Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Di Perusahaan Anda

by Vana Viana

Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Di Perusahaan Anda

Kedisiplinan karyawan adalah aspek yang sangat penting untuk meningkatkan peforma kerja dan juga produktivitas kerja karyawan itu sendiri. Namun sayangnya, tingkat kedisiplianan bagi seseorang itu bisa berubah – ubah dan juga berbeda – beda bagi setiap orang. Oleh karena itu kita harus menerapkan beberapa peraturan disebuah perusahaan untuk memastikan karyawan tersebut bisa mengikuti peraturan itu sendiri untuk membuat dirinya lebih disiplin. Sehingga bisa memaksimalkan peforma pekerjaannya. Jelas saja, jika karyawan menunjukkan keseriusannya dalam bekerja seperti datang tepat waktu, memiliki rasa tanggung jawab dalam pekerjaan yang diberikan, dan menepati janjinya pastinya akan berdampak sangat baik terhadap perusahaan yang kamu miliki.

Memang tidak mudah membentuk kedisiplinan dalam bekerja, tidak semua karyawan bisa menerapkan hal itu. Namun bukan berarti kita tidak bisa berusaha bisa menerapkan kedisiplinan dalam bekerja. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan di perusahaan kamu atau di kantor kamu agar bisa mempunyai dan meningkatkan kedisiplinan karyawan yang kamu punya. Bagaimanakah caranya? Simak terus ya artikel ini!

  1. Membuat Pelatihan Khusus

Pelatihan khusus adalah hal yang wajib hukumnya untuk meningkatkan keterapilan karyawan. Bagaimana kita bisa mengharapkan karyawan yang disiplin jika kita sendiri tidak memberikan pelatihan bagi mereka? Untuk membuat mereka menjadi disiplin dan juga professional memang membutuhkan komitmen yang tinggi atas segala sesuatu yang harus pekerja kerjakan. Pelatihan ini juga bisa kamu ulang setelah beberapa saat. Melalui pelatihan ini, karyawan akan mendapatkan bekal dalam melakukan pekerjaannya.

 

  1. Menerapkan Sanksi

Dalam sebuah perusahaan, tidak hanya mengatur satu atau dua karyawan saja, pasti ada beberapa karyawan yang harus diatur dan bahkan ada yang tidak mau diatur. Jika sudah membuat peraturan yang mengikat karyawan, namun pekerja kamu tetap tidak mengikuti peraturan tersebut, maka kamub berhak menerapkan sanksi untuk karyawan yang melanggar peraturan. Peraturan adalah acuan bagi karyawan dan panduan apa yang boleh dan tidak boleh dilanggar. Sebagai pimpinan perusahaan kamu juga harus tegas, tidak boleh setengah – setengah atau pilih kasih dalam memberikan sanksi. Hal ini akan membuat pekerja kamu lebih berusaha dan menghargai peraturan yang kamu buat.

 

  1. Berikan Bonus

Sanksi memang perlu untuk diberikan bagi karyawan yang melanggar peraturan. Tetapi karyawan juga berhak mendapakan bonus bagi yang sudah disiplin dan mengikuti segala peraturan yang ada di kantor atau perusahaan kamu. Hal ini akan memberi pekerja di perusahaan kamu lebih termotivasi dan membuatnya selalu disiplin. Berikanlah karyawan apresiasi bagi karyawan yang berhasil menjalankan target yang sudah kamu berikan.  Jika kamu menerapkan sistem bonus seperti ini, dijamin karyawan akan mengikuti seluruh peraturan yang ada di kantor dan juga betah berada di kantor!

 

  1. Ciptakan Suasana Yang Nyaman

Ketika karyawan melanggar sebuah peraturan pasti ada alasannya, bukan semata – mata ia melanggar aturan. Bisa jadi suasana kerja yang kurang nyaman dan kondusif menjadi alasannya. Maka dari itu, penting sekali bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan suasanan yang nyaman. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan, bisa saja melalui membuat interior kantor yang indah atau juga mengajak pekerjamu untuk makan siang bersama. Dengan cara – cara yang sederhana pastinya bisa membuat karyawan menjadi lebih menghargai kamu sebagai pimpinannya. Tidak perlu yang susah atau ribet kan, Smart People?

 

  1. Peranmu Penting

Dalam menumbuhkan kedisiplinan bekerja karyawan, peran kamu sebagai atasan adalah hal yang penting. Berilah hal – hal kecil yang bisa mendorong kedisiplinan karyawan. Dimulai dari kamu sendiri dan karyawan akan mencontoh kamu, mulai dari datang pagi dan menyelesaikan kerja tepat waktu. Karena sebagai atasan pasti kamu selalu dilirik oleh karyawan kamu, sehingga kamu harus selalu menjadi contoh bagi karyawan kamu. Kamu juga tidak perlu segan untuk menegur karyawan kamu jika ia melanggar peraturan.

 

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam meningkatkan kedisiplinan karyawan dalam bekerja. Mudah – mudahan dengan beberapa tips dari kamu, manajemen di kantor kamu bisa berkembang dengan baik dan juga meningkat.



Whatsapp
Call Now