Yuk Simak Pengusaha Perempuan Dengan Yang Inspiratif!

by Vana Viana

Yuk Simak Pengusaha Perempuan Dengan Yang Inspiratif!

Siapa bilang hanya laki – laki saja yang bisa sukses dalam menjalani dunia bisnis? Menjadi pengusaha atau pebisnis tidak memandang jenis kelamin. Wanita juga bisa menjalani dunia bisnis, bahkan sampai ada yang mengalahkan asset dari laki – laki. Kesuksesan seorang perempuan sebagai pengusaha tentu saja tidak lupu dalam professionalisme-nya dalam menjalankan usaha. Makanya, jangan memandang sebelah mata tentang kaum perempuan. Sudah banyak sekali wanita yang mempunya keahlian dan layak menduduki posisi teratas di dalam sebuah perusahaan.

Penasaran siapa saja sosok – sosok perempuan yang menjadi sosok inspiratif bagi kaum perempuan lainnya? Yuk kita lihat pengusaha dari dalam atau luar negeri yang sangat berpengaruh bagi wanita lainnya!

 

  1. Carline Darjanto

Nah, sosok perempuan pertama yang sangat inspiratif ini berasal dari Indonesia nih. Kamu tahu brand Cotton Ink? Ia lah yang memulai brand fashion online tersebut, ia memulainya bersama rekan bisnisnya, yaitu Ria Sarwono. Dengan kerja kerasnya, ia berhasil meraup keuntungan besar dari usahanya. Bahkan, situs resmi Forbes pun sudah mengakui bahwa Carline Darjanto adalah pendiri label fashion yang sangat keren yang berasal dari Indonesia.

Awal usahanya dimulai dengan membuat kaos sablon bergambar Presiden AS saat itu, Barrack Obama, saat itu beliau sangat tenar karena menjadi Presiden AS pertama dengan keturunan Afrika – Amerika. Carline dan Ria pun melihat peluang bisnis dari sosok Barrack Obama. Dengan modal 1 juta rupiah, kini Cotton Ink sudah menjadi brand yang sangat besar, produksinya pun sudah mencapai ribuan potong pakaian. Tak disangka – sangka bukan?

 

  1. Noni Purnomo

Noni Purnomo adalah seorang Presiden Director dari perusahaan transportasi Blue Bird. Yang pastinya kamu mengetahui perusahaan ini, siapa sangka dibalik nama besar Blue Bird ada sosok perempuan hebat di dalamnya. Noni adalah lulusan dari University of Newcastle dan University of Fransisco, sebelum bekerja di perusahaan milik keluarganya, ia bekerja di Jakarta Convention and Exhibition Bureau sebagai market research selama dua tahun.

Dan kini ia fokus di perusahaan Blue Bird dan dibawah kepemimpinannya kini perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang besar, bukan hanya di bidang transportasi. Namun juga di bidang lainnya, seperti properti, jasa konsultan teknologi informasi, logistik dan juga industry perakitan. Wow!

 

  1. Merrie Elizabeth

Jika kamu pernah mengunjungi salon BloBar, Merrie Elizabeth lah pemiliknya. Salon yang menyediakan jasa kecantikan ekspres dengan harga yang ekonomis ini berhasil membuat pemiliknya berdiri di dalam daftar “30 Under 30” untuk kategori Retail & Ecommerce pada situs resmi Forbes di tahun 2016. Walaupun kini nama salonnya sudah menjadi Quo Studio.

Ia mempunyai strategi tersendiri dalam menjalani bisnisnya ini. Perjalanan bisnisnya ini dimulai dari ia jarang sekali menemukan salon yang memiliki spesialisasi pada pewarnaan rambut dengan harga yang tidak menguras dompet. Saat itu, ia masi bekerja di salah satu perusahaan, hingga akhirnya pada Desember 2014, ia memutuskan untuk fokus pada salon yang dirintisnya. Ia merintis bisnis ini bersama adik kelasnya, yaitu Ninda. Sebagai pengusaha muda, ia berhasil memanfaatkan media sosial untuk menjalin hubungannya dengan konsumen.

 

  1. Estee Lauder

Nah, pengusaha perempuan sukses yang satu  ini berasal dari Hungaria. Tidak perlu ditanya lagi, ia menjadi wanita paling sukses dan berpengaruh di dunia bisnis.  Ia memulai bisnisnya dari meramu krim perawatan kulit. Perempuan mana yang tidak kenal dengan brand Estee Lauder, yang sudah di percaya seluruh dunia.

Brand ini sendiri didirikan sejak tahun 1946, Estee atau Josephine Esther Mentzer nama aslinya, sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia kecantikan dari kecil. Ia sangat senang mengoleskan krim pada wajahnya, hingga ia tertarik untuk belajar membuat krim kecantikan dengan brand sendiri. Awalnya ia hanya berkeliling dan menjual krimnya ke salon – salon saat brand krimnya masih dengan sebutan “Jars of Hope”. Hingga kini brand Estee Lauder sudah ada dimana – mana dan dipercayai mempunyai efek yang bagus untuk para pemakainya.

 

  1. Coco Chanel

Coco Chanel, pengusaha perempuan sukses yang berhasil mendobrak gaya berpakaian wanita. Coco Chanel sendiri tidak lahir berasal dari keluarga kaya, dan sebenarnya ia dibesarkan di sebuah panti asuhan. Bukan tanpa alasan ayahnya yang seorang pedagang saat itu menitipkannya karena ibunya meninggal karena penyakit bronchitis. Saat itu, ia belajar menjahit dari para biarawati yang mengurusnya, ia pun sempat bekerja menjadi tukang jahit. Selain itu ia kerap benyanyi di pertujukan karbaret yang sering dikunjungi tentara perang untuk menambah pengahasilannya.

Awal mula bisnisnya berawal dari seorang atlet polo asal inggris, yaitu Arthur Edward, yang mendanai toko topi. Bisnis topi itu berjalan dengan mulus sampai ia bisa membuka beberapa butik. Hingga saat ini, brand Chanel sendiri masih populer dengan karya – karyanya. Salah satu karyanya yang terkenal adalah “Little Black Dress” sebuah gaun hitam yang klasik dan elegan. Gaun sepanjang lutut tanpa lengan yang menjadi favorit para perempuan.

 

Itu dia para pengusaha sukses perempuan yang sangat inspiratif. Siapa bilang wanita hanya bisa mengurus kebutuhan rumah tangga dan tidak bisa menjadi orang sukses dalam dunia bisnis? Jika kamu masih berpandangan seperti itu, berarti pandangan kamu terhadap seorang wanita jelas salah ya. Karena sudah ada buktinya jika pengusaha wanita juga bisa sukses. Yang pasti harus disertai dengan semangat dan kerja dengan tekun ya! Pasti kamu juga bisa menjadi mereka!



Whatsapp
Call Now