

Lain halnya apabila anda belum memiliki modal. tentu diperlukannya kerja sama dengan pemasok barang (supplier) yang menjual tablet, lalu menjualnya kembali tablet tersebut melalui sistem dropship. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir dengan stok produk.

Target Pasar

Riset pasar dan analisis kompetitor yang sudah di lakukan menjadi dasar atau langkah awal, dan untuk langkah selanjutnya, yaitu menentukannya target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang dibuat. Tentu Setiap produk punya pasarnya masing-masing.

Semoga penjelasan di atas bisa jadi bahan pembelajaran bisnis online gratis yang bermanfaat bagi produk yang anda jual untuk kedepannya.



Whatsapp
Call Now