6 Tips Jitu Memulai Bisnis Roti Bakar Unik dan Disukai Banyak Orang!

by Muhammad Zafrullah

6 Tips Jitu Memulai Bisnis Roti Bakar Unik dan Disukai Banyak Orang!

Roti bakar merupakan salah satu jenis kuliner jajanan sederhana yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Roti bakar banyak dijumpai di warung-warung kopi dan stand usaha yang ada disudut-sudut kota. Bahkan di tempat keramaian seperti mall dan food court maupun pusat jajanan serba ada.

Dengan kepopuleran dan banyak peminat, bisnis roti bakar dapat menjadi pilihan usaha yang menjanjikan bagi Anda. Roti bakar sendiri telah menjadi sajian favorit di tempat-tempat nongkrong seperti cafe. Sehingga semakin banyak inovasi rasa dan bentuk yang kekinian untuk daya tarik anak muda dan orang kantoran.

Prospek Bisnis Usaha Roti Bakar

Prospek Bisnis Usaha Roti Bakar

Jualan roti bakar memang terlihat sederhana, namun siapa sangka usaha ini ternyata memiliki prospek yang menjanjikan. Menu makanan roti bakar memang sudah lama eksis dan menjadi tren di kalangan anak muda yang gemar nongkrong atau hangout.

Dari hal tersebut, membuat menu roti bakar banyak pilihan serta disukai oleh anak muda. Roti bakar memiliki tekstur rasa yang renyah dan smooky setelah dibakar serta diolesi dengan margarin. Terdapat beberapa isian yang umum pada roti bakar seperti coklat meses, selai nanas, selai stroberi, dan telur dadar.

Kelebihan Jual Roti Bakar Unik

Kelebihan Jual Roti Bakar Unik

Terdapat beberapa kelebihan untuk memilih bisnis roti bakar sebagai pilihan usaha Anda. Beberapa kelebihan usaha ini seperti:

  • Pembuatan dan pengolahan roti bakar terbilang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja terutama pebisnis pemula.
  • Bisnis ini dapat dilakukan dengan modal yang minim.
  • Bisnis roti bakar memiliki prospek usaha yang stabil dan menguntungkan.
  • Peminat dan penyuka roti bakar berasal dari berbagai berbagai kalangan masyarakat.
  • Dapat dikembangkan inovasi dan kreatifitas pada isian dan varian rasa roti bakar.

Kepercayaan Pelanggan Akan Meningkat Dengan Hal Ini

Kepercayaan Pelanggan Akan Meningkat Dengan Hal Ini

Semakin besar suatu usaha, maka semakin besar juga tanggung jawab dalam menjaga kepercayaan pelanggan atau calon pembeli. Legalitas atau status resmi usaha akan meningkatkan kepercayaan konsumen yang membeli produk usaha Anda. Mereka akan merasa lebih nyaman dan aman sebab usaha tersebut telah terdaftar secara hukum.

Office99 hadir sebagai mitra bisnis yang dapat membantu Anda memiliki legalitas usaha. Terdapat layanan membuat CV perusahaan di berbagai bidang secara profesional dan murah. Office99 menawarkan harga murah yang dapat Anda pilih skala dan kelengkapannya layanannya. Singkatan CV perusahaan ialah Commanditaire Venootschap yang berarti perseroan komoditer usaha.

Berikut 6 Tips Jitu Memulai Bisnis Roti Bakar Kekinian:

1. Membuat Perencanaan Awal Bisnis Roti Bakar

Membuat Perencanaan Awal Bisnis Roti Bakar

Tips jitu pertama ialah membuat perencanaan awal bisnis. Anda dapat membuat perencanaan awal bisnis ini pada dokumen perhitungan digital. Semisalkan dengan menggunakan microsoft excel, spreadsheet excel, dan aplikasi sejenis lainnya. Perencanaan usaha terbilang cukup penting dilakukan, agar usahanya jelas.

Beberapa hal yang termasuk dalam rencana awal dagang roti bakar meliputi perhitungan besaran modal awal. Selain itu, perhitungan kebutuhan awal usaha, konsep bisnis, tema bisnis, branding bisnis, daftar perlengkapan usaha. Tidak lupa juga, varian menu yang akan ditawarkan, dan hal berkaitan lainnya.

2. Menghitung Besaran Modal dan Kebutuhan Usaha Roti Bakar

Menghitung Besaran Modal dan Kebutuhan Usaha Roti Bakar

Tips jitu kedua ialah menghitung besaran modal dan kebutuhan usaha roti bakar. Anda perlu melakukan sinkronisasi antara modal yang dimiliki dengan daftar list kebutuhan usaha roti bakar. Jangan sampai, biaya kebutuhan usaha jauh lebih besar dibandingkan dengan kisaran modal yang dimiliki. Setiap detail kebutuhan perlu dicatat dan dimasukan dalam perhitungan agar tidak ada hal yang terlewat dan tertinggal.

3. Membuat Konsep dan Branding Bisnis

Membuat Konsep dan Branding Bisnis

Dalam suatu usaha, konsep merupakan hal menentukan terbentuknya bisnis. Anda perlu memikirkan konsep seperti apa yang pas dan ideal untuk berjualan roti bakar. Buatlah konsep yang relevan dengan tren bisnis masa kini, sehingga tidak terkesan kaku dan biasa saja.

Anda dapat menentukan konsep bisnis roti bakar dengan tema desain layaknya gaya hidup anak muda. Selain itu, memberikan layanan pemesanan secara online sehingga mengikuti perkembangan jaman. Hal yang terpenting juga adalah branding roti bakar sendiri yang merupakan sebuah indentitas bagi pelakunya bisnis/usaha.

4. Menguasai Cara Buat Roti Bakar Kekinian

Menguasai Cara Buat Roti Bakar Kekinian

Selanjutnya, hal yang Anda cermati dalam memulai berjualan roti bakar kekinian adalah bisa membuat roti bakar yang lezat. Menu roti bakar kekinian memiliki daya tarik yang lebih baik ketimbang menu pada umumnya. Hal ini dapat menjadi peluang bagi bisnis roti bakar Anda, agar menarik hati masyarakat terutama kaum muda.

Anda dapat mempelajari terlebih dahulu mengenai cara membuat roti bakar unik, video tutorialnya sudah banyak di Youtube. Anda juga bisa melihat menu roti bakar kekinian apa saja yang sudah ada. Serta menu apa yang paling digemari dan disukai oleh masyarakat.

5. Menentukan Lokasi Usaha

Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha sangat berpengaruh dalam sebuah usaha atau bisnis. Oleh karena itu, Anda harus jeli dan cermat dalam menentukan lokasi untuk menjalankan usaha ini. Pilihlah lokasi usaha roti bakar yang dekat dengan keramaian dan pusat berkumpul orang.

Selain itu lokasi tersebut juga harus mudah diakses dan dilihat oleh calon konsumen dan pembeli. Beberapa pilihan lokasi yang cocok untuk bisnis roti bakar seperti lokasi yang dekat dengan pinggir jalan. Bisa juga berlokasi yang berada di pusat jajanan serba ada, bahkan dekat kampus atau kantor.

6. Menyediakan Layanan Pembelian Secara Online

Menyediakan Layanan Pembelian Secara Online

Tips jitu terakhir di pembahasan kali ini ialah menyediakan layanan pembelian secara online. Dengan perkembangan jaman dan sistem digital, tentunya cara orang membeli produk juga semakin beragam. Usaha yang dapat beradaptasi dengan kemajuan jaman akan mendapatkan keuntungan dari berbagai aspek.

Maka sebaiknya, pelaku bisnis ini menyediakan layanan pemesanan secara online yang dapat menjadi daya tarik. Anda dapat memanfaatkan platform aplikasi yang sudah ada seperti Go Food, Grab Food, Shopee Food. Dengan begitulah akan mempermudah Anda, menyediakan layanan pembelian roti bakar kekinian secara online kepada masyarakat.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 tips jitu memulai bisnis roti bakar kekinian yang unik dan digemari banyak orang. Usaha roti bakar memang memiliki prospek yang stabil dan menjanjikan. Usaha ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja, bagi mereka yang ingin serius menjalankannya. Tips diatas dapat Anda jadikan sebagai referensi dan wawasan tambahan sebelum memulai usaha.



Whatsapp
Call Now