Bisnis Online Untuk Pemula

by Nyoman Willy

Bisnis Online Untuk Pemula

Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak para pebisnis dalam menambah pundi-pundi uang. Sekarang ini bisnis online juga banyak dimininati oleh para pebisnis dikala masa pandemi bahkan bisnis onlinepun juga sudah banyak di lakukan jauh sebelum masa pandemic ini terjadi. Maraknya penyebaran virus corona COVID 19 di Indonesia membuat para pebisnis retail harus memutar otak agar barang yang dijual bisa tetap dibeli oleh para pelanggannya, lantaran adanya anjuran dari  pemerintah untuk tidak bepergian, menjaga jarak, atau semua yang dilakukan harus serba dirumah. Bisnis online pun bisa menjadi salah satu alternatif di masa pandemi agar barang yang di jual bisa terus dibeli oleh para pelanggannya.

Tentu pasti ada banyak motivasi yang membuat banyak orang untuk memutuskan memulai bisnis online. Seperti gaji atau penghasilan yang di dapat nantinya  tidak cukup untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari. Memulai bisnis online dalam rangka menyalurkan hobi hingga keinginan untuk mandiri.

Bisnis online tentu dapat dipelajari siapa saja, termasuk Anda. Siapa pun bisa sukses memulai bisnis online asalkan menggunakan panduan yang tepat.

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan hal yang mustahil. Setidaknya ada yang perlu diperhatikan dan menjadi langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online

Temukan Masalah yang Dihadapi

Produk adalah komponen yang mejadi peran penting dalam berbisnis, baik online ataupun tidak. Dengan produk yang sesuai kebutuhan pasar, Anda masih punya potensi untuk memenangkan pasar. Apa yang terjadi jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar gagal!

Pernyataan di atas bukan tanpa bukti. Banyak Perusahaan rintisan bangkrut karena dianggap gagal dalam mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan pasarnya. Kenapa mereka gagal? Karena produk yang mereka tawarkan tidak berhasil menyelesaikan masalah yang di inginkan oleh para konsumen.

Ingat, dengan membeli produk Anda, hal pertama yang ada di pikiran konsumen adalah masalah mereka terselesaikan. Itu yang menjadi awal utama dan menjadi perhatian dalam memulai bisnis

Melakukan Riset Pasar Terhadap Produk yang Akan Dijual

Setelah memilih satu masalah yang memiliki potensi dalam bisnis, sekarang ini saatnya untuk memulai fokus riset di bidang yang menjadi fokus produk yang ingin dijalankan. Mengapa harus melakukan riset pasar terlebih dahulu? Karena tentunya ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menemukan ide bisnis online dan menentukan siapa yang akan membeli produkmu.

Menganalisis Produk Serupa

Untuk bisa bersaing atau mengalahkan sejumlah kompetitor yang serupa dan ingin menjadi produk yang pertama dan di ingat di benak konsumen, Pelajari terlebih dahulu semua dari kompetitor serupa dan jangan membuat produkmu melakukan kesalahan sedikitpun yang dibuat oleh kompetitor.

Ketahui Model Bisnis yang Cocok

Riset yang dicari tentu tidak boleh terhenti di target pelanggan dan produk yang akan dijual saja. Yang  menjadi langkah selanjutnya, perlu dilakukannya memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan untuk produk yang dimiliki kedepannya. Karena walaupun produk yang dijual terlihat sama seperti milik kompetitor, tetapi cara dalam menjualnya bisa terlihat berbeda.

sederhananya, kita langsung beri perumpamaan contoh saja. Katakanlah anda tertarik untuk menjual tablet khusus untuk membaca ebook. Jika anda memiliki modal yang cukup, anda bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual lewat website atau marketplace.

Lain halnya apabila anda belum memiliki modal. tentu diperlukannya kerja sama dengan pemasok barang (supplier) yang menjual tablet, lalu menjualnya kembali tablet tersebut melalui sistem dropship. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir dengan stok produk.

Target Pasar

Riset pasar dan analisis kompetitor yang sudah di lakukan menjadi dasar atau langkah awal, dan untuk langkah selanjutnya, yaitu menentukannya target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang dibuat. Tentu Setiap produk punya pasarnya masing-masing.

Semoga penjelasan di atas bisa jadi bahan pembelajaran bisnis online gratis yang bermanfaat bagi produk yang anda jual untuk kedepannya.

Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Menentukan jenis produk apa yang akan dijual, merupakan hal penting setelah langkah – langkah sebelumnya. Produk yang bagus dan baik adalah produk yang dapat memenuhi kebutuhan target pasar.

Terdapat 3 jenis produk yang bisa dijual secara online:

  1. Bentuk Fisik, seperti jual smartphone, jual hiasan dinding, jual alat kesehatan.
  2. Produk Digital, seperti jual e-book, jual aplikasi, jual tamplate website, jual tamplate post IG.
  3. Produk Jasa, seperti jual jasa virtual office, jual jasa SEO, jual jasa pemasaran online.

Faktor penting dari jenis produk tersebut ialah, Anda harus memiliki unique selling point agar produk yang Anda jual dapat laku dan disadari oleh pembeli. Serta memiliki perbedaan dengan produk kompetitor.

Melakukan Strategi Pemasaran Produk yang Tepat dan Ideal

Setelah Anda memiliki jenis produk yang sudah dibuat dari berbagai tahapan diatas, maka diperlukan strategi pemasaran produk bisnis online secara tepat dan ideal.  Anda tidak boleh secara sembarang melakukan pemasaran yang bisa saja merugikan Anda, secara keuangan. Berikut contoh strategi pemasaran produk yang ideal di zaman serba online :

  • Maksimalkan Branding Produk di Media Sosial

Media sosial telah menjadi wadah ideal untuk melakukan branding produk karena jumlah penggunanya di seluruh dunia terutama di Indonesia terus bertambah dan jutaan orang telah memakainya. Susun strategi yang tepat dan ideal dalam memasarkan produk, jika perlu konsultasikan kepada ahlinya. Strategi yang berhasil akan mendatangkan traffic dan awareness calon pembeli kepada produk kita, sehingga keberhasilan bisnis online dapat diraih.

  • Buat Website Resmi Untuk Meningkatkan Kepercayaan

Membuat website resmi dari produk yang kita buat tentu akan meningkatkan kepercayaan di mata calon pembeli. Hal ini tentu menjadi bagian strategi pemasaran produk yang tepat dan ideal. Dengan adanya website akan mendatangkan traffic yang berasal dari pencarian di Google. Ini merupakan peluang yang besar, mengingat jumlah pengguna internet di tanah air begitu banyak.

  • Buat Google Bisnisku untuk Target Lokal

Daftarkanlah bisnis yang Anda punya di Google Bisnisku agar para calon pembeli dan konsumen mengetahui dengan betul informasi mengenai bisnis kita. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan di mata calon pembeli dan konsumen, serta dapat menjadi sarana yang ampuh dalam memasarkan bisnis ataupun produk kita.

Isikan secara lengkap informasi bisnis kita, karena Google Bisnisku merupakan cara mudah dan ideal untuk mempromosikan bisnis ke target pasar yang berada dekat daerah kita.

6 Bisnis Kecil Dengan Untung Besar, Kesempatannya Masih Terbuka Lebar

Memiliki bisnis yang menguntungkan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Akan tetapi, dalam memulai suatu bisnis kita tentu membutuhkan perencanaan dan modal dalam jumlah tertentu sesuai bentuk dan model bisnisnya. Padahal terdapat jenis bisnis kecil untung besar yang bisa dicoba di era sekarang ini.

Banyak orang beranggapan bahwa memulai suatu bisnis harus memiliki modal yang besar. Namun, hal tersebut tentu keliru dan tidak relevan lagi di zaman modern seperti sekarang ini. Anggapan tersebut malah membuat banyak orang pesimis untuk memulai bisnis karena memiliki modal yang kecil.

Nah, di pembahasan kali ini kita akan memberikan jawaban bahwa memulai bisnis bisa dimulai dengan modal yang kecil. Namun juga bisa memberikan untung yang besar, jika dijalankan dengan maksimal dan terencana.

Berikut daftar 6 Bisnis Kecil Menghasilkan Untung besar Untuk Anda

  • Bisnis Produk Kreatif Daur Ulang/Bekas

Bisnis Produk Kreatif Daur Ulang/Bekas

Memulai bisnis produk kreatif daur ulang, tentu Anda tidak harus memiliki modal yang besar bahkan tanpa modal. Hal yang paling penting dalam bisnis ini adalah kreatifitas dan jeli dalam melihat peluang serta strategi promosi. Apabila bisnis kecil Anda sudah berkembang, tidak turut kemungkinan bisa membuat legalistas usaha dengan menggunakan jasa pembuatan pt. Dengan adanya akta perusahaan, maka bisnis Anda geluti akan lebih cepat berkembang.

Contoh produk kreatif daur ulang yang bisa Anda buat, seperti pot tanaman dari kaleng bekas yang dihias secara kreatif, tote bag atau tas belanja dari bahan kain dan denim bekas, dan hiasan rumah dari bahan-bahan bekas yang tidak terpakai.

Dengan kreatifitas, Anda dapat menyulap berbagai bahan daur ulang/bekas untuk dijadikan produk yang siap jual dengan pemasaran secara online atau daring. Keuntungan yang ditawarkan dari model bisnis ini cukup besar dan menjanjikan terlebih bahan baku yang mudah dicari.

  • Bisnis Makanan Ringan Kue Kering atau Kue Basah

Bisnis Makanan Ringan Kue Kering atau Kue Basah

Salah satu jenis bisnis kecil untung besar ialah bisnis makanan ringan, seperti menjual kue kering atau kue basah. Market pasar dari produk bisnis ini cukup besar dan menjanjikan, mengingat bahwa orang Indonesia sangat senang nyemil makanan ringan.

Dengan modal kecil, Anda tentu bisa membuat kue kering atau kue basah dengan resep bahan yang bisa didapat dari website resep masakan ataupun video-video youtube yang membahas resep membuat kue kering atau kue basah.

Selain itu, Anda juga bisa membeli langsung dari supplier ataupun pasar kue dan makanan ringan yang ada di dekat tempat Anda tinggal sebagai reseller untuk dijual kembali dengan cara menawarkan langsung kepada kenalan Anda atau juga secara online kepada masyarakat umum.

  • Bisnis Minuman Dingin Aneka Rasa

Bisnis Minuman Dingin Aneka Rasa

Bisnis minuman memang merupakan salah satu bisnis yang ‘ga ada matinya’. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari gaya hidup orang indonesia yang suka dengan minuman dingin karena iklimnya yang tropis.

Usaha ini sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Namun demikian, jangan menganggap remeh keuntungan yang bisa diraup dari bisnis jenis ini. Banyak pengusaha sukses yang berhasil dengan model bisnis ini seperti HAUS, Dum Dum Thai Thea, Glek, Gulu-Gulu, dan merk minuman lainnya.

Anda bisa memulai usaha ini dengan konsep sederhana seperti menjual minuman dingin aneka rasa seperti minuman rasa milo, jeruk, melon, sirsak, mangga, dan aneka rasa lainnya di pinggir jalan. Persiapan yang diperlukan yaitu meja dagang, kotak kaca jenis minuman, gelas plastik, sedotan, dan kantung kresek.

  • Bisnis Jualan Produk Frozen Food

Bisnis Jualan Produk Frozen Food

Bisnis jualan makanan beku atau frozzen food sedang banyak digandrungi masyarakat. Tentunya hal ini tidak terlepas dari penggunaan modal yang kecil dan dapat dijual dalam waktu yang relatif lama karena didinginkan.

Jenis bisnis ini menarik lantaran dinilai praktis untuk dijual serta dapat diolah di waktu yang kita inginkan baik sebagian bahan atau seluruhnya karena bisa ditaruh lagi dan didinginkan. Produk makanan beku atau frozzen food tidak terbatas kepada jenis sosis dan nugget, akan tetapi terdapat jenis produk lainnya semisal bumbu dapur beku, sambal beku siap pakai, dan lauk beku siap pakai.

Tentunya keuntungan yang diperoleh dari model bisnis ini juga menggiurkan terlebih jika Anda memiiki jenis produk beragam dan langganan yang setia. Anda dapat membuat produk beku sendiri seperti lauk ayam bumbu kuning beku yang dibumbui dengan racikan sendiri kemudian ditaruh dan dibungkus di frezzer pendingin.

  • Bisnis Toko Thrift Berbagai Produk

Bisnis Toko Thrift Berbagai Produk

Ya, memang bisnis thrift store ini sedang banyak digeluti kaum muda di Indonesia. Dengan modal yang kecil Anda sudah bisa menjalankan bisnis model ini karena bisnis ini adalah bisnis yang menjual kembali produk-produk bekas yang layak pakai dan memiliki kondisi masih bagus.

Beberapa thrift store saat ini banyak yang menjual produk bekas fashion seperti baju, jaket, sepatu dan lainnya. Keahlian dalam mencari/hunting produk bekas yang masih bagus kondisinya di berbagai tempat adalah kunci utama dalam bisnis ini. Selain itu kemampuan dalam menentukan harga yang terjangkau juga menjadi pendukung bisnis thrift store agar diminati pembeli.

Jika Anda bisa memasarkan produk thrift tersebut secara baik maka keuntungan besar bisa Anda raih. Biasanya model bisnis ini dipasarkan melalui platform online seperti instagram dan facebook. Visualisasi gambar produk juga menjadi daya tarik untuk menarik pembeli di bisnis kaum muda ini.

  • Bisnis Produk Digital

 

Bisnis Produk Digital

Bisnis jualan produk digital sudah semakin menjanjikan di era modern saat ini. Produk digital tersebut bisa terdiri dari bermacam-macam jenisnya seperti E-book, tamplate design, stok foto, aplikasi, bahkan contoh skripsi.

Untuk memulai bisnis ini Anda tidak membutuhkan modal yang besar bahkan bisa tanpa modal, yang dibutuhkan hanyalah keahlian di beberapa bidang, kreatifitas, dan kemampuan pemasaran produk. Salah satu contoh yang paling mudah apabila Anda memiliki kemampuan mendesain dan nantinya desain tersebut bisa dijadikan template yang bisa dijual.

Keuntungan dari model jenis ini adalah Anda tidak perlu melakukan re-stock produk karena produk digital tidak memiliki batas untuk dijual. Oleh karena itu potensi keuntungan yang ditawarkan oleh model jenis ini tentu sangat besar. Akan tetapi sebagai catatan produk digital yang ditawarkan haruslah yang benar-benar bagus dan berkualitas karena sudah semakin banyaknya penyedia produk digital saat ini.

Itulah daftar 6 bisnis kecil untung besar yang bisa Anda coba di era modern saat ini. Bisnis akan terus mengalami perubahan seiring perubahan zaman sehingga kita sebagai orang yang mau terjun dalam dunia bisnis dituntut peka dalam melihat peluang model bisnis yang dapat menghasilkan profit atau keuntungan.

Jika Anda, rekan Anda ataupun atasan Anda memiliki bisnis dan membutuhkan tempat untuk dijadikan kantor yang memadai. Maka penawaran dari office99.com sebagai penyedia layanan sewa kantor/office, bisa Anda pertimbangkan karena CoWorking space yang ditawarkan memiliki fasilitas yang lengkap. Terlebih harga yang terjangkau untuk kebutuhan bisnis Anda.



Whatsapp
Call Now