Unicorn dan Decacorn Yang Ada Di Indonesia

by Feb Lonk

Unicorn dan Decacorn Yang Ada Di Indonesia

Indonesia digadang-gadang sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan perusahaan startup yang pesat. Tercatat Indonesia dengan jumlah perusahaan startup hingga mencapai kurang lebih 2.000 dan menjadi 5 terbesar di dunia. Dari sekian banyak jumlah startup yang ada di Indonesia, hanya ada beberapa perusahaan yang menyandang gelar Decacorn dan gelar Unicorn.

Platform digital, Go-Jek akhirnya menyandang status perusahaan decacorn. Decacorn merupakan status yang diberikan kepada perusahaan startup dalam bidang teknologi yang nilai valusinya menembus angka 10 miliar dollar Amerika Serikat. Keberhasilan Go-Jek tersebut tentunya tak lepas dari suntikan modal besar dari para investornya dari dalam maupun luar negeri. Dengan menyandang status decacorn, perusahaan Go-Jek kini masih berada dibawah pesaing yang juga sejenis yakni perusahaan Grab asal singapura (11 miliar dollar AS) dan perusahaan Uber (72 miliar dollar AS) sebagai decacorn.

Di Indonesia, perusahaan Go-jek yang mengandalkan sharing economy sebagai bisnis intinya adalah satu-satunya Go-jek perusahaan asal Indonesia yang telah menyandang status decacorn. Gojek pun sudah melakukan berbagi ragam jenis ekspansi yang tergolong gencar. Seperti ekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara dan mengoptimalkan jenis layanan pembayaran digital melalui fitur Go Pay.

Dunia startup, adanya perbedaan kasta atau tingkatan perusahaaan. Setiap tingkatan diukur berdasarkan nilai valuasi perusahaan tersebut.

Decacorn

Didalam kasta ini ditempati oleh perusahaan startup yang telah memiliki nilai valuasi lebih dari 10 miliar dollar AS. Seperti misalnya perusahaan Go-Jek, Grab, dan Uber.

Unicorn

Didalam Kasta ini diisi oleh perusahaan startup yang punya nilai valuasi 1 miliar dollar AS. Saat ini di Indonesia sudah tercatat ada 4 perusahaan yang menyandang status Unicorn yakni Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan OVO.

Tokopedia

Tokopedia, merupakan jenis platform berbelanja online. Tokopedia kini menyandang status unicorn usai mencatatkan nilai valuasi yang didapat sebesar 7 miliar dollar AmerikaSerikat yang setara 99 triliun rupiah. Pada tahun 2009 ini Tokopedia sudah menyabet gelar Unicorn setelah mendapatkan pendanaan dari Alibaba Group yang bernilai 1,1 miliar AS. Tokopedia juga kerap mendapat suntikan dana dari Softbank Group dan Sequoia Capital.

Bukalapak

Bukalapak, perusahaan startuo di bidang e-commerce yang hampir serupa dengan platform berbelanja online seperti Tokopedia. Bukalapak menyandang gelar Unicorn setelah mendapatkan pemasukan dana dari beberapa investor besar, salah satunya adalah Emtek Grup. Bukalapak juga mendapatkan suntikan dana dari perusahaan Shinhan GIB, asal Korea Selatan. Dengan adanya pemasukan pendanaan ini membuat nilai valuasi perusahaan Bukalapak diklaim menjadi lebih dari 2,5 miliar dollar AS setara dengan 35 triliun rupiah.

Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan startup yang fokus pada bidang travel dan pemesanan hotel. Pendiri perusahaan startup traveloka dirintis oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada tahun 2012. Traveloka diklaim merupakan jenis startup travel Asia Tenggara pertama yang menyandang gelar Unicorn. Hal itu dikarenakan perusahaan traveloka Traveloka mendapatkan suntikan modal 350 juta dollar AS dari para investor di bidang yang sama yaitu Expedia, pada Juli 2017 lalu.  Saat ini Traveloka sudah mencapai nilai valuasi sebesar 2 miliar dollar AS atau setara dengan 28 triliun rupiah.

OVO

Selanjutnya ada platform dompet digital OVO, perusahaan startup yang melengkapi target Unicorn di Indonesia sesuai dengan target Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika. Tercatat, kini perusahaan OVO telah memiliki nilai valuasi sebesar 2,9 miliar dollar AS atau sekitar 41 triliun rupiah. Angka itu sudah diraih perushaan sejak 14 Maret 2018 yang lalu.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang dan jenis perusahaan yang menyandang gelar Decacorn dan Unicorn. Tertarikkah kamu bekerja diperusahaan tersebut?



Whatsapp
Call Now