Ingin Kerja Di Luar Negeri? Simak Dulu Artikel ini!

by Charles

Ingin Kerja Di Luar Negeri? Simak Dulu Artikel ini!

Bekerja di negara asing dan meninggalkan negara kita sendiri memang pasti ada suka dan dukanya. Banyak juga orang Indonesia yang memilih berkarir di negara orang lain. Selain untuk memperbanyak pengalaman dan pengetahuan, pastinya ada rasa tanggung jawab juga yang besar. Akan lebih baik sebelum kamu pergi ke negara lain untuk berkarir kamu kenali dulu negeri tujuanmu, karena kamu pastinya akan bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda latar belakangnya dan budayanya. Selain itu kamu juga perlu memahami tempat tinggal, lingkungan dan juga perusahaanmu.

Dan jangan lupa juga, sebagai tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri kamu tidak bisa bertingkah seenaknya, apalagi jika kamu tidak mengurus dokumen wajib. Untuk itu jangan lupa persiapkan dokumen tersebut untuk mempermudah proses pendaftaran, jalur hukum, perlindungan dan masih banyak lagi agar kamu tidak repot suatu saat nanti. Dan yang lainnya adalah, kamu sudah harus benar-benar paham apa saja keuntungan dan kekurangan yang akan kamu dapat selama bekerja di luar negeri! Smart People, apakah kamu siap menerima segala keuntungan dan juga kekurangan ini saat bekerja di negeri lain?

 

  1. Menjadi Lebih Mandiri

Saat kamu bersiap siap untuk kerja di negara orang lain, pastinya kamu memikirkan akan jauh dari orangtua, kerabat dan juga orang-orang yang kamu sayangi. Karena tidak mungkin kamu memboyong semua keluargamu bukan? Namun dengan hal ini akan membuat kamu menjadi lebih mandiri karena kamu akan terbiasa mengerjakan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain. Disini mungkin kamu akan merasakan hidup yang sebenarnya! Ya, tapi jangan khawatir, jaman sekarang kan sudah canggih kamu bisa melakukan komunikasi dengan keluarga, teman atau kerabatmu menggunakan video call, jadi kangenmu akan terlepas deh!

 

  1. Gaji Lebih Besar

Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan kamu ingin bekerja di luar negeri, karena gaji yang kamu dapat biasanya lebih besar daripada di Indonesia. Memang gaji dihitung berdasarkan standar hidup, seperti tempat tinggal dan biaya makan. Biasanya biaya hidup di luar negeri cukup besar dibandingkan dengan Indonesia. Maka tidak heran jika gaji di luar negeri lebih menjanjikan. Selain itu banyak perusahaan yang memberi tanggungan biaya tempat tinggal, transportasi hingga uang makan karyawan yang berasal dari luar negeri.

 

  1. Menambah Jaringan

Saat kamu sudah berada di luar negeri jangan lupa untuk membangun jaringan pertemanan yang luar dan bekerjalah secara professional karena inilah saat yang tepat bagi kamu. Karena suatu saat nanti mereka bisa menjadi kenalan kamu untuk merekomendasikan pekerjaan untuk kamu yang lebih baik. Dan ketika kembali ke Indonesia kamu bisa membagikan pengalaman dengan teman-temanmu juga.

 

  1. Biaya Hidup Mahal

Biaya hidup di negara orang memang bervariasi, namun ketimbang di Indonesia, kebanyakan negara lain lebih mahal. Kalau biasanya kamu bisa makan di warteg dengan 20 ribu saja sudah kenyang, namun diluar negeri belum tentu kamu bisa makan dengan uang segitu, mungkin hanya bisa untuk minum saja. Namun kembali lagi, biaya tersebut pastinya sudah sesuai dengan gaji kamu di sana.

 

Nah untuk bekerja di luar negeri kamu juga harus menyiapkan mental kamu, karena hanya diri kamu yang bisa mengontrol itu semua. Perubahan apa saya yang terjadi, seperti budaya dan pergaulan. Pastikan diri kamu bisa menyesuaikan keadaan itu. Salam sukses untuk kalian semua, Smart People!

 



Whatsapp
Call Now