Apa Tujuan & Manfaat Talent Management Untuk Perusahaan?

by Vana Viana

Apa Tujuan & Manfaat Talent Management Untuk Perusahaan?

Salah satu program dari bagian Human Resource (HR) adalah membentuk sebuah Talent Management Program. Program ini sangat sering didengar pada perusahaan yang pada umumnya sudah mengelola karyawan sangat banyak. Namun jika anda saat ini adalah pemilik usaha dan ingin mengetahui cara bagaimana mengelola karyawan anda, salah satu yang anda harus ketahui adalah Talent Management Program.

Definisi & Arti Talent Management Program

Apakah Smart People pernah mendengar istilah talent management atau manajemen bakat? Talent management adalah suatu proses manajemen sumber daya manusia yang meliputi beberapa aspek pengelolaan terhadap sumber daya manusia sebuah perusahaan. Perusahaan yang melakukan talent management biasanya sudah menyadari adanya persaingan perusahaan di level individual sumber daya manusia perusahaan. Sehingga perusahaan yang sudah menyadari adanya persaingan tersebut berinisiatif untuk mengelola kualitas dari sumber daya manusia yang ada didalamnya agar lebih professional dalam bekerja.

Contoh Talent Management Program

Dengan adanya talent management untuk sebuah perusahan ini akan membuat implementasi dari strategi terpadu atau rancangan sistem untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.
Mulai dari beberapa upaya, contoh dari Talent Management Program antara lain:

  • Bagaimana cara mempertahankan karyawan yang berpotensi atau berkontribusi besar yang ada di sebuah perusahaan agar mau bertahan dan berjuang untuk perusahaan tersebut. Karena perusahaan juga harus berkembang, untuk tetap bisa bertahan. Dan untuk berkembang, sebuah perusahaan membutuhkan karyawan yang berkontribusi tinggi.
  • Bagaimana cara membuat karyawan yang ada saat ini dapat lebih memaksimalkan potensi & bakat untuk lebih dapat memberikan kontribusi besar kepada perusahaan.
  • Bagaimana cara perusahaan dapat menarik lebih banyak talent yang berkualitas untuk bergabung ke perusahaan anda.

3 Proses Talent Management Program

Di dalam manajemen ini dibutuhkan 3 proses utama yang tidak bisa dilewatkan. Yaitu ada proses recruitment, development dan maintain. Apa saja guna dari proses – proses tersebut?

1. Proses Recruitment

Proses ini berguna untuk menyeleksi sumber daya dari perusahaan. Bagaimana caranya untuk menampung sumber daya yang berkualitas. Proses yang mengutamakan penguatan kompetensi karyawan baru pada saat awal masuk ke perusahaan ini bisa dibantu langsung melalui berbagai kegiatan pelatihan. Atau juga bisa menyangkut kompetensi sumber daya manusia yang baru di terima di sebuah perusahaan agar nantinya bisa menjadi karyawan yang berkompeten.

 

2. Proses Development

Di tahap ini tujuan dari talent management adalah bagaimana perusahaan berupaya untuk memelihara dan mengembangkan sumber daya manusia yang sudah ada di perusahaan tersebut agar terus meningkat dan meningkat lagi agar bisa berkontribusi besar dalam sebuah perusahaan. Cara yang bisa dilakukan dengan pembekalan pelatihan atau juga melakukan evaluasi pekerjaan yang sudah dilakukan selama bekerja dalam perusahaan. Dengan begitu akan menimbulkan cara – cara kreatif yang bisa dilakukan oleh perusahaan.

 

3. Proses Maintain

Dengan proses ini, perusahaan akan berusaha untuk menjaga kualitas sumber daya manusia yang sudah dikembangkan agar tidak menurun. Didalam proses ini juga, tugas perusahaan adalah mencari kembali karyawan baru yang bisa diandalkan dan memiliki komitmen bekerja dan berkontribusi untuk perusahaan. Dan kembali lagi akan mengulang proses – proses yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tujuan Dari Talent Management Program

Nah, kini Smart People sudah mengetahui apa itu manajemen bakat dan juga proses yang dilaluinya. Sebenarnya apa sih tujuan utama dari manajemen bakat ini?

1. Proses Rekrutmen Yang Benar

 

Talent management berfunsi untuk membantu perusahaan mencari sumber daya manusia yang berpotensi dan bertalenta agar bisa bekerja di perusahaan dengan baik. Perusahaan bisa menjalankan sistem ini untuk memonitor karyawan dan mengelolanya. Sehingga bisa mendapatkan karyawan yang pas, bertalenta dan berkomitmen di jalurnya atau dibidangnya masing – masing. Kemampuan untuk menjelaskan tentang job description dan tracking data pelamar akan mempercepat dan memmperjelas proses perekrutan.

 

2. Pengembangan Karyawan

Dengan adanya sistem talent management yang terpadu akan berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan, maka kinerjanya akan mengalami pembelajaran dan pengembangan yang pas. Dan karyawan akan mengembangkan kemampuan yang ia punya lewat sistem ini. Dengan cara menyediakan beberapa pilihan program pendidikan dan juga pengembangan karyawan. Melewati program ini karyawan juga akan mendapatkan kelas yang bersertifikat untuk dirinya.

 

3. Mempertahankan Karyawan

Adanya sistem yang tepat, manajemen talenta ini akan memudahkan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh aktivitas produktivitas yang ada di perusahaan. Sebagai perusahaan, pastinya ingin tetap mempertahankan karyawan terbaik yang ia punya, karyawan – karyawan dengan kinerja yang tinggi. Dengan adanya proses ini perusahaan bisa memonitor langsung evaluasi kinerja dan kontribusi apa saja yang sudah dibuat oleh karyawan tersebut. Sehingga perusahaan itu sendiri dapat memberikan aspirasi karir bagi karyawan yang sudah mengeluarkan segala usahanya yang sudah diberikan kepada perusahaan.

 

4. Meningkatkan Interaksi Antara Karyawan dan Manajer

Hal lain yang menguntungkan dari sistem manajemen talenta ini adalah untuk meningkatkan interaksi antara karyawan dan juga manajer. Profil karyawan yang baik akan memberikan bahan interaksi antara karyawan dan juga atasanya. Sehingga interaksi ini mendorong karyawan untuk lebih berkontribusi lagi di perusahaan tersebut.

 

5. Menciptakan Komunikasi Yang Efektif Antar Tim

Kerja sama tim didalam perusahaan pastinya diperlukan untuk mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. Jangan sampai tujuan perusahaan tidak tercapai karena tidak ada komunikasi yang baik antar individu dengan tim yang sudah dibentuk. Dari sini kita bisa mengembangkan perusahaan agar jalannya lebih baik dan juga mulus untuk produktivitas yang ada di dalam perusahaan.

Itu dia tujuan dari Talent Management yang pastinya berguna untuk karyawan dan perusahaannya. Semua karyawan mempunyai bakat yang berbeda – beda, melalui program ini, karyawan bisa benar – benar mengenali bakatnya dan biisa berkembang di bidangnya masing – masing. Sedangkan perusahaan juga mendapatkan berbagai keuntungan dengan adanya sistem ini agar bisa terus mempertahankan karyawan terbaiknya dan perusahaan tetap bisa mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi.



Whatsapp
Call Now