Tips Bisnis Agar Sukses Ala Chairul Tanjung

by Vana Viana

Tips Bisnis Agar Sukses Ala Chairul Tanjung

Chairul Tanjung, pastinya sudah tidak asing mendengar nama dari pria sukses ini. Pebisnis sukses ini lahir pada tanggal 16 Juni pada tahun 1962, berhasil memasuki jajaran orang sukses dan orang terkaya yang ada di Indonesia. Awal mula perjalanan bisnisnya pun tidak mudah, ia lahir dari keluarga yang mengalami kerugian saat usaha koran ayahnya harus bangkrut, inilah yang membuat ia bermimpi untuk menjadi orang sukses. Di saat itu ia harus pindah dari rumah yang mewah ke sebuah kontrakan kota yang sangat sederhana.

Lahir dari keluarga yang berkecukupan tidak membuat ia menjadi anak yang manja dan bergantung kepada orang tua. Untuk pendidikannya saat ia kuliah, Chairul Tanjung harus membiayai dirinya sendiri dan hidup secara mandiri. Ia nekad membuka usaha fotokopi di bawah tangga kampus. Selain itu karena ia kuliah dibidang kedokteran, ia mencoba merintis usaha penjualan alat kedokteran. Namun, bisa dibilang usahanya gagal, usaha lainnya yang terbilang gagal juga ada ekspor sepatu anak. Ia berkomitmen, bahwa kesalahan apapun yang ia lakukan adalah sebuah proses dan kesalahan akan selalu datang, namun ia juga selalu belajar untuk menghindari kesalahan-kesalahan itu. Hingga saat ini, dengan menghindari kesalahan-kesalahan ia berhasil menjadi seorang pebisnis sukses dengan gurita bisnis yang ia punya.

Yuk baca tips sukses yang Chairul Tanjung selalu dalami hingga bisa sukses sampai sekarang? Ini dia!

  1. Berani Bermimpi

Bermimpi bukanlah hal yang tabu dalam dunia bisnis, justru bermimpi itu perlu untuk mempunyai kemauan untuk mewujudkan seluruh apa yang kamu impikan. Dan bisnis itu pasti berasal dari mimpi! Berbagai gambaran, visi dalam masa-masa mendatang, entah itu dalam satu tahun, lima tahun atau bahkan dalam waktu yang cukup panjang sampai sepuluh tahun ke depan. Tidak ada salahnya beriming-iming, asal target yang akan kamu capai jelas tujuan dan arahnya. Sekalipun kamu gagal, kamu harus bangkit lagi. Contohlah Chairul Tanjung, walaupun ia sempat gagal dalam berjualan alat kedokteran, namun ia tidak pernah lelah dan menyerah untuk meraih mimpi tersebut. Kini ia sukses dan berhasil membangun bisnisnya di bidang finansial, multimedia dan property.

Baca:  Berencana Sewa Ruang Kantor? Cari Tahu dan Kenali Dulu Jenis-Jenis Ruang Kantor

 

  1. Cari Dan Pertahankan Relasi

Pemicu memiliki bisnis yang sukses adalah karena Chairul Tanjung menjalin hubungan dengan relasi bisnisnya dengan baik. Salah satu prinsip yang berjasa bagi dirinya, saat ia membuka usaha percetakan waktu kuliah. Sahabatnya percaya dengan Chairul untuk memberikannya fasilitas tanpa membayar uang muka. Ia juga menekankan untuk tidak menjadi kacang yang lupa dengan kulitnya, tidak melupakan jasa-jasa dari teman atau relasinya. Hingga kini ia terus membangun relasi dan koneksi, prinsip lainnya yang berhubungan dengan tips ini adalah “Banyak koneksi, banyak rezeki.”

 

  1. Kerja Keras Dan Kerja Cerdas

Menjalankan suatu bisnis pastinya membutuhkan kerja keras, selain kerja keras dibutuhkan juga kerja cerdas. Bagi Chairul, kerja keras dan kerja cerdas wajib dilakukan, terutama untuk pebisnis muda. Siapkanlah segala sesuatu dengan baik, dan carilah ide bisnis yang unik. Memang tidak mudah, namun jarang sekali orang-orang melakukan ini. Karena jarang yang melakukan ini, maka kamu bisa menjadi satu-satunya atau pebisnis pertama yang merealisasikan ide unik tersebut. Selain itu, baginya kerja keras yang dimiliki seseorang dapat menggali potensi yang ada di dalam diri seseorang, jadi lebih mudah untuk kesuksesan lebih mudah untuk diraih. Sedangkan bekerja dengan cerdas dapat memberikan hasil yang maksimal.

 

  1. Kesuksesan Merupakan Hak Setiap Orang

Menjadi sukses adalah hak semua orang, namun caranya saja yang berbeda-beda untuk bisa mendapatkan hak tersebut. Kesuksesan itu tidak memandang latar belakang seseorang. Itu adalah pilihan pribadi masing-masing, apakah kamu mau meraih kesuksesan tersebut atau kamu hanya ingin menundanya? Seluruh kesuksesan bisa kamu raih jika kamu sungguh-sungguh dan memiliki kemauan yang tinggi. Maka dari itu kamu bisa menjalankan kewajiban kamu untuk mendapatkan hak kamu yang sebenarnya. Ingat, kesuksesan itu hak setiap orang!

Baca:  Fungsi Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Anda

 

  1. Fokus Pada Perkembangan Bisnis

Menjalankan bisnis membutuhkan fokus dan ketekunan, pikirkanlah secara matang dan eksekusi secara bertahap, sehabis itu baru kamu bisa mengevaluasi hasilnya. Itulah yang dilakukan oleh Chairul Tanjung hingga bisa menjadi sukses sampai sekarang. Ia selalu menghabiskan waktunya untuk mengelola kembali bisnis yang ia punya, dan fokus pada perkembangan bisnisnya. Seluruh energi dan pikirannya ia habiskan untuk membangun bisnisnya yang berawal dari kecil hingga besar sampai sekarang. Maka itu, penting untuk kamu mengurus hal-hal pokok dan penting yang dapat mendorong kamu dan bisnis kamu menjadi lebih maju.

 

  1. Ikhlas Menjalankan Pekerjaan

Semua pekerjaan dan usaha yang dilakukan patutnya dilandasi dengan rasa ikhlas dalam menjalankannya. Inilah menjadi salah satu kunci kesuksesan yang diberikan oleh Chairul Tanjung dalam meraih keberhasilan bisnis. Jika kamu telah bekerja dan berusaha secara maksimal, maka serahkanlah hasil tersebut kepada yang kuasa.

 

  1. Perbanyak Sedekah dan Tidak Menghamburkan Uang

Dalam hidupnya, Chairul Tanjung memiliki pandangan bahwa sedekah kepada orang yang tidak mampu. Sehingga dapat memudahkan jalan menuju kesuksesan serta dapat mempercepat keinginan untuk diraih. Selain itu, sejak dahulu Chairul ialah orang yang tidak suka untuk menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Ia lebih memilih menginvestasikan uang yang dipunya untuk kemajuan bisnis dan usahanya.

Baca:  Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Partner Bisnis

 

  1. Asah Jiwa Berbisnis dan Berwirausaha

Chairul Tanjung ialah sosok pengusaha sukses yang banyak memberikan motivasi dalam berbisnis bagi banyak kalangan. Ia pernah memotivasi banyak orang dengan mengatakan bahwa setinggi-tingginya kamu memiliki jabatan di pekerjaan, maka tetap merupakan seorang pegawai. Akan tetapi, jika kamu memiliki sekecil-kecilnya usaha atau bisnis, maka tetap saja kamu merupakan seorang bos.

Sikap jujur dan menjaga kepercayaan ialah modal penting yang harus dijaga oleh pengusaha atau pebisnis. Sebagai seorang calon pengusaha, kamu perlu memiliki sikap percaya diri, optimis, memiliki pemikiran yang jauh, bijaksana dalam bertindak, konsisten, dan selalu berusaha berpikir secara positif dalam menghadapi tantangan.

Satu hal yang selalu dikatakan oleh Chairul Tanjung, “Gagal itu makanan sehari – hari, itu biasa,yang penting gimana menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi!”

Itulah ulasan mengenai tips bisnis agar sukses ala Chairul Tanjung. Dalam berbisnis memang membutuhkan sikap pantang menyerah dan tekun dalam berusaha. Tips dari sosok pebisnis sukses Chairul Tanjung ini dapat kamu jadikan motivasi dan wawasan dalam memulai dan menjalankan bisnis agar sukses mengikuti jejak beliau.



Whatsapp
Call Now