Faktor Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Bisnis Franchise

by Vana Viana

Faktor Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Bisnis Franchise

Bisnis franchise? Apa sih franchise itu sebenarnya? Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dimana pemilik merk memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, menu, prosedur, dan cara – cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.

Bisnis franchise atau waralaba sering kali diminati oleh para pebisnis. Biasanya bisnis franchise ini diminati karena sudah memiliki modal yang pasti dan juga penghasilan yang jelas. Selain itu jika sebuah bisnis sudah disediakan franchise-nya biasanya sudah memiliki reputasi yang baik. Jadi bagi para peminat bisnis tidak perlu lama – lama mencari ide bisnis yang menguntungkan bagi kamu.

Bisnis franchise sudah termaksud dengan nama, merek, menu, rasa, peralatan jadi kamu tidak perlu repot – repot untuk mencari kebutuhan untuk bisnis kamu. Tapi sebelum mendalami lebih lanjut, kamu perlu tahu tips – tips memilih bisnis franchise, ini dia!

 

  1. Kredibilitas Yang Baik

Untuk memilih bisnis franchise, jangan sembarangan dan terpatok dengan harga yang murah. Kamu harus pastikan citra produk dalam bisnis franchise tersebut memang benar – benar menarik dan diminati oleh konsumen. Carilah yang sudah memiliki nama dan dikenal masyarakat. Karena jika sudah dikenal produk tersebut adalah produk yang bagus, ini juga akan menambah penghasilan Anda. Telitilah terlebih dahulu potensi pasarnya.

 

  1. Pilih Lokasi Tempat Yang Strategis

Dalam berbisnis, bisnis apapun itu pemilihan lokasi adalah hal yang penting. Karena lokasi strategis dapat membuat konsumen nyaman dan datang ke lokasi Anda. Jika memungkinkan carilah di pusat perkotaan, seperti di dekat kampus atau perkantoran. Jika sudah memiliki lokasi yang tepat dijamin akan membantu meningkatkan penjualan dan membantu Anda meraih omset yang tinggi dan sesuai dengan modal yang Anda keluarkan.

 

  1. Perhatikan Modal

Ketika memilih bisnis franchise, tanamkanlah modal yang cukup. Kembali lagi ke point pertama, jangan memilih franchise yang hanya murah namun juga perhatikan nilai return yang dihasilkan. Dan kamu pastinya tidak ingin mendapatkan franchise dengan reputasi yang buruk. Jika murah namun Anda tidak mendapatkan apa – apa dalam berbisnis percuma saja. Lebih baik Anda menabung terlebih dahulu dan memilih franchise yang lebih tinggi nilai investasinya.

 

  1. Perhatikan Franchise Fee dan Royalty Fee

Franchise fee adalah biaya awal yang harus dibayarkan oleh seorang franchisee kepada franchisor sebelum memulai bisnis waralaba. Sedangkan royalty fee adalah yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan setelah bisnis berjalan. Pastikan Anda mengenali resiko untuk menghindari kegagalan bisnis. Dan jangan lupa untuk menyisihkan keuntungan yang diperoleh dan melakukan pengelolaan keuangan yang baik agar tidak menganggu keuangan Anda.

 

  1. Manajemen Franchise Baik

Pilihlah bisnis yang memiliki manajemen yang baik, karena bagaimanapun nasib bisnis akan ada di tangan franchisor. Franchisor lah yang memegang kendali bagaimana bisnis tersebut akan berkembang. Jika manajemennya baik, akan memudahkan bisnisnya juga akan berkembang. Tugas Anda sebagai pemilik franchise juga membantu untuk terus memasarkannya dan maju bersama. Kerja sama dan relasi yang baik juga diperlukan pastinya.

 

  1. Baca Kontrak Dengan Saksama

Sebelum menyetujui perjanjian kontrak, pelajari terlebih dahulu apakah isi kontrak tersebut sesuai dengan apa yang telah dikatakan sebelumnya. Pastikan juga hal – hal yang mengakibatkan franchise dapat diputus, hak ahli waris, pengalihan kepemilikan franchise dan sebagainya. Jika perlu menggunakan notaris atau wawancara untuk lebih memahaminya agar tidak salah langkah, gunakanlah. Karena pasti ada jaminan atau garansi yang diberikan di detail kontrak tersebut.

 

Untuk para pembaca Office99 yang setia dan yang ingin Memiliki Perusahaan, Tenang saja Office99 menyediakan Jasa Pembuatan PT dan Pembuatan CV Terbaik loh. Selain itu Office99 juga menyediakan proses yang cepat dan harga yang murah sehingga kamu tidak perlu biaya yang mahal dan menunggu waktu yang lama untuk membuat PT. Buat CV Perusahaan dan Buat PT Perusahaan? Office99 jawabannya!



Whatsapp
Call Now