7 Cara Memaksimalkan Manfaat Dari Virtual office untuk Kemajuan Bisnis

by rudi

7 Cara Memaksimalkan Manfaat Dari Virtual office untuk Kemajuan Bisnis

Memaksimalkan manfaat dari virtual office bisa dilakukan dengan menggunakan semua fasilitas termasuk domisili dan koneksi.

Salah satu manfaat dari virtual office adalah bisa digunakan untuk bekerja dengan nyaman dan tidak perlu memikirkan biaya sewa yang tinggi. Selain itu bekerja di kantor virtual ini juga bisa membuat Anda mudah mengumpulkan pekerja yang selama ini mungkin bekerja secara remote di lokasi masing-masing.

Apakah manfaat dari virtual office hanya itu saja? Tentu saja tidak, ada beberapa hal yang bisa dimaksimalkan sehingga menyewa tempat bisa membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa cara memaksimal manfaat dari virtual office untuk kemajuan bisnis.

  1. Perbanyak Komunikasi Langsung

    Karena berada di virtual office, ada baiknya untuk lebih sering melakukan komunikasi secara langsung. Hindari sering menggunakan email kalau tidak dibutuhkan. Alasan melakukan komunikasi secara langsung adalah memudahkan pemahaman dan menghindari terjadi miskomunikasi yang berbahaya.

    Komunikasi secara langsung juga bisa memberikan kedekatan secara emosional. Tidak ada lagi batasan antara bawahan dan atas. Komunikasi tetap berjalan lancar meski tetap ada sedikit batasan yang normal.

  2. Gunakan untuk Meeting secara Rutin

    Salah satu fasilitas dari virtual office adalah ruangan untuk meeting atau melakukan pertemuan. Biasanya dalam satu minggu atau bulan akan ada jatah penggunaan ruangan meeting. Selalu gunakan ruangan meeting untuk membahas masalah internal atau meeting dengan klien.

  3. Menggunakan Komponen Multimedia dengan Maksimal

    Virtual office biasanya memiliki komponen multimedia yang lengkap termasuk proyektor yang digunakan untuk presentasi. Selanjutnya jaringan internet juga sangat lancar sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk rapat secara langsung atau melakukan video call dengan semua pegawai yang remote secara lancar.

  4. Gunakan Grup Chat

    Komunikasi secara langsung memang penting, tapi memiliki grup chat juga penting. Apalagi kalau Anda berada di luar ruangan dan butuh waktu singkat untuk komunikasi dengan banyak pegawai. Gunakan salah satu komputer untuk grup chat sekaligus untuk video call yang menghubungkan kantor dengan mereka yang di luar.

  5. Share Dokumen ke Semua Orang

    Karena virtual office biasanya memiliki jaringan yang lancar, bahkan beberapa penyewa memiliki koneksi, gunakan satu ruangan virtual untuk melakukan share dokumen. Semau orang yang ada di kantor bisa mengaksesnya dengan cepat meski ukurannya besar. Dengan pembagian virtual ini tidak akan ada lagi acara pertukaran flash disk atau sejenisnya untuk memindahkan data.

  6. Mendapatkan Domisili

    Beberapa orang memilih virtual office karena beberapa alasan, salah satunya mudah bosan. Namun, kalau terlanjur nyaman akhirnya malas pindah. Kalau Anda berniat lama di sana, lebih baik mengurus legal. Saat ini ada banyak operator kantor virtual yang bisa menguruskan masalah legal ini dengan baik termasuk masalah domisili untuk surat-menyurat.

  7. Sering Melakukan Sharing Ide

    Virtual office biasanya memiliki coworking space juga di dalamnya. Saat jam istirahat Anda bisa keluar untuk bertemu dengan banyak pengguna gedung. Sering bertemu akan membuat Anda dan orang lain mudah sekali melakukan sharing ide yang sangat bermanfaat.
    Daripada saat istirahat di dalam ruangan saja, lebih baik bersosialisasi. Kalau bisa bertemu dengan banyak orang dengan misi yang sama, Anda akan semakin bersemangat dan ide segar bisa saja membantu perkembangan bisnis.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang cara memaksimalkan manfaat dari virtual office di atas? Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk memaksimalkan lokasi dan berpeluang memajukan perusahaan yang dibangun.



Whatsapp
Call Now