Membangun PT? Ini Langkah Mudah Dan Prosedurnya

by Feb Lonk

Membangun PT? Ini Langkah Mudah Dan Prosedurnya

PT (Perseroan Terbatas) merupakan salah satu jenis badan usaha yang paling sering digunakan oleh para pembisnis dalam menjalankan bisnisnya. Prosedur pembangunan PT selama ini sering berubah menyesuaikan dengan peraturan yang ditentukan oleh pemerintah. Dampaknya, syarat dan prosedur pembangunan bisa berbeda. Peraturan pembangunan PT di setiap tahunnya belum tentu sama, dan untuk membangun PT diperlukan kesabaran juga agar semua bisa berjalan lancar.

Ketika ingin memulai bisnis atau usaha, langkah pertama dan yang menjadi utama, tentunya ketahui cari tahu dan bagaimana cara atau syarat membangun PT, hal itu adalah salah satu dasar apabila dalam memulai usaha.

Untuk membangun PT, minimal dibutuhkan dua orang untuk menduduki jabatan direktur dan komisaris utama. tetapi dengan catatan tidak dengan status suami-istri, terkecuali apabila kamu menaruh tiga orang dalam jajaran utama dalam PT yang akan dibuat dan Kedua pemegang saham harus merupakan WNI dan memiliki KTP yang masih berlaku.

Biasanya, orang akan memikirkan bagaimana dan apa yang menjadi prosedur dalam membangun PT. Hal itu yang menjadi pertimbangan dalam memulai bisnis, dengan banyaknya pertimbangan yang merasa bahwa untuk membangun sebuah PT merupakan hal yang rumit.

Prosedur untuk pembangun gan PT terbilang memang akan sedikit menyita waktu anda untuk mendirikan PT. Namun, hal tersebut tentu saja setara dengan usaha yang akan direncanakan, karena jika menjalankan rencana tersebut tanpa PT, biasanya akan mengalami kesulitan untuk kedepan.

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian lain untuk membangun PT, pastikan harus memberikan copy ktp semua pendiri yang akan masuk di jajaran utama PT. Selain itu, pastikan sudah punya NPWP dan memberikan copy NPWP yang akan masuk dalam jajaran PT, sertakan juga copy Kartu Keluarga (KK) semua pendiri yang ada karena hal tersebut juga merupakan data wajib harus diberikan ketika ingin membangun PT.

Pastikan juga bahwa semua pendiri yang ditunjuk sudah memiliki NPWP yang terbaharui datanya, untuk lebih jelas anda bisa pergi ke kantor pajak untuk melakukan pembaharuan data, dan nomor identitas yang dimiliki di kantor pajak juga sudah sesuai dengan nomor identitas ktp atau e-ktp. Apabila sudah sesuai, maka hal ini akan memudahkan untuk membuat PT dan mempercepat proses pengerjaan. Kemudian pastikan bahwa SPT tahunan yang dimiliki semua pendiri utama sudah melakukan pelaporan dalam kurung waktu tiga tahun terakhir.

Selanjutnya di tahap ini, tentunya harus menyediakan beberapa opsi nama untuk dicek. Berdasarkan sistem AHU (Administrasi Hukum umum) untuk mengkonfirmasi apakah nama yang ingin diajukan bisa digunakan atau malah sudah digunakan oleh perusahaan lain. Nama PT juga harus pikirkan sebelum membuat PT tersebut, karena nama PT minimal 3 kata, dan tentu saja tidak ada unsur Bahasa Inggris, karena hal itu bertentangan dengan peraturan. Pastikan sudah sesuai dengan panduan memilih nama PT, ya!

Contoh :

PT INDOEDUCEN

PT SENDU SENJA

PT BERSATU KITA TEGUH

*nama hanya sebagai contoh, apabila ada kesamaan nama perusahaan itu adalah kebetulan belaka.

Ada juga catatan penting yang harusĀ  diketahui untuk kasus tertentu. Seperti misalnya nilai modal yang harus dimiliki. Berikut Nilai modal dasar akan diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :

  • PT Kecil : IDR 7.000.000,00 – 8.000.000,00
  • PT Menengah : IDR 8.000.000,00 – 9.000.000,00
  • PT Besar : IDR 9.000.000,00 – 10.000.000,00

Setelah semua urusan terselesaikan, maka dari itu tentu saja anda sudah bisa memulai usaha dengan PT, hal ini pastinya akan membantu dalam menemukan rekan bisnis karena PT yang dimiliki akan membuat orang lebih percaya dengan keseriusan PT yang sudah dibangun dengan usaha dan ingin jalankan bersama rekan kerja.



Whatsapp
Call Now